PEMBERDAYAAN SANTRI PEREMPUAN BERBASIS EKONOMI KREATIF MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK KIMIA INDUSTRI RUMAH TANGGA PADA PONDOK PESANTREN USSYAQUL QURAN, KENDAL
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13107Keywords:
household product, islamic boarding schools, female students.Abstract
Abstrak: Pondok Pesantren di Indonesia sudah banyak melakukan pengembangan. Namun sayangnya tidak sedikit santri putri di banyak pesantren tidak mendapatkan pendidikan kewirausahaan. Oleh karena itu, program pengabdian ini bertujuan untuk membawa wawasan gender di pondok pesantren sekaligus membekali santri putri dengan keterampilan dan kewirausahaan sehingga berkontribusi secara ekonomi kedepannya. Program ini menggunakan metode Participatory action reseacrh (PAR) dan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan pembuatan produk rumah tangga dan melewati beberapa tahapan; pemetaan dan identifikasi masalah, focused group discussion, persiapan kegiatan, sosialisasi program, pelaksanaan kegiatan, dan monitoring evaluasi. Kegiatan ini melibatkan tim pengabdian, LPPM UIN Walisongo Semarang, Pengasuh dan Jajaran Pengurus, dan 20 peserta santri putri Pondok Pesantren Usysyaqul Quran. Berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara partisipatif, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan, sikap belajar, dan keterampilan membuat beberapa produk rumah tangga pada santri peserta. Kedepan tentunya perlu adanya pelatihan-pelatihan lanjutan seperti branding dan pemasaran.
Abstract: Islamic boarding schools in Indonesia have done a lot of development. Unfortunately, many female students in Islamic boarding schools do not get entrepreneurship education. Therefore, it aims to bring gender insight into Islamic boarding schools as well as equip female students with skills and entrepreneurship so that they can contribute economically in the future. This program used participatory action research (PAR) and was carried out in the form of training on making household products and went through several stages; mapping and problem identification, focused group discussions, activity preparation, program socialization, activity implementation, and evaluation monitoring. This activity involved the community service team, LPPM UIN Walisongo Semarang, caretakers, Board and 20 female student participants of Pondok Pesantren Usysyaqul Quran, Kendal.. Based on participatory monitoring and evaluation, it can be concluded that this activity, in addition to being successful in making several household products, has also brought about changes in the form of increased knowledge, skills and learning attitudes of female students at the Usysyaqul Qur'an Islamic Boarding School, Kendal. In the future, surely, there is a need for further training such as branding and marketing.
References
Abdul Rahmat, M. M. (2019). Model Partisipasi Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
Abidin, Z. (2020). Educational Management of Pesantren in Digital Era 4.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 203–216. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.172-07
Ahmadi, Nufida, B. A., Dahlia Rosma Indah, M. R. B., Khery, Y., Putra, A., Cahayani, L., & Zaenudin, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Produk Kimia Rumah Tangga Untuk Menumbuhkan Motivasi Kewirausahaan Siswa MAN 1 Selong. Jurnal Abdi Mas TPB, 4(2), 157–162.
Aini, E. Z. (2021). Manajemen Pondok Pesantren dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro Sleman. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4750–4756. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1543
AS, A. P., Baihaqi, B., Devira, M., & ... (2021). Eksistensi Objek Wisata Hutan Manggrove Dan Hutan Kota Bagi Peningkatan Pendapatan Pokdarwis Kota Langsa. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(6), 4–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5450%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5450/pdf
Basuki, H. (2021). Pembiasaan Jiwa Entrepreneurship dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren. Jihbiz Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Perbankan Syariah, 5(1), 57–78. https://doi.org/10.33379/jihbiz.v5i1.867
Budy, D. A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Journal for Business and Entrepreneur, 1(1), 7–22.
Elwardah, K. (2020). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Melalui Produksi Ekonomi Kreatif (Studi Pengolahan Pelepah Pisang Pada Mega Souvenir Desa Harapan Makmur Kabupaten Bengkulu Tengah). Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 2(1), 23. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i1.2986
Firmansyah, K., Fadhli, K., & Rosyidah, A. (2020). Membangun Jiwa Entrepreneur Pada Santri Melalui Kelas Kewirausahaan. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 28–35.
Ghofur, A., Asiyah, N., & Shofiyullah, M. (2016). Pesantren Berbasis Wirausaha (Pemberdayaan Potensi Enterpreneurship Santri di Beberapa Pesantren Kaliwungu Kendal). Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 15(2), 19. https://doi.org/10.21580/dms.2015.152.744
Halim. (2005). Menggali Potensi Ekonomi Pondok Pesantren. Pustaka Pesantren.
Handoko. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan Di Era 5.0. Prosiding Fakultas Agama Islam.
Hidayat, S., Djumena, I., & Darmawan, D. (2018). Pemberdayaan Perempuan Berbasis Ekonomi Kreatif melalui Pelatihan Pembuatan Keset dari Limbah Kain. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1), 20–30. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23385
Hidayati, S. (2018). Pelatihan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Putri Taruna Alquran Yogyakarta sebagai Wadah Pengembangan Potensi Santri. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1–14.
Hubeis, A. (2010). Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa. IPB Press.
Kim, B. C., Lee, G., Murrmann, S. K., & George, T. R. (2012). Motivational effects of empowerment on employees’ organizational commitment: A mediating role of management trustworthiness. Cornell Hospitality Quarterly, 53(1), 10–19. https://doi.org/10.1177/1938965511426561
Kurniawati, D. P., Supriyono, B., & Hanafi, I. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Usaha Ekonomi. Jurnal Administrasi Publik, 1(4), 9–14.
Ndou, V., Schiuma, G., & Passiante, G. (2019). Towards a framework for measuring creative economy: evidence from Balkan countries. Measuring Business Excellence, 23(1), 41–62. https://doi.org/10.1108/MBE-03-2018-0013
Noviyanti, R. (2017). Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship di Lingkungan Pesantren : Studi Kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj, 1, 77–99.
Omar, K. M. (2021). Measuring the Entrepreneurship Characteristics and Its Impact on Entrepreneurial Intentions. Open Journal of Business and Management, 09(02), 672–687. https://doi.org/10.4236/ojbm.2021.92035
Prayitno, P. (2016). Pemberdayaan Sumber Daya Santri Melalui Entrepreneurship di Pondok Pesantren Al-Asyriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Bogor. Jurnal Quality, 4(2).
Rahman, S. A., & Husin, H. (2022). Strategi Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 6(2), 1829–1836. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2371
Rahmawati, F. (2018). Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1752
Ramdani, D., Hidayat, D. N., Sumarna, A., & Santika, I. (2020). Ideal Character of Muslim Generation of Industrial Revolution Era 4.0 and Society 5.0. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 171–182. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.644
Robe’nur, K. (2022). Upaya Pemberdayaan Kewirausahaan Santri. Margin : Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah, 1(2).
Sabdarini, I. T. (2019). Creative Economy Review. Badan Ekonomi Kreatif.
Susanti, A., Istiyanto, B., & Pamikatsih, T. R. (2021). Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Pondok Pesantren Ad-Dhuha di Masa Pandemi. Jurnal Abdidas, 2(4), 790–800. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.367
Wijaya, N. K., & Aini, S. (2020). Pemberdayaan Santri Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif “Kimi Bag†Di Pondok Pesantren Al Qohar Klaten. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 20(1), 23. https://doi.org/10.21580/dms.2020.201.5124
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).