KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 DAN PENINGKATAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13721Keywords:
Teaching Campus, Numerical Literacy, Students with Special Needs.Abstract
Abstrak: Artikel ini bertujuan mendeskripsikan peranan program kampus mengajar Angkatan 4 (KM 4) dalam meningkatkan literasi numerasi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) di SDN 001 Air Tiris. KM 4 merupakan program yang diinisiasi oleh kementerian Pendidikan kebudayaan dan Pendidikan tinggi sebagai sebuah upaya pengabdian civitas akademika di persekolahan. Pengabdian tim KM4 di SDN 001 Air Tiris dilaksanakan pada bulan Agustus- Desember 2022. Tim KM4 terdiri dari 5 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di kota Pekanbaru dan seorang dosen pendamping lapangan (DPL) yang berasal dari Universitas Riau. Kegiatan pengabdian dimulai dari analisis kebutuhan sekolah, penyusunan program, hingga kegiatan pendampingan belajar PDBK. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa (1) program KM 4 terdiri dari literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi; dan (2) program kampus mengajar berperan dalam membantu PDBK dalam belajar membaca, berhitung, dan bernyanyi, melalui pendampingan khusus. Hal ini dibuktikan dari pernyataan kepala sekolah saat kegiatan penutupan KM 4 maupun dari skor kepuasan yang diberikan pihak sekolah melalui guru pamong terhadap tim KM4 di akun MBKM sehingga peserta KM dapat mencapai nilai 92 (baik sekali).
Abstract: This article aims to describe the role of the campus teaching program Batch 4 (KM 4) in improving the numeracy literacy of students with special needs (PDBK) at SDN 001 Air Tiris. KM 4 is a program initiated by the Ministry of Culture and Higher Education as an effort to serve the academic community in schools. The KM4 team's service at SDN 001 Air Tiris was carried out in August-December 2022. The KM4 team consisted of 5 students from various tertiary institutions in the city of Pekanbaru and a field assistant lecturer (DPL) from the University of Riau. Community service activities start from analyzing school needs, preparing programs, to PDBK learning assistance activities. The results of the dedication show that (1) the KM 4 program consists of literacy, numeracy, technology adaptation and administration; dan (2) the teaching campus program plays a role in assisting PDBK in learning to read, count, and sing, through special assistance. This is evidenced from the statement of the school principal during the closing activity of KM 4 and from the satisfaction score given by the school through the tutor to the KM4 team in the MBKM account so that KM participants can achieve a score of 92 (very good).
References
Andari, I. D., Zulfiana, E., Harnawati, R. A., & Arisanti, N. L. (2022). Peningkatan Pengetahuan Tentang Teknik Relaksasi Akupresure Untuk Mengurangi Stres Belajar Pada Siswa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4478–4485.
Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi COVID-19 ( Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara ). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47.
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Candra Pratiwi, J. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,†November, 237–242.
Eddison, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Pancasila Pada Guru MGMP PPKn SMA / SMK. 6(1), 2–10.
Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, September, Volume? Issue? 86–94.
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339
Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(2), 207–222. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10454
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Mengajar, T. program kampus. (2022). buku panduan kampus mengajar angkatan 4. In kementerian pendidikan kebudayaan, riset dan teknologi.
Napitupulu, N. D., Walanda, D. K., Napitupulu, M., & Walanda, R. M. (2022). Penguatan budaya literasi ekologis di sekolah. 6(6), 4420–4430.
Net, W. W. W. P., Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The Impact of “ Kampus Mengajar MBKM Program †on Students ’ Social Skills. 12(3), 220–225. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Waldi, A., Putri, N. M., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi , Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. 5(3), 284–292.
Wibowo, D. H., Sarajar, D. K., & Jacobus, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Identifikasi Dan Asesmen Pada Guru Kelas Sekolah Dasar Inklusi Doddy. 6(4), 2874–2884.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).