PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS INTERAKTIF DAN EASYQUIZZY BAGI GURU MGMP IPA KABUPATEN BENGKAYANG
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1343Keywords:
Pelatihan, Pendampingan, Media Pembelajaran, Sains, EasyQuizzyAbstract
Abstrak: Berdasarkan hasil wawancara dengan pengurus MGMP IPA Kabupaten Bengkayang, diperoleh informasi bahwa banyak guru IPA yang berkeinginan untuk dapat membuat media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar di kelas sesuai dengan karakteristik materi dan kondisi lingkungan serta sarana prasarana di sekolah. Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru MGMP IPA Kabupaten Bengkayang dalam pembuatan media pembelajaran Sains Interaktif menggunakan sofware macromedia Flash sesuai dengan karakter materi IPA dan pembuatan soal interaktif menggunakan sofware Easy Quizzy. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan, yang dilaksanakan di SMPN 1 Teriak Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 22 sampai dengan 24 Oktober 2018.
Abstract:Â Based on the results of interviews with the management of the MGMP Natural Sciences Bengkayang Regency, information was obtained that many science teachers who wish to be able to make learning media that can be used to teach in a class by following the characteristics of the material and environmental conditions and also infrastructure in schools. This Community Service Program aims to improve the competency of Bengkayang Regency MGMP teachers in making Interactive Science learning media using Macromedia Flash software by following the character of the science material and making interactive questions using Easy Quizzy software. The method used is training and mentoring, which was carried out at SMPN 1 Teriak, Bengkayang Regency, West Kalimantan Province on October 22-24, 2018.References
Awwali, M. R. (2011). Media Pembelajaran Desain Grafis Di SMA 1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif. Semarang, Sekolah Tinggi Elektronika Dan Komputer (STEKOM), 1–16.
Ikhwanudin, I., & Basith, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Fluida Statis dalam Perspektif Al-Qur’an Menggunakan Macromedia Flash. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 217–225. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3596
Lestari, Y. A., & Purwanti, M. (2018). Hubungan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial, Dan Kepribadian Pada Guru Sekolah Nonformal X. Jurnal Kependidikan, 2(1), 197–208.
Nurdin, F., Sulastri, T., & . H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar (Study Pada Materi Pokok Laju Reaksi). Chemistry Education Review (CER), (1), 29. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5607
Runtu I.; Tangkawarow, Indra V., P. V. J. . D. (2013). Pengaruh Media Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika. Jsme Mipa Unima, (Vol 1, No 4 (2013): Matematika).
Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 198–204.
Suciati, R., & Astuti, Y. (2016). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Mahasiswa Calon Guru Biologi. Edusains, 8(2), 192–200. https://doi.org/10.15408/es.v8i2.4059
Wahyuningsih, W., Jamaluddin, J., & Karnan, K. (2015). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash Dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas Viii Smpn 6 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 10(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v10i1.16
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).