PENINGKATAN KEMAMPUAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13383Keywords:
learning media design, teacher, Canva.Abstract
Abstrak: Pembelajaran daring mendorong kebutuhan guru akan media pembelajaran yang menarik untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran dan menghadirkan minat belajar siswa. Namun, kebanyakan guru belum memiliki kemampuan desain media pembelajaran yang memadai sesuai dengan perkembangan teknologi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan desain media pembelajaran guru-guru di SMA Negeri 1 Surabaya melalui pelatihan desain menggunakan platform desain Canva. Sebanyak 25 guru dengan latar belakang pengajaran yang berbeda-beda menerima materi cara mendesain media pembelajaran menggunakan Canva serta melakukan praktik mandiri didampingi tim pengabdi. Evaluasi dilakukan dengan cara obeservasi, wawancara, dan pemberian kuesioner. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan desain peserta dengan persentase kepuasan sebesar 88%, serta potensi keberlanjutan pemanfaatan Canva untuk mendesain media pembelajaran sebesar 90%.
Â
Abstract: Online learning encourages teachers' need for interesting learning media to maximize learning effectiveness and generate student learning interest. However, most teachers do not have adequate learning media design skills in accordance with technological developments. This community service aims to improve the learning media design skills of teachers at SMA Negeri 1 Surabaya through design training using the Canva design platform. As many as 25 teachers with different teaching backgrounds received material on how to design learning media using Canva and carried out independent practice accompanied by the service team. Evaluation was carried out by observing, interviewing, and giving questionnaires. The evaluation results show that this training succeeded in increasing the participants' design skills with a satisfaction percentage of 88%, as well as the potential for sustainable use of Canva to design learning media by 90%.
Â
Â
References
Asma, A., Santoso, A. B., Jafar, G. F., Wulandari, S., Pgmi, P. S., Tarbiyah, F., & Keguruan, I. (2022). Pelatihan Pembuatan Konten Digital nenggunakan Canva pada Pembelajaran Matematika bagi Guru MI Kota Bitung. 4(4), 1569–1575.
Asri, L., & Refianti, R. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar Workshop on Using Canva Applications to Improve the Competence of Elementary School Teachers. 3,issue? 320–332.
Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Alam, P., & Cenderawasih, U. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru di Kota Medan dan Jayapura Secara Online. Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/download/18777/7086
Kasih, A. P. (2021). Guru, Manfaatkan 5 Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran Interaktif. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/22/152752071/guru-manfaatkan-5-aplikasi-pembuat-media-pembelajaran-interaktif?page=all
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817
Manullang, L. M., & Susanti, R. (2022). Nusantara Hasana Journal. Nusantara Hasana Journal, 2(8), 81–91.
Rahmawati, P. A. (2022). Desain Media Pembelajaran dengan Aplikasi Canva. Ayoguruberbagi.Kemdikbud.Go.Id. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/desain-media-pembelajaran-dengan-aplikasi-canva/
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859
Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru smpn 1 Tegalampel Bondowoso. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209–213. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/952
Setiawan, B. A., & Jatmikowati, T. E. (2021). Pelatihan pengembangan bahan ajar handout berbasis aplikasi canva bagi guru di sma baitul arqom. ABDI Indonesia, 1(1), 1–8. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ABDI/article/view/5232
Setyaningrum, P. (2022). 15 Besar SMA Terbaik di Surabaya Berdasar Nilai UTBK 2022, Ada Sekolahmu? Kompas.Com. https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/28/120252778/15-besar-sma-terbaik-di-surabaya-berdasar-nilai-utbk-2022-ada-sekolahmu?page=all
Sinduningrum, E., Hanif, I. F., Rosalina, R., Pratiwi, N., & Sholeh, M. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva Dalam Mendukung Pelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Smk Muhammadiyah 7 Jakarta. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 25. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4898
Suryaningsih, S. I. (2022). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dalam Adaptasi Pandemi Covid–19. Pusdatin.Kemendikbud.Go.Id. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-teknologi-pembelajaran-dalam-adaptasi-pandemi-covid-19/
Tiani, R. (2022). Guru, 7 Aplikasi Presentasi Media Pembelajaran untuk. Digitalbisa.Id. https://digitalbisa.id/artikel/7-aplikasi-presentasi-media-pembelajaran-untuk-guru-zej4D
Wiza Yunifa, & Yesi Sriyeni. (2022). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Canva Web Bagi Guru SMP Bina Cipta. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 10–18. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v3i2.849
Yogi Yunefri, Sutejo, & Yogi Ersan Fadrial. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru Di Smkn 2 Pinggir. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i2.10516
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).