EDUKASI PROSPEK USAHA SEKTOR PETERNAKAN PADA SISWA SMK DI MANGGARAI RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13229Keywords:
Education, motivation, Management.Abstract
Abstrak: Kesulitan, kebingungan, keragu-raguan dalam mengambilkeputusan untuk melanjutkan studi atau menjadi wirausahawan adalah permasalahan yang sering dihadapi siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya siswa yang telah duduk di kelas 12. Tujuan dari PkM ini adalah untuk mengedukasi siswa dibidang peternakan seperti manajemen biosecurity, pengolahan pakan, recording dan juga perhitungan ekonomi serta memotivasi siswa agar dapat melanjutkan studi pada perguruan tinggi khususnya program studi peternakan. Metode yang dilakukan adalah penyuluhan dan diskusi untuk menggali dan menambah pengetahuan bidang peternakan serta mempromosikan kelebihan program studi peternakan bagi siswa-siswa dikelas 12. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas XII Jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia SMKN 1 Lamba Leda sebanyak 40 orang. Kegiatan kedua dilakukan di SMKN 1 Kuwus diikuti oleh 38 orang siswa kelas XII Jurusan Agribinis Ternak Ruminansi dan di SMKN 1 Lembor Selatan Jurusan Perhotelan diikuti oleh 41 orang siswa kelas XII.. Hasil dari kegiataan ini menunjukan adanya peningkaan pengetahuan dan keinginan anak dalam pemilihan melanjutkan studi dibidang peternakan.
Â
Abstract: Difficulties, confusion, hesitation in making decisions to continue their studies or become entrepreneurs are problems that are often faced by students in Vocational High Schools (SMK), especially students who are already in class 12.The purpose of this PkM is to educate students in the field of animal husbandry such as biosecurity management, feed processing, recording and also economic calculations as well as motivate students to continue their studies at universities, especially animal husbandry study programs. The method carried out is counseling and discussion to explore and increase knowledge in the field of animal husbandry and promote the advantages of animal husbandry study programs for students in class 12. This activity was attended by 40 students of class XII of the Ruminant Agribusiness Department of SMKN 1 Lamba Leda. The second activity was carried out at SMKN 1 Kuwus followed by 38 class XII students of the Ruminansi Livestock Agribinis Department and at SMKN 1 South Lembor, the Hospitality Department was attended by 41 class XII students. The results of this activity show a denial of knowledge and desires of children in the selection to continue their studies in the field of animal husbandry.
Â
Â
References
Badan Pusat Statistik. (2022). Populasi ternak Provinsi Nusa Tenggara Timur. https://ntt.bps.go.id/indicator/24/590/1/populasi-ternak-besar-menurut-kabupaten-kota.html
Cahyani, L. R., & Hafiludin, H. (2022). Manajemen Pemberian Pakan Pada Pembesaran Ikan Lele Mutiara (Clarias gariepinus) di Karamba Tancap Balai Benih Ikan Pamekasan. Juvenil:Jurnal Ilmiah Kelautan Dan Perikanan, 3(2), 19–26. https://doi.org/10.21107/juvenil.v3i2.15915
Dalle, N. S. (2022). Lama Fermentasi Feses Ternak Babi Menggunakan Biogas Mini Terhadap Volume Gas bio Dan Lama Nyala Api. 5(1), 89–95.
Fitroh, B. A. (2022). Edukasi Pembelajaran Dunia Peternakan Kepada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 7–12. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.651
Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170
Kastalani, K. M. E., & Melati, S. (2017). Pengaruh pemberian pupuk bokashi terhadap pertumbuhan vegetatif rumput gajah (Pennisetum purpureum). Ziraa’ah, 42(2), 123–127.
Lukita, D., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi covid-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271.
Ngadi, N. (2014). Relevansi pendidikan kejuruan terhadap pasar kerja di Kota Salatiga. Jurnal Kependudukan Indonesia, 9(1), 59-70.
Pari, A. U. H. (2018). Pemanfaatan Recording untuk Meningkatkan Manajemen Ternak Kerbau di Kecamatan Matawai La Pawu Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Sain Peternakan Indonesia 13(1), 36–42.
Piran, R. D., Payong, P., & Cordanis, A. P. (2022). Growth Of Young Entrepreneurs Farmer In Manggarai District. E-Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian Berkelanjutan (INOPTAN), 1 (1), 25-40.
Purwantiningsih, T. I., & Kia, K. W. (2018). Identifikasi Dan Recording Sapi Perah Di Peternakan Biara Novisiat Claretian Benlutu, Timor Tengah Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Peternakan, 3(1).: 42-56. https://doi.org/10.35726/jpmp.v3i1.251
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 289-302.
Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2): 331-354.
Sulistyati, M., Hermawan, A. F., & Herlina, L. 2017. Analisis karakteristik peternak sapi perah dalam penerapan good dairy farming practice. seminar nasional Hasil Penelitian Agribisnis I FP Unigal 2017.: 142-148.
Susilowati, S. H. (2016). Fenomena penuaan petani dan berkurangnya tenaga kerja muda serta implikasinya bagi kebijakan pembangunan pertanian. Forum penelitian agro ekonomi 34 (1): 35-55.
Tukan, H. D., Nugraha, E. Y., & Dalle, N. S. (2022, October). Analysis Of The Socioeconomic Impacts Of The ASF Outbreak In NTT (Case Study: Contribution Of Household Income And Dynamics Of Pig Livestock Business In Kuwus Subdistrict, West Manggarai Regency). E-Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian Berkelanjutan (INOPTAN) ,1 (1) 158-171).
Tyas, A. A. W. P., & Ikhsani, K. T. W. (2015). Sumber Daya Alam & Sumber Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding seminar nasional pendidikan dasar 289-302.
Utami, K. B., & Samudra, F. B. (2021). Evaluasi Penerapan Biosekuriti di Peternakan Ayam Joper Di Jawa Timur. Agriekstensia: Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, 20 (2), 183-190.
Zaenal H. M., & Khairil, M. (2020). Sistem Manajemen Kandang pada Peternakan Sapi Bali di Cv Enhal Farm. Peternakan Lokal, 2(1), 15–19. https://doi.org/10.46918/peternakan.v2i1.831
Zakiah, Z., Saleh, A., & Matindas, K. (2017). Gaya kepemimpinan dan perilaku komunikasi GPPT dengan kapasitas kelembagaan Sekolah Peternakan Rakyat di Kabupaten Muara Enim. Jurnal Penyuluhan, 13(2), 133-142.
Zulfanita, Mudawaroch, R., & MWW, J. (2017). Manajemen Kesehatan Ternak Melalui Pemberian Jamu Herbal Fermentasi. Surya Abdimas, Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Surya Abdimas, 38–44. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-abdimas/article/view/3875
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).