PELATIHAN MATEMATIKA GASING BAGI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13633Keywords:
Community Service, Training Mathematics, GASING MathematicsAbstract
Abstrak: Matematika masih dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit, yang mengakibatkan menjadi momok menakutkan bagi sebagian siswa. Anggapan ini dapat mengakibatkan kurangnya minat siswa untuk belajar matematika. Jika terus dibiarkan maka akan berdampak pada kemampuan matematika siswa. Di sisi lain pentingnya mempelajari matematika sehingga sangat disayangkan jika mata pelajaran matematika masih menjadi mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Oleh sebab itu, untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul di sekolah, berbagai solusi ditawarkan salah satunya dengan menerapkan berbagai macam metode belajar. Metode belajar yang dapat digunakan sebagai salah satu solusi yaitu metode Gasing. Untuk dapat menerapkan metode belajar tersebut maka dilakukan Pelatihan Matematika Gasing. Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan matematika siswa serta meningkatkan minat belajar matematika siswa dengan mengajarkan matematika secara gampang, asik, dan menyenangkan. Adapun hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan matematika siswa berdasarkan hasil posttest dengan rata-rata nilai sebesar 86,5 serta meningkatnya minat belajar matematika siswa terlihat pada respons positif yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner peserta pelatihan matematika Gasing.
Abstract: Mathematics is still considered a difficult subject, which results in a frightening specter for some students. This assumption can lead to a lack of students’ interest in learning mathematics. If it continues, it will have an impact on students' mathematical ability. On the other hand, learning mathematics is important thing to learn at school, so it is very unfortunate that mathematics is still a subject that is less attractive to students. Therefore, to overcome various problems that arise in school, various solutions are offered, one of which is by applying various learning methods. We can be use one of the learning methods as a solution is the Gasing method. To be able to apply this learning method, Gasing Mathematics Training is carried out. Community service activity aims to improve students' understanding and mathematical abilities and to increase students' interest in learning mathematics by teaching mathematics in an easy (Gmpang), fun (Asik), and fun way (Menyenangkan). The results of the training showed an increase in students' understanding and mathematical abilities based on the results of the posttest with an average score of 86.5 and students' interest in learning mathematics was seen in the positive responses obtained from the results of filling out the questionnaires for the Gasing mathematics training participants.
Â
References
Armianti, A., Wildan, D. N., Robiansyah, R., Trissiana, O., & Prahmana, R. C. I. (2016). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa menggunakan pembelajaran Matematika GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan). Jurnal Elemen, 2(1), 27-38.
Armianti, A., Yani, I., Widuri, K., & Sulistiawati, S. (2016). Pengaruh Matematika GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Peserta Matrikulasi STKIP Surya. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 74-81.
Putri, K & Dirgantoro, S. (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157-166. )
Kolnel, R. P., Prahmana, R. C. I., & Arifin, S. (2015). Pengaruh pembelajaran matematika gasing pada materi geometri terhadap hasil belajar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Numeracy, 2(1), 70-76.
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114.
Kusuma, M. W. K., Jampel, I. N., & Bayu, G. W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(1), 37-46.
Lestari, O. R., & Hardini, A. T. A. (2022). Keefektifan Metode Matematika Gasing Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2498-2506.
Putra, A. E., & Artawan, P. (2015). Metode Gasing Berseting Siklus Belajar Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 8(1), 47-60.
Riyanti, R., Sutama, S., & Maryadi, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Matematika di SD Negeri Mangkubumen 83 Surakarta. Jurnal Varidika, 29(1), 65-74.
Shanty, N. O., & Wijaya, S. (2012). Rectangular Array Model Supporting Students' Spatial Structuring in Learning Multiplication. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 3(2), 175-186.
Sunaryo, Y., Nuraida, I., & Zakiah, N. E. (2018). Pengaruh model pembelajaran hybrid tipe traditional clasess-Real workshop terhadap kemampuan pemahaman matematik ditinjau dari self-confidence siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(2), 93-100.
Surya, Y. (2013). Modul Pelatihan Matematika GASING SD Bagian 1. Tangerang: PT. Kandel.
Tang, A., & Rafiqah, R. (2015). Efektivitas Metode Gasing Terhadap Pemahaman Konsep Materi Energi dan Perubahannya peserta Didik SMP Negeri 4 Satap Batumenteng. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(2), 119-123.
Utami, E. (2019). Penerapan Media Ubin Aljabar Dengan Strategi Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kreativitas Siswa (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Wiyanti, W., & Wakhyuningsih, N. S. (2013). Penerapan Matematika GASING (Gampang, ASyIk, menyenaNGkan) pada Materi Penjumlahan Dua Digit dengan Dua Digit untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Cihuni II Kelapa Dua Tangerang. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Tangerang: STKIP Surya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).