PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KULINER SETELAH PANDEMI COVID-19

Authors

  • Khadijah Darwin Program Studi Akuntansi, FE, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ainun Arizah Program Studi Akuntansi, FE, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurul Fuada Program Studi Akuntansi, FE, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rini Sulistiyanti Program Studi Akuntansi, FE, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13543

Keywords:

MSME, competitiveness, financial management, training, digital media.

Abstract

Abstrak: Setelah Pandemi Covid-19, UMKM mulai bangkit. Salah satu sektor UMKM yang berkembang pesat adalah sektor kuliner. UMKM Kuliner di Kota Makassar mengalami kendala dalam pemasaran produknya karena keterbatasan dalam memanfaatkan berbagai media digital dan tampilan produk yang tidak menarik. Pengelolaan keuangan UMKM masih terbatas karena berbagai literatur hanya berfokus kepada usaha besar. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing usaha UMKM sektor Kuliner di Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah dengan observasi, ceramah, diskusi dan pelatihan. Kegiatan diikuti oleh 10 orang, meliputi pelaku UMKM, tim pengabdi Universitas Muhammadiyah Makassar, narasumber dari Universitas Muhammadiyah Makassar, dan Wartawan salah satu media cetak di Kota Makassar. Hasil observasi menunjukkan bahwa peserta yang memiliki akun IG mendaftarkan akunya sebagai akun bisnis. Mereka juga aktif melakukan promosi di semua akun media sosialnya, namun belum melakukan promosi berbayar. Selanjutnya, tidak ada peserta yang memisahkan antara harta pribadi dan harta usahanya, dan hanya 20% peserta yang melakukan pencatatan keuangan. Peserta juga dilatih membuat foto produk menggunakan perlengkapan sederhana untuk ditampilkan pada akun media sosial yang digunakan untuk memasarkan produk mereka. Hasil kegiatan menunjukkan melalui kegiatan alih teknologi terjadi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan peserta dalam mengelola keuangan dengan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan yaitu E Kas. Semua peserta telah mengetahui pentingnya melakukan pemisahan harta pribadi dan usahanya, peserta juga mampu membuat foto produk yang menarik.

 

Abstract: After the Covid-19 Pandemic, MSMEs began to rise. One of the fastest growing MSME sectors is the culinary sector. Culinary MSMEs in Makassar City experience problems in marketing their products due to limitations in utilizing various digital media and unattractive product displays. MSME financial management is still limited because various literatures only focus on large businesses. This Community Service activity aims to increase the competitiveness of MSME businesses in the Culinary sector in Makassar City. The methods used are observation, lectures, discussions and training. The activity was attended by 12 people, including MSME actors, the Muhammadiyah Makassar University service team, resource persons from the Muhammadiyah Makassar University, and journalists from one of the print media in Makassar City. The observation results show that participants who have an IG account register their account as a business account. They also actively carry out promotions on all their social media accounts, but have not carried out paid promotions. Furthermore, none of the participants separated personal and business assets, and only 25% of participants kept financial records. Participants were also trained in making product photos using simple equipment to be displayed on social media accounts used to market their products. The results of the activity show that through technology transfer activities there is an increase in the participants' knowledge and skills in managing finances by using a financial recording application, namely E Cash. All participants already know the importance of separating personal and business assets, participants are also able to make attractive product photos.

 

 

Author Biography

Ainun Arizah, Program Studi Akuntansi, FE, Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar

References

Aji, C., Restina, A. D., Evitasari, R. D., Prawita, D. W., Darmayanti, F. N., Shafia, N., Alyzia, P., Nurqodri, A., Utomo, D. P., & Pambudi, P. L. (2022). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Di Kelurahan Turi Kota Blitar. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 836–845.

Andaningsih, I. R., Trinandari, T., Novita, N., & Kurnia, K. (2022). Pemberdayaan UMKM Melalui Digitalisasi Keuangan Menggunakan Aplikasi Catatan Keuangan di Pasar Kranggan Wilayah Kecamatan Jati Sampurna Kota Bekasi Jawa Barat. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 143–155. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.12038

Badan Pusat Statistik. (2020). Katalog: 3101028. Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku usaha, vi+ 22 halaman.

Damayanty, S. A., & Purwoko. (2020). Menjaga UMKM, Menjaga Ketahanan Ekonomi Rakyat. In: Insentif Pajak dan Ketahanan Fiskal Pada Masa Pandemi Covid 19 (H. Subiyantoro & S. Riphat (red.)). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fatwitawati, R. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Sembadha, 32.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

FH, Y., Pratita, D., Firmansyah, F., & Suganda, V. A. (2022). Meningkatkan Daya Saing Produk Usaha Mikro Di Era Digital Melalui Edukasi Dan Pendampingan Strategi Branding Dan Packaging. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 5–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10234

Handayani, I., Haryanti, P., Septiana, A. T., Sulistyo, S. B., Etnanta, Y. C., & Setiyawan, A. (2022). Pelatihan Dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan Dan Ketrampilan Digital Marketing Bagi Umkm Di Purbalingga. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 152–164.

Junaidi, J. (2017). Pelatihan Manajemen Keuangan sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM dalam Menghadapi MEA di Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1), 46–51. https://doi.org/10.35906/jipm01.v1i1.238

Mahmud, M., Rasyid, M. N., Khaliq, A., Nasrullah, N., & ... (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Syariah UKM Ajjulukana di Desa Tamalate Kabupaten Takalar. Jurnal IPMAS, 1(3), 138–145. https://pusdig.my.id/ipmas/article/view/94%0Ahttps://pusdig.my.id/ipmas/article/download/94/70

Martini, E. S. (2018). Membangun Daya Saing UMKM Pempek Untuk Meningkatkan Perekonomian Indonesia. jurnal Prosiding PKM-CSR, 1, 1660–1664. http://prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/article/view/73

Nurmala, Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, Emilda, Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19. AKM Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 65–74.

Prameswari, N. S., Haq, M. D., Gunadi, G., & ... (2021). Strategi Pembentukan Citra Produk UKM melalui Perancangan Desain Kemasan Stick Snack “Sabilla Djayaâ€. Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia, 03(01), 1–9. https://jurnal.machung.ac.id/index.php/citradirga/article/view/357%0Ahttps://jurnal.machung.ac.id/index.php/citradirga/article/download/357/211

Rifa’i, A., Syahdan, M., Kudsiah, H., & Muzdalifah. (2017). Alih Teknologi Produksi Benih Anemon Laut secara Aseksual. 1(1), 33–39. https://doi.org/10.5281/zenodo.1228508%0A

Rosalina, Y., Alnopri, & Prasetyo. (2012). Disain kemasan untuk meningkatkan nilai tambah. Agro Industri, 2(1), 8–13.

Sidhartani, S., Pratama, D., Raden, A. Z. M., & Qeis, M. I. (2020). Pelatihan Foto Produk UMKM Wayang Golek Sebagai Upaya Promosi Pasca Pandemi Covid-19. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 180–189. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13522

Ulum, A. S., Theressa, T. D., Firmansyah, A., & Rohman, F. (2022). Peningkatan Kualitas Produk Umkm Melalui Digital Marketing Dan Legalitas Produk Di Desa Cerme. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 16–24. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/13173

Utomo, D. S., Rizaldi, D., Hadi, E. N. N., Haryanto, H., & Kusnadi, K. (2022). Pelatihan Peningkatan Manajemen Keuangan dan Pembukuan Sederhana. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(1), 33–36. https://doi.org/10.55182/jpm.v2i1.116

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Yuliana, N., Sartika, D., Udayana Nudin, S., Herdiana, N., & Anungputri, P. S. (2020). Introduksi Produk Olahan Ubi Jalar Pada Anggota Ika Tanjung Sakti, Bandar Lampung. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 263–267. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.2718

Yuliari, G., & Riyadi, B. (2015). Meningkatkan nilai tambah produk olahan ikan dengan strategi diversifikasi yang berbasis pasar global. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers 2015 Optimalisasi Peran Industri Kretif dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 216–226.

Downloads

Published

2023-04-09

Issue

Section

Articles