PENYULUHAN ARTI PENTINGNYA MERK DAGANG
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v2i1.1350Keywords:
Merk Dagang, Legalitas, UMKMAbstract
Abstrak: Tujuan PKM ini adalah memberikan penyuluhan kepada pelaku usaha di Kecamatan Cepiring tentang pentingnya suatu merk bagi hasil produksi sehingga produknya lebih dikenal pasaran secara lebih luas. Adapun permasalahan utama pelaku usaha di Kecamatan Cepiring adalah ketidaktahuan mengenai arti pentingnya sebuah merk untuk suatu produk. Solusi yang ditawarkan kepada pelaku usaha di Kecamatan Cepiring adalah pemberian penyuluhan mekanisme legalitas izin usaha melalui merk. Luaran kegiatan yang ingin dicapai agar pelaku usaha di Kecamatan Cepiring dapat mengembangkan usaha disertai kelengkapan legalitas / merk, sehingga operasional usaha dapat berlangsung sesuai ketentuan yang ada, Hasil penyuluhan kepada pelaku usaha di Kecamatan Cepiring akan dapat menunjang kesuksesan usaha dan penyuluhan telah terlaksana dengan sukses. Hal ini terbukti dengan antusiasnya pelaku usaha di Kecamatan Cepiring mengikuti dan berdiskusi (termasuk proses tanya jawab).
Abstract: The purpose of this PKM is to provide counseling on the importance of a brand for the production so that the product is more widely known to the market. The main problem of SME’s at Cepiring Village is ignorance about not knowing the importance of a brand for a product. The solution offered is the provision counseling the legality mechanism of business licenses. The output of the activity to be achieved so that SME’s at Cepiring Village can develop the business accompanied by adequate legality of establishment, so that business operations can take place according to existing provisions, the results of the training can support the business success of business actors in the SME’s at Cepiring Village and have been successfully implemented. This was proven by the enthusiasm of the trainees to follow and discuss (including the question and answer process) routinely.
References
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. MitraWacana Media, Jakarta
Ardana, Komang, Ni Wayan Mujiati, dan I Wayan Mudiartha Utama. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Choliq, Abdul. (2011). Pengantar Manajemen, Rafi Sarana Perkasa. Semarang.
Cici, S.I. (2015). Pengaruh Brand Origin, Brand ambassador dan Citra Merk terhadap Keputusan Pembelian sepatu Macbeth di sogo Surabaya. e-Jurnal Manajemen Kinerja, volume 1, nomor 2.
Devi, G. 2014. Pengaruh Brand ambassador terhadap Citra merk pada perusahaan Online Zalora. Jurnal Administrasi Bisnis, Universitas Telkom, volume 3, nomor 11.
Durianto, D. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merk. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Evelina, N. (2012). Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi di Kudus). Jurnal manajemen bisnis, 1-11
Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen. Graha Ilmu. Yogyakarta
Hasibuan, Malaayu, S.P, (2011). Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Bumi Aksara. Jakarta.
Juanita, Jana. (2005). Strategic Corporate Communication dalam Proses Repositioning dan Rebranding. Jurnal Ilmu Komunikasi pada Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya, Yogyakarta. Volume 2 Nomor 2 hal 159-176
Kotler, Philip. (2010). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian), Terjemahan Jaka Wasana, Institut dan Pembinaan Manajemen, Jilid I, Edisi Kelima, Cetakan Ketujuh. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1.. Erlangga. Jakarta.
S.A, Surachman. (2008). Dasar-dasar Manajemen Merk. Bayumedia Publishing. Bandung
Soehadi, A.W. 2005. Effevtice Branding. Konsep dan Aplikasi Pengembangan Merk yang Sehat dan Kuat. Quantum Bisnis dan Manajemen. Bandung
Undang-undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
Wasesa. Silih Agung. (2005). Pengelolaan Merek Organisasi. Makalah pada Seminar Strategy Public Relations dalam Mengelola Reputasi dan Merk Organisasi. Juni 2005.Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).