PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA MELALUI PELATIHAN PENGUATAN MATERI MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDIYAH SE-KECAMATAN JONGGAT LOMBOK TENGAH

Authors

  • Yandika Nugraha Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Mataram
  • Susilahuddin Putrawangsa Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Mataram
  • M. Syawahid Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.13

Keywords:

Materi Matematika, Penilaian Hasil belajar, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Pengadian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru matematika melalui pelatihan penguatan materi matematika. Kegiatan pelatihan ini menggunakan pendekatan pelatihan active learning dimana narasumber hanya sebagai fasilitator dan lebih mengekplorasi kemampuan peserta dengan memberikan pendampingan dan mengeksplorasi terkait materi matematika dan penilaian hasil belajar. Adapun peserta kegiatan pelatihan yaitu terdiri dari guru-guru yang mengajar matematika dan berasal dari madrasah ibtidaiyah se-Kecamatan Jonggat dan merupakan bagian dari Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MIN 2 Lombok Tengah. Pelaksanaan kegiatan pelatihan berjalan lancar tanpa ada kendala berarti dan sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan. Para peserta sangat antusias dalam menerima wawasan baru sebagai bentuk penyegaran terkait pemahaman materi matematika sebagai bentuk implementasi didalam pembelajaran di kelas.

References

Atmosoeprapto Kisdarto, Produktivitas Aktualisasi Budaya Perusahaan, Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2000.

Arends, Richard, Learning to Teach, New York: McGraw-Hill Companies, 2001.

Bambrough, J., Training Your Staff, New Delhi: Sterling Publishers, 1998.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2006.

Nasution, Didaktik Azas-azas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Prihandoko, Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika secara benar dan menarik, Jakarta: Dediknas, 2006.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Suwangsih dan Tiurlina, Pembelajaran Matematikan, Bandung: UPI press, 2006.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenata Media, 2006.

Downloads

Published

2017-12-01

Issue

Section

Articles