PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH ANGGOTA IKATAN PELAJAR MAHASISWA LUWU MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI PUBLISH OR PERISH
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13675Keywords:
Scientific Articles, Mentoring, Publish or Perish.Abstract
Abstrak: Penulisan artikel ilmiah masih menjadi hambatan bagi para mahasiswa untuk menyelesaikan studi akhir mereka. Umumnya mereka kesulitan untuk menulis dan mempublikasikan naskah mereka karena mereka belum terlatih atau bahkan mereka tidak perna mempublikasikan tulisan mereka ke journal online. Oleh karena itu, mahasiswa perlu diberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kompetensi mereka melalui pendampingan penulisan artikel ilmiah. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, dan peningkatan kompetensi mahasiswa khususnya mahasiswa yang terhimpun dalam organisasi IPMIL Luwu Raya. Mitra pada kegiatan pengabdian ini adalah organisasi IPMIL Luwu Raya dan Enlish Community of Megarezky Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, yang terdiri dari 35 peserta. Adapun bentuk kegiatan pengabdian ini terdiri dari (1) Persiapan; (2) Pelaksanaan; dan (3) Evaluasi. Untuk mengukur ketercapaian tujuan kegiatan pengabdian dilakukan instrument soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa terjadi peningkatan nilai rerata pretest yang awalnya 38 menjadi 83. Seluruh peserta (100%) memperoleh peningkatan skor nilai pretest-posttest. Tim kegiatan pengabdian menyimpulkan bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah dengan pemanfaatan aplikasi Publish or Perish dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah.
Abstract: Writing scientific articles is still an obstacle for students to complete their final studies. Generally, they find it difficult to write and publish their manuscripts because they have not been trained or even they do not want to publish their writings to online journals. Therefore, students need to be given training to improve their knowledge, understanding, and competence through assistance in writing scientific articles. The purpose of this community service activity is to provide knowledge, understanding, and improvement of student competencies, especially students gathered in the IPMIL Luwu Raya organization. Partners in this service activity were the IPMIL Luwu Raya organization and the Enlish Community of Megarezky Makassar City, South Sulawesi Province, which consisted of 35 participants. The form of this service activity consisted of (1) Preparation; (2) Implementation; and (3) Evaluation. To measure the achievement of the objectives of service activities, instruments were carried out about pretest and posttest. Based on the results obtained, there was an increase in the average pretest value which was originally 38 to 83. All participants (100%) obtained an increase in pretest-posttest scores. The service activity team concluded that training activities and assistance in writing scientific articles with the use of the Publish or Perish application can improve students' ability and understanding in writing scientific articles.
References
Arwendria, A. (2021). Publish or Perish: Analisis Bibliometrika Terhadap Literatur Tentang Covid-19 Pada Pangkalan Data Sitasi Google Cendikia Tahun 2019 - 2021. Al-Ma’arif: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam, 1(1), 1–12.
Budiansyah. (2018). Implementasi Penulisan Ilmiah Berbasis Media Massa Melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Motivasi Menulis Pada Mahasiswa Semester 1 Pgmi Uin Raden Fatah Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 1(1), 12–20.
Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.07
Hanifah, S., Abdillah, T. D. F., & Wachyudi, K. (2022). Analisis Bibliometrik Dalam Mencari Research Gap Menggunakan Aplikasi Vosviewer Dan Aplikasi Publish Or Perish. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(7), 2713–2728.
Husain, S. P., Gani, S. D. P., & Mohama, D. S. K. (2021). Pelatihan Penulisan Judul Dan Introduction Dalam Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(3), 468–477. https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i3.10654
Jamian, A. R., Razali, N. N., & Othman, S. (2016). Pengaplikasian Teknik Didik Hibur Meningkatkan Pencapaian Penulisan Karangan Bahasa Melayu (Applications of Fun Learning Technique in Improving Achievement in Malay Language Essay ). Jurnal Pendidikan Malaysia, 41(1), 39–45.
Kasiyan, ), Muria, ) B, Hendri, Z., Handoko, A., Sitompul, M., Program, ), Pendidikan, S., Rupa, S., Bahasa, F., & Seni, D. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru Writing Training of Scientific Works for Improving Professionalism for Teachers. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 47–54.
Khikmah, L., & Kurniawan, E. (2020). Tantangan dalam Penulisan Artikel Abstrak Penelitihan untuk Publikasi Writing Research Article Abstract for Publication : Problems Encounter. Jurnal Penelitian Pendidikan LPPM Universitas Pendidikan Indonesia, 20(2012), 267–278.
Pratiwi, S. H. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku. Fitrah, 3(1), 27–48.
Qudsi, J., Anas, A. S., Juliansyah, A., Bachtiar, A., Fanny, R., Ardi, P., Kumoro, D. T., Hasanah, U., & Putra, S. J. (2021). Peningkatan Kompetensi Penulisan Artikel Ilmiah Kepada Guru-Guru Di Wilayah Kabupaten Lombok Barat. Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 21–24.
Sahudra, T. M., Fadlia, F., & Firdaus, C. R. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i2.121
Seru, F., Kuddi, B. F., Situmeang, R. J., & Arni, Y. (2023). Peningkatan Kompetensi Penulisan Karya Ilmiah bagi PAM GKI Diaspora Kotaraja Papua. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(1), 171–178.
Sirajuddin1, S., & Yahrif2, M. (2021). Mega Pena: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Listening Untuk TOEFL Test Bagi Mahasiswa Prodi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris. 1(1), 67–75. https://doi.org/10.37289/megarezky
Supriani, Y., Khotimah, K., Lestari, I., & Hadi, T. S. (2020). Workshop Publish Or Perish untuk Guru di SMP Negeri 20 Kota Serang. Journal of Character …, 3(1), 62–69.
Yahrif, Muhamad, & Supardi, R. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Mahasiswa Semester Akhir. Abdi Samulang : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 9–15.
Yahrif, Muhammad, Hasnani, & Lahmady, N. (2022). Pelatihan Pengelolaan Organisasi Pada Lembaga Swadaya Masyarakat New Generation Club. Abdi Samulang : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9.
Yahrif, Muhammad, Sirajuddin, S., & Utami, N. (2022). Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Dalam Berbicara Bahasa Inggris Melalui Kegiatan English Camp. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1507
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).