PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAGI SANTRI MELALUI PEMBUATAN DAN PENGELOLAAN BLOG
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13600Keywords:
blog, information, skills, writing.Abstract
Abstrak Keterampilan menulis adalah salah satu kompetensi yang wajib dipelajari di setiap jenjang pendidikan. Pondok Pesantren Hidayatullah adalah satu-satunya pesantren yang ada di Kabupaten Fakfak dengan tingkat pendidikan setara SMP/MTs. Namun, santri masih mengalami kesulitan dalam menuangkan gagasannya ke dalam bentuk paragraf serta masih terdapat kesalahan penulisan dari segi penggunaan tanda baca, huruf kapital, dan penyusunan gagasan yang tidak runtut. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada santri tentang cara menulis paragraf dengan benar dan cara menuangkan tulisan ke dalam blog. Pelatihan dilaksanakan dalam bentuk paparan materi/ceramah, tanya jawab dan juga praktik. Setelah mengikuti kegiatan, terdapat peningkatan keterampilan menulis bagi santri (80%) ditinjau dari berbagai aspek penulisan. Berdasarkan hasil angket yang diberikan, sebagian besar santri (91%) menyatakan puas dan sangat antusias dengan kegiatan tersebut karena bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan menulis melalui penggunaan Blog. Selain itu, santri juga menyukai metode blog yang digunakan dalam kegiatan ini (93 %) dan menarik minat mereka dalam belajar menulis.
Abstract: Writing skill is one of the competencies that must be learned at every level of education. The development of writing skills needs serious attention from the most basic level of education, because writing skills are formed through the teaching and learning process. Hidayatullah Islamic Boarding School is the only Islamic boarding school in Fakfak Regency with an education level equivalent to SMP/MTs. However, students still experience difficulties in pouring their ideas into paragraph form and there are still writing errors in terms of the use of punctuation marks, capital letters, and the arrangement of ideas that are not coherent. By participating in the Writing Skill Improvement activities through Blog Creation and Management, it provides knowledge to students about how to write correctly and also utilizes technology in learning. A total of 23 students took part in this activity. Based on the results of the questionnaire given, the majority of students (91%) stated that they were satisfied and very enthusiastic about this activity because it was useful in improving writing skills through the use of blog. In addition, the students also liked the blog method used in this activity (93%) and it attracted their interest in learning to write.
References
Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–36.
Ayumida, S. . N. F. . & N. Y. S. (2019). Pelatihan Pembuatan Blog di Yayasan Yatim, Piatu dan Dhuafa Rumah Harapan, Teluk Jambe Timur Karawang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 316–322.
Filayudha, Y., & Fatmawati, E. (2019). Pemanfaatan Blog (Weblog) sebagai Sarana Knowledge Sharing bagi Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. LIBRARIA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8 (2), 69–81.
HARSONO, B. A., & Markhamah, M. (2017). Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Menulis Di Kelas IX SMP Warga Surakarta Dengan Pendekatan Proses Dan Media Gambar. Tesis Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jayanti, F., & Fachrurazi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gambar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Pontianak. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 329–339.
Kristiyani, T. (2020). Self-regulated learning: Konsep, implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press.
Kurniawan, L. A. (2015). Pembelajaran Keterampilan Menulis dengan Blog: Telaah Pembelajaran Berjarak. Sasindo, 3(1), 1-10.
Magfirah, T., Arridha, R., Lanja, S., & Rumanama, N. (2022). Android-based English teaching material application at State Polytechnic of Fakfak. Sinkron: Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 7(1), 136–146.
Magfirah, T., Arridha, R., & Mualo, A. (2022). Sosialisasi dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 berbasis aplikasi Ponsel cerdas di Kabupaten Fakfak. Dedikasi Sains Dan Teknologi (DST), 2(1), 1–7.
Murti, S., & Misriani, A. (2020). Implementasi Media Blog dalam Meningkatkan Motivasi Menulis Kreatif Berbasis Apresiatif-Komunikatif. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 4(1), 81–91.
Muslim, A. (2019). Curhat Di Balik Laci: Ekspresi Literasi Siswa Di Madrasah Aliyah Pesri Kendari. Al-Qalam, 25(1), 211–224.
Ngatmini, N., Larasati, L., Wismanto, A., & Kurniawan, L. A. (2016). Ibm Pengoptimalan Blog untuk Menunjang Keterampilan Menulis Bagi Guru SMP Negeri 33 Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 78–89.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.
Sukardi, E. (2012). Pembelajaran menulis. Jakarta: Uhamka Press.
Widyaningsih, N. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blogging) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Skripta, 5(1), 12-17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).