PENINGKATAN KEMAMPUAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Aris Kusumawati Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Raulia Riski Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Sri Hidayati Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Farid Duta Hadyanto Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Anandito Satria Pradana Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Fitri Rayani Siahaan Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13383

Keywords:

learning media design, teacher, Canva.

Abstract

Abstrak: Pembelajaran daring mendorong kebutuhan guru akan media pembelajaran yang menarik untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran dan menghadirkan minat belajar siswa. Namun, kebanyakan guru belum memiliki kemampuan desain media pembelajaran yang memadai sesuai dengan perkembangan teknologi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan desain media pembelajaran guru-guru di SMA Negeri 1 Surabaya melalui pelatihan desain menggunakan platform desain Canva. Sebanyak 25 guru dengan latar belakang pengajaran yang berbeda-beda menerima materi cara mendesain media pembelajaran menggunakan Canva serta melakukan praktik mandiri didampingi tim pengabdi. Evaluasi dilakukan dengan cara obeservasi, wawancara, dan pemberian kuesioner. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan desain peserta dengan persentase kepuasan sebesar 88%, serta potensi keberlanjutan pemanfaatan Canva untuk mendesain media pembelajaran sebesar 90%.

 

Abstract: Online learning encourages teachers' need for interesting learning media to maximize learning effectiveness and generate student learning interest. However, most teachers do not have adequate learning media design skills in accordance with technological developments. This community service aims to improve the learning media design skills of teachers at SMA Negeri 1 Surabaya through design training using the Canva design platform. As many as 25 teachers with different teaching backgrounds received material on how to design learning media using Canva and carried out independent practice accompanied by the service team. Evaluation was carried out by observing, interviewing, and giving questionnaires. The evaluation results show that this training succeeded in increasing the participants' design skills with a satisfaction percentage of 88%, as well as the potential for sustainable use of Canva to design learning media by 90%.

 

 

References

Asma, A., Santoso, A. B., Jafar, G. F., Wulandari, S., Pgmi, P. S., Tarbiyah, F., & Keguruan, I. (2022). Pelatihan Pembuatan Konten Digital nenggunakan Canva pada Pembelajaran Matematika bagi Guru MI Kota Bitung. 4(4), 1569–1575.

Asri, L., & Refianti, R. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar Workshop on Using Canva Applications to Improve the Competence of Elementary School Teachers. 3,issue? 320–332.

Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Alam, P., & Cenderawasih, U. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru di Kota Medan dan Jayapura Secara Online. Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/download/18777/7086

Kasih, A. P. (2021). Guru, Manfaatkan 5 Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran Interaktif. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/10/22/152752071/guru-manfaatkan-5-aplikasi-pembuat-media-pembelajaran-interaktif?page=all

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817

Manullang, L. M., & Susanti, R. (2022). Nusantara Hasana Journal. Nusantara Hasana Journal, 2(8), 81–91.

Rahmawati, P. A. (2022). Desain Media Pembelajaran dengan Aplikasi Canva. Ayoguruberbagi.Kemdikbud.Go.Id. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/desain-media-pembelajaran-dengan-aplikasi-canva/

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859

Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru smpn 1 Tegalampel Bondowoso. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209–213. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/952

Setiawan, B. A., & Jatmikowati, T. E. (2021). Pelatihan pengembangan bahan ajar handout berbasis aplikasi canva bagi guru di sma baitul arqom. ABDI Indonesia, 1(1), 1–8. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ABDI/article/view/5232

Setyaningrum, P. (2022). 15 Besar SMA Terbaik di Surabaya Berdasar Nilai UTBK 2022, Ada Sekolahmu? Kompas.Com. https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/28/120252778/15-besar-sma-terbaik-di-surabaya-berdasar-nilai-utbk-2022-ada-sekolahmu?page=all

Sinduningrum, E., Hanif, I. F., Rosalina, R., Pratiwi, N., & Sholeh, M. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva Dalam Mendukung Pelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Smk Muhammadiyah 7 Jakarta. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 25. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4898

Suryaningsih, S. I. (2022). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dalam Adaptasi Pandemi Covid–19. Pusdatin.Kemendikbud.Go.Id. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-teknologi-pembelajaran-dalam-adaptasi-pandemi-covid-19/

Tiani, R. (2022). Guru, 7 Aplikasi Presentasi Media Pembelajaran untuk. Digitalbisa.Id. https://digitalbisa.id/artikel/7-aplikasi-presentasi-media-pembelajaran-untuk-guru-zej4D

Wiza Yunifa, & Yesi Sriyeni. (2022). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Canva Web Bagi Guru SMP Bina Cipta. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 10–18. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v3i2.849

Yogi Yunefri, Sutejo, & Yogi Ersan Fadrial. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru Di Smkn 2 Pinggir. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i2.10516

Downloads

Published

2023-04-09

Issue

Section

Articles