PEMASARAN PRODUK UMKM BINAAN PADA PASAR KEUANGAN RAKYAT

Authors

  • Tine Badriatin Universitas Siliwangi
  • Lucky Radi Rinandiyana Universitas Siliwangi
  • Elis Listiana Mulyani Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1326

Keywords:

Pemasaran, UMKM

Abstract

Abstrak: Batik merupakan salah satu ciri khas daerah Tasikmalaya dimana batik sendiri sebagai warisan budaya Indonesia. Keanekaragaman motif batik dalam budaya Indonesia berasal dari daerah-daerah yang ada di Indonesia yang tentunya tiap daerah mempunyai corak batik yang khas. Begitupula dengan batik Tasikmalaya yang memiliki ciri khas tersendiri, secara umum terdiri atas tiga karakter utama yaitu batik sukapura, sawoan dan tasikan. Namun demikian batik tasikmalaya masih kalah pamor dibandingkan dengan batik asal Solo dan Pekalongan. Kegiatan ini bertujuan sebagai salah satu sarana pemasaran produk dan perluasan pasar domestik serta kesempatan mempromosikan karya-karya binaan UMKM khususnya batik di ajang pameran pada acara Pameran Pasar Keuangan Rakyat di Pangandaran

 

Abstract: Batik is one of the characteristics of the Tasikmalaya region where batik itself is a cultural heritage of Indonesia. The diversity of batik motifs in Indonesian culture comes from regions in Indonesia, which of course each region has a unique batik style. Likewise with Tasikmalaya batik which has its own characteristics, in general consists of three main characters namely sukapura batik, sawoan and tasikan. However, tasikmalaya batik is still less prestige compared to batik from Solo and Pekalongan. This activity aims as a means of product marketing and expansion of the domestic market as well as an opportunity to promote the works of SMEs, especially batik, at the exhibition at the People's Financial Market Exhibition in Pangandaran

Author Biographies

Tine Badriatin, Universitas Siliwangi

Prodi Keuangan dan Perbankan Fakultas Ekonomi Bisnis

Lucky Radi Rinandiyana, Universitas Siliwangi

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis

Elis Listiana Mulyani, Universitas Siliwangi

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis

References

Basu Swastha. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. (edisi 2), Yogyakarta : Penerbit Liberty – Yogyakarta.

Evelina, Lidia. (2005). Event Organizer Pameran. Jakarta : PT. INDEKS.

Kamera Budaya. (2018). Batik Tasikmalaya – Sejarah, Filosofi, Makna, Ciri Khas, dan Perkembangannya. Tersedia pada : https://www.kamerabudaya.com/2018/06/batik-tasikmalaya-sejarah-filosofi-makna-ciri-khas-dan-perkembangannya.html

Kartawan. (2016). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah untuk kesejahteraan masyarakat. Tasikmalaya : LPPM Unsil Tasikmalaya.

Kartawan, Lucky Radi R, Dian Kurniawan. (2016). Pengembangan Usaha melalui Peningkatan Kemampuan Bersaing Produk UMKM dalam Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 21 No. 2, Lembaga Penelitian Universitas Gunadharma. Hal 104 – 110.

Downloads

Published

2018-12-30

Issue

Section

Articles