IBM BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK PADA PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI

Authors

  • Nur Alim Amri PGPAUD, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Usman Usman PIAUD, STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Hajerah Hajerah PGPAUD, Universitas Negeri Makassar
  • Nurhidayah Ramadhani Mahasiswa PGPAUD, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Aisyah Mahasiswa PGPAUD, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rifka Asitha Sari Mahasiswa PGPAUD, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Febriyanti Febriyanti Mahasiswa PGPAUD, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12685

Keywords:

Application, Learning Media, Powtoon.

Abstract

Abstrak: Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kreativitas dalam membuat media pembelajaran edukatif yang berbasis aplikasi. Program pelatihan ini dilaksanakan dalam satu bulan dengan mode sinkronous dan asinkronous dengan target luaran utama adalah media permainan edukatif berbasis aplikasi (powtoon) yang dapat digunakan dalam pembelajaan di Taman Kanak-kanak. Agar pelaksanaan pelatihan ini lebih terarah, metode yang digunakan adalah lesson studi (LS) yang dilaksanakan secara bersiklus dalam tiga tahap kegiatan dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap refleksi. Tahap pelaksanaan kegiatan memuat kegiatan pemberian materi pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi, membuat rancangan media pembelajaran, mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi powtoon, demonstrasi media pembelajaran. Berdasarkan hasil pengukuran persentase pada setiap indikator dari 66 peserta, menunjukkan 58% peserta telah mampu membuat media pembelajaran berbasis aplikasi powtoon, terdapat 67% peserta mampu mengoperasikan aplikasi powtoon, dan 88% peserta menganggap bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi sangat efektif diterapkan dalam proses pembelajaran.

 

Abstract: This program aims to improve competence and develop creativity to create educational application media. The training program was carried out by applying sinkronous and asinkronous modes with the main output target being application based learning media (powtoon) that can be used in kindergarten learning. So that the implementation of science and technology for the community is more focused, the method used is lesson study (LS) which is carried out in cycles in three stages of activity starting from the planning stage, the implementation phase, and the reflection stage. The implementation stage of the activity includes the provision of material for developing application-based learning media, designing learning media, developing powtoon application-based learning media, demonstrating learning media. Based on the percentage measurement results for each indicator from 66 participants, it shows that 58% of participants have been able to make learning media based on the powtoon application, there are 67% of participants able to operate the powtoon application, and 88% of participants think that application-based learning media is very effectively applied in the learning process.

 

 

References

AM, S. A., Amal, C. A., Amri, N. A., & Am, S. A. (2022). Pelatihan Penyusunan Proposal PTK Melalui Model Partisipatif Secara Intensif Pada Guru TK di K3TK Wilayah III Kec. Somba opu. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(10), 3765–3771. https://doi.org/10.31604/JPM.V5I10.3765-3771

Atika Natasya, M., Rissa Atika, A., Bandung, S., Terusan Jendral Sudirman Cimahi, J., & Siliwangi Bandung, I. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 22–28. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/6285

Awalia, I., Pamungkas, A. S., Trian Alamsyah, dan P., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., & Sultan Ageng Tirtayasa Banten Corresponding Author, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/KREANO.V10I1.18534.G9385

Dini, R. A.-M. J. P. A. U., & 2022, undefined. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. Murhum.Ppjpaud.Org, 3(2). https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116

F, L. (2018). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Bermain Mind Mapping. Pedagogika, 9(1), 17–34. https://doi.org/10.37411/PEDAGOGIKA.V9I1.19

Fatmawati, N. L. (2021). Pengembangan Video Animasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar di Masa Pandemi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 65–77. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V26I1.4834

Hajerah. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak di TK Insan Cita Kec. Masamba Kab. Luwu Utara. Seminar Nasional LP2M UNM, 0(0). https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11694

Hardiyanti, W. E., Ilham, M., Ekadayanti, W., & Jafarudin, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar “Powtoon†bagi Guru PAUD. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 78–86. http://journal2.um.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/16008

Ilyas, S., Amal, A., Asti, A., & Pengabdian, H. H.-I. J. H. (n.d.). Pengembangan Media Busy Book pada Guru PAUD di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. Ojs.Unm.Ac.Id. Retrieved November 19, 2022, from https://ojs.unm.ac.id/inovasi/article/view/19579

Karo-Karo, I., Dan, R. R.-A. J. P., & 2018, undefined. (2020). Manfaat media dalam pembelajaran. Jurnal.Uinsu.Ac.Id, 5(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778

Mubin, F. (n.d.). Isu-isu Kontemporer dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/PN43T

Nasional, C. R.-P. D. S., & 2020, undefined. (n.d.). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Proceedings2.Upi.Edu. Retrieved November 19, 2022, from http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/1164

Priyanti, N. Y. (2020). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Kelompok b di TK Az Zaitun Bekasi. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 126–134. https://doi.org/10.xxxxx

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., Nurmalia, L., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, I., & Ahmad, J. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020(0). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7869

Rahmi, M., Pendidikan, M. S.-E. J., & 2020, undefined. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan karakteristik gaya belajar. Ummaspul.e-Journal.Id, 4(2), 355–363. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/439

Setyawan, B., Teknologi, H. W.-J. I. S. (Jendela, & 2021, undefined. (n.d.). Pembuatan Perangkat Ajar Berbasis Multimedia Untuk Siswa Paud. Univ45sby.Ac.Id. Retrieved November 19, 2022, from https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/informatika/article/download/193/120

Solihatulmillah, E., Setia, S., & Rangkasbitung, B. (2019). Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak (5-6) Melalui Kegiatan Pendampingan Parenting. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 121–126. https://doi.org/10.30870/JPPPAUD.V6I2.7400

Syamsuardi, Hajerah, & Amri, N. A. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal.Radenfatah.Ac.Id, 3(2). https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4566

Published

2023-02-01

Issue

Section

Articles