PELATIHAN LEARNING MANAGEMENT SISTEM DI SEKOLAH ALAM GAHARU, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13345Keywords:
LMS, Google Classroom, Nature School.Abstract
Abstrak: Sekolah Alam Gaharu adalah sekolah alam yang baru didirikan pada tahun 2011 yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Konsep sekolah alam disini memberikan kebebasan siswa belajar dari pengalaman hasil obsevasi mereka dengan alam. Akan tetapi, proses pembelajaran yang dilakukan tidak fleksibel. Sehingga saat masa COVID-19, proses pembelajaran menjadi terganggu karena larangan untuk kegiatan langsung tatap muka dan tidak ada media yang digunakan sebagai pengganti proses pembelajaran. Oleh karena itu, pelatihan Learning Management System (LMS) kepada guru sekolah alam gaharu ini dilakukan untuk mendukung konsep pembelajaran tersebut. LMS ini diharapkan membantu siswa sekolah alam Gaharu belajar dimana saja. Selain itu, para guru dapat mengoptimalkan pembelajaran dengan keleluasaan pemberian materi kepada siswanya. Dipelatihan ini diajarkan penggunaan Google Classroom. Selain itu, pelatihan ini menggunakan metode community development yang mana pelatihan ini mengembangkan dan memperbaiki proses pembelajaran yang sudah diterapkan dengan memberikan langkah-langkah penyusunan materi pada LMS, sehingga dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran yang sudah terbentuk menjadi lebih baik. Hasil yang diharapkan pada pelatihan ini adalah Sekolah Alam Gaharu memiliki pilihan terkait dengan proses pembelajaran, memberikan tambahan media pembelajaran, dan media kreativitas guru Sekolah Alam Gaharu. Berdasarkan hasil dari pelatihan yang diberikan, respon peserta terhadap pelatihan yang diberikan memperoleh hasil lebih dari 90% peserta sangat puas dengan pelatihan yang dilaksanakan and 85,7% peserta berminat mengimplementasikan LMS Google Classroom dalam proses pembelajaran.
Abstract: Sekolah Alam Gaharu is a nature school that was founded in 2011 and located in Bandung Regency, West Java. The concept of the natural school here gives students the freedom to learn from their observing experiences with nature. However, the learning process is not flexible. Thus, the learning process, during the COVID-19 period, was disrupted because of the ban on face-to-face activities, and no media was used as a substitute for the learning process. Therefore, the Learning Management System (LMS) training for Sekolah Alam Gaharu teachers was carried out to support this learning concept. The LMS is expected to help Sekolah Alam Gaharu students learn anywhere. In addition, teachers can optimize learning with the flexibility to provide material to their students. This training teaches to use Google Classroom. Moreover, this training uses community development which this training develops and improves the implemented learning process by providing the learning material forming schemes on LMS so that it can be used to support the learning process for the better. The expected result of this training is Sekolah Alam Gaharu has the option regarding the learning process, the learning media addition, and creativity media for Sekolah Alam Gaharu’s teacher. Based on the result of the training, the participant’s response obtains more than 90% of participants were delighted with the training carried out and 85.7% of participants want to implement LMS Google Classroom in the learning process.
References
Amar, M. I. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Learning Management System Untuk Pembelajaran Dimasa Pandemi COVID-19 Pada Fkip Universitas Megarezky. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 4, Issue 2).
Ashoka Indonesia. (2016). Lendo Novo: Pendiri Sekolah Alam, Penggagas Sobat Bumi. https://pembaharublog.wordpress.com/2016/10/28/lendo-novo-pendiri-sekolah-alam-penggagas-sobat-bumi-bagian-i/
Astriani, L. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Learning Management System Di Masa Pandemi Covid-19.
Fariyani, S., Hakim, A., Premesti, D., & Muhammadiyah Bangka Belitung, U. (2021). Pendidikan Sekolah Alam di Desa Berbura. In Abdimas Singkerru (Vol. 1, Issue 2). https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru
Fitra, A., Sitorus, M., Candro, D., Sinaga, P., & Marpaung, E. A. P. (2020). Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPLP2KM
Ifa Khoiria Bingrum, & Yuniarti Ita Purnama. (2019). Sekolah Alam. Kun Fyakum.
Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-2013/
Yunike, Ira Kusumawaty, & Sri Martini. (2021). Mengedukasi Orang Tua Siswa Di Sekolah Alam Palembang Tentang Pengasuhan Positif.
Lestari, S., & Marhamah. (2021). Pemanfaatan aplikasi Google Classroom sebagai alternatif dalam pembelajaran online. In Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi (Vol. 9, Issue 2).
Maryati. (2007). Sekolah Alam, Alternatif Pendidikan Sains Yang Membebaskan Dan Menyenangkan.
Mas Pewe. (2022). 5 Aplikasi LMS Terbaik untuk Sistem Pembelajaran Indonesia. https://www.pe-we.com/aplikasi-lms-terbaik/
Nurwati, & YudiSantoso. (2020). Simulasi Ujian Online Menggunakan Learning Management System Untuk Menghadapi Ujian Nasional Pada PKBM Anak Negri Ciledug.
Pramudita, B. A., Barri, M. H., Priharti, W., Rizal, A., Prihatiningrum, N., & Hidayat, I. (2022). Pemanfaatan marketplace tokopedia untuk pengembangan usaha dalam meningkatkan perekonomian di tengah dampak pandemi covid-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 80. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.11694
Sunarno, W., A, N. S., Teguh, D. R., Wahyuningsih, D., & A, D. W. (2019). Pelatihan Pengelolaan Dan Integrasi Learning Management System (LMS) Dalam Pembelajaran IPA Bagi Guru SMP Kabupaten Karanganyar.
Wiladatus Salamah. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran.
Yuni Fitriani. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicomTelp.+62-21-3905050,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).