EDUKASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BAGI PENGUSAHA MUDA DI SEKTOR UMKM DAN START-UP KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12087Keywords:
Financial reports, MSME, Start-up, Service Learning, Participatory Action Research.Abstract
Abstrak: Kegiatan pelatihan ini merupakan sebuah bentuk pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada permasalahan mitra berupa kurangnya kemampuan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan sesuai Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang tepat. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam membuat laporan keuangan yang tepat agar mampu menjadi dasar pengambilan keputusan internal dan menjadi instrumen pengajuan kredit modal usaha. Metode yang digunakan adalah service learning yang memuat tiga tahapan berupa persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dimana pada tahapan pelaksanaan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Tahap evaluasi yang dilakukan berupa penilaian tingkat pemahaman melalui hasil pre test dan post test. Mitra pelatihan adalah 32 orang pengusa muda di sektor UMKM dan start-up kreatif yang tergabung dalam himpunan pengusaha muda desa Jatireja-Cikarang. Setelah dilakukan serangkaian pelatihan, hasil yang diperoleh adalah peningkatan pemahaman materi dan kemampuan teknis terkait penyusunan laporan keuangan sesuai SAK sebesar rata-rata 68%. Selain itu, tingkat kepuasan mitra pada pelatihan ini mencapai 87% menyatakan sangat puas.
Abstract: This training activity is a form of community service that focuses on partner problems in the form of a lack of ability to prepare and present financial reports according to appropriate Financial Accounting Standards (FAS). The purpose of this training is to increase participants' understanding in making appropriate financial reports so that they can become the basis for internal decision making and become an instrument for applying for business capital loans. The method used is service learning which contains three stages in the form of preparation, implementation and evaluation where the implementation stage uses a Participatory Action Research (PAR) approach. The evaluation phase is carried out in the form of an assessment of the level of understanding through the results of the pre-test and post-test. The training partners are 32 young entrepreneurs in the MSME sector and creative start-ups who are members of the Jatireja-Cikarang village young entrepreneur association. After conducting a series of training, the results obtained were an increase in understanding of the material and technical skills related to the preparation of financial reports in accordance with SAK by an average of 68%. In addition, the level of partner satisfaction in this training reached 87%, stating they were very satisfied.
References
Bonifacio, A., Sihite, M., & Derriawan, D. (2021). Pengaruh Strategi Bisnis berupa Kinerja Pengurus dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Anggota serta Implikasinya pada Keberhasilan Usaha dengan Partisipasi Anggota sebagai Variabel Moderator di Kokapura-Jakarta. Ekobisman, Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen, 6(1). https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/ekobisman/article/view/2552
BPS, B. P. S. (2021). Statistik Pemuda Indonesia 2021. Badan Pusat Statistik.
Diyani, L. ari, Kusumawati, R. D., & Oktapriana, C. (2022). Edukasi Berbagai Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia Bagi Pelajar SMA/SMK. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 544–559. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6479
Diyani, L. ari, Widiawati, K., & Muis, I. (2022). Assistance in Using The Marketplace Platform for Scavenger Groups. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(3), 471–486. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/abdimas.v7i3.7155
Fatzuarni, M. (2022). Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. OSFPREPRINTS. https://doi.org/10.31219/osf.io/g8h3p
Hidayah, N., & Muntiah, N. S. (2019). Persepsi Pelaku UKM terhadap Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jurnal Akuntansi Indonesia, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jai.8.1.39-55
Hidayatulloh, A., Ainy, R. N., & Nafiati, L. (2019). Peningkatan Akuntabilitas Keuangan kelompok UMKM ‘Aisyiah Bantul Melalui Pelatihan Pembukuan dan Perpajakan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2307
Margiutomo, S. A. S., & Sundari, R. (2022). Mempertahan Kinerja Perusahaan Dengan Strategi Dan Inovasi : Studi Empiris Pada UMKM Di Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 10(2), 71–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37601/jneti.v10i2.218
MIKTI, I. D. C. I. S. (2021). Mapping & Database Startup Indonesia 2021. https://mikti.id/lib/
Murti, A. K., Trisnadewi, A. A. E., Citaresmi, L. D., & Saputra, K. A. K. (2018). SAK ETAP, Kualitas Laporan Keuangan dan Jumlah Kredit yang diterima UMKM. EKUITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ekuitas.v6i2.16300
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara, Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Rayyani, W. O., Abdi, M. N., Winarsi, E., & Warda, W. (2020). Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Optimalisasi Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31850/jdm.v3i2.537
Rokhmah, S., Elsa, E., Suganda, A. D., & Anita, A. (2022). Tantangan dan Peluang UMKM dalam Membangun Inovasi Bisnis Islami di Era VUCA. Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan Dan Kebudayaan, 23(1), 23–48. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/6636
Sari, I. N., & Heriyawati, D. F. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Komunitas Guru Sekolah Dasar Melalui Service Learning Approach di Kecamatan Sukun Kota Malang. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(02), 563–573.
Suparno, S., & Asmawati, L. (2019). Monitoring dan Evaluasi Untuk Peningkatan Layanan Akademik dan Kinerja Dosen Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research, 6(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7415
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).