PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN GURU SMP DALAM MEMBUAT LKPD
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.12868Keywords:
Canva Application, Technology, Teachers, Kampus Mengajar.Abstract
Abstrak: Program Kampus Mengajar merupakan program pemerintah dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa baik hard skills maupun soft skills melalui kolaborasi di sekolah, Pada kesempatan ini tim PKM berkesempatan bermitra dengan SMP Negeri 22 Kota Serang. Hasil analisis pendahuluan menunjukkan bahwa guru-guru masih kurang dalam beradaptasi dengan teknologi sedangkan dalam memasuki abad 21, guru dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan teknologi untuk digunakan dalam pembelajaran. Sejalan dengan ruang lingkup program Kampus Mengajar yang salah satunya adalah adaptasi tekologi, maka tim PKM melaksanakan kegiatan pengabdian dengan tujuan membantu mengembangakan keterampilan guru di bidang teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran berupa Seminar dan Workshop pembuatan LKPD dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Aplikasi Canva dipilih karena salah satu aplikasi desain grafis yang mudah digunakan oleh guru untuk berinovasi dalam membuat media pembelajaran yang menarik, seperti LKPD. Metode kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan seminar dan workskhop. Peserta kegiatan berjumlah 15 guru. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup yang diberikan di akhir kegiatan. Berdasarkan hasil angket mengenai keterlaksanaan PKM ini diperoleh hasil respon peserta untuk aspek penyampaian materi sebesar 83,33%, aspek isi materi sebesar 83,89%, aspek manfaat kegiatan sebesar 84,58%, dan aspek umpan balik sebesar 80,56%. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ini menambah dan memberikan manfaat yangbaik kepada peserta sehingga peserta temotivasi untuk mengembangkan aplikasi Canva dalam pembelajaran khusunya pada penggunaan LKPD.
Â
Abstract: Kampus Mengajar is a government program in order to develop student competencies both hard skills and soft skills through collaboration at schools. On this occasion, the PKM team had the opportunity to partner with Junior High School 22 Serang City. The results of the preliminary analysis show that teachers are still lacking in adapting to technology while entering the 21st century, teachers are required to have technological knowledge and skills to use in learning. In accordance with the scope of the Kampus Mengajar program one of which is technological adaptation, the PKM team carries out community service activities with the aim of developing teacher skills in the form of Seminars and Workshops on making LKPD using the Canva application. The Canva application was chosen because it is a graphic design application that is easy for teachers to use to innovate in making interesting learning media, such as LKPD. This method of PKM activity is carried out with seminars and workshops. Participants in the activity totaled 15 teachers. The instrument used was a closed questionnaire which was given at the end of the activity. Based on the results of the questionnaire regarding the implementation of this PKM, the response results of the participants for the delivery aspect were 83,33%, the content aspect was 83,89%, the activity benefit aspect was 84,58%, and the feedback aspect was 80,56%. This shows tahat this activity adss to and provides good benefits to participants so that participants are motivated to develop canva applications in learning, especially in using LKPD.
Â
Â
References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Akuntansi, 6(6), 9508–9516.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237
Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Buku Panduan Kampus mengajar Angkatan 4 Tahun 2022. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Lestari, S., & Fatonah, K. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438.
Melinda, T., & Saputra, E. R. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di SD. (JIPD) Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 96–101. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipdhttps://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848
Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667
Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., & Asmira, Y. (2020). Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 160. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.215
Widoyoko, S. E. P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).