PENGINTEGRASIAN TPACK DAN HOTS DALAM MENDESAIN PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Erly Wahyuni Bahasa Inggris, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang
  • Hartono Hartono Bahasa Inggris, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang
  • Santi Prastyowati Bahasa Inggris, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang
  • Roeslaini Roeslaini Bahasa Inggris, Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13840

Keywords:

HOTS, inovatif, teaching modul, TPACK

Abstract

Abstrak: Kurangnya pemahaman guru terkait komponen pempelajaran abad 21 yaitu TPACK dan HOTS dalam rancangan pembelajaran secara mandiri perlu mendapatkan perhatian khusus.Tujuan kegiatan ini adalah memberikan keterampilan dalam bentuk pelatihan pada guru dalam mengintegrasikan TPACK dan HOTS yang interaktif dan menyenangkan dalam rancangan pembelajaran dan pelaksanaannya yang dapat menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik. Kegiatan dilaksanakan di MA Muhammadiyah 1 Malang dengan 5 guru mapel Bahasa Inggris dengan metode pelaksanaan, yaitu: (1) Workshop: Sosialisasi TPACK dan HOTS; (2) Pelatihan dan pendampingan pengintegrasian TPACK dan HOTS dalam menyusun rancangan pembelajaran abad 21 berbasis daring dan luring secara kolaboratif; (3) Implementasi TPACK dalam konteks HOTS dalam proses pembelajaran yang menjadi model; dan (4) Monitoring dan evaluasi terkait performansi guru dan mencermati modul ajar yang dihasilkan serta diskusi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru diantaranya; (a) mampu menentukan materi dan menyusun aktivitas interaktif (100%) yang menjadi model pembelajaran dengan sistem collaborative skill; (b) mampu merancang modul ajar berbasis HOTS dan 4C (80%); dan (c) mampu mengintegrasikan dan menerapkan TPACK (100%) dalam proses pembelajaran.

Abstract: The teacher's lack of understanding regarding the 21st century learning components, namely TPACK and HOTS in independent learning designs needs special attention. The purpose of this activity is to provide skills in the form of training to teachers in integrating interactive and fun TPACK and HOTS in learning designs and their implementation that can foster active participation of students. Activities carried out at MA Muhammadiyah 1 Malang with 5 English subject teachers with implementation methods, namely: (1) Workshop: Socialization of TPACK and HOTS; (2) Training and mentoring for the integration of TPACK and HOTS in developing collaborative online and offline 21st century learning designs; (3) Implementation of TPACK in the context of HOTS in the learning process that becomes a model, and; (4) Monitoring and evaluation related to teacher performance and observing the resulting teaching modules and discussions. The results of the activity showed an increase in teacher abilities including; (a) being able to determine material and compiling interactive activities (100%) which became a learning model with a collaborative skill system and; (b) being able to design teaching modules based on HOTS and 4C (80%), c) being able to integrate and apply TPACK (100%) in the learning process.

 

 

Author Biography

Erly Wahyuni, Bahasa Inggris, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang

Artikel berdasarkan pengabdian yang dilakukan bersama tim

References

Ajizah, I., & Huda, M. N. (2020). Tpack Sebagai Bekal Guru Pai Di Era Revolusi Industri 4.0. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). 333-352 https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.

Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran Guru Dan Strategi Pembelajaran Dalampenerapan Keterampilan Abad 21 Pada Pendidikandasar Dan Menengah. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3).619-638.

Balitbang Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia: Belajar dari Hasil PISA 2018. In Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud (Issue 021). 1-3.

Chai, C. S., & Kong, S.-C. (2017). Professional learning for 21st century education. Journal of Computers in Education, 4(1). https://doi.org/10.1007/s40692-016-0069-y.31-51.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3). 269-284. https://journal.uny.ac.id/index.php/ jptk/ article/ view/3255

Hafni, R. N. (2018). 21st Century Learner: Be A Critical Thinking. The Second of International Conference on Education and Regional Development 2017 (ICERD 2nd), 1(1).

Harris, J. B., & Hofer, M. J. (2011). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in Action. Journal of Research on Technology in Education, 43(3). 211-229.https://doi.org/10.1080/15391523.2011.10782570

Hummell, L. (2016). 21St Century Skills: Critical Thinking Skills. Children’s Technology and Engineering, 20(4), 5–6. https:// search.proquest.com/ docview/1788571194?accountid=169659

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3). 60-70 https://doi.org/10.1177/002205741319300303

Koehler, M. J., Mishra, P., & Yahya, K. (2007). Tracing the development of teacher knowledge in a design seminar: Integrating content, pedagogy and technology. Computers and Education, 49(3), 740–762. https://doi.org/ 10.1016/ j.compedu.2005.11.012

Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2). 135-142. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3073

Njiku, J., Mutarutinya, V., & Maniraho, J. F. (2020). Developing technological pedagogical content knowledge survey items: A review of literature. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 36(3). 150-165. https://doi.org/ 10.1080/21532974.2020.1724840

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1). https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Ulum, A. S., Suhartono, S., & Evi, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyakarat, 1(1).1-6.

Voogt, J., Fisser, P., Pareja Roblin, N., Tondeur, J., & van Braak, J. (2013). Technological pedagogical content knowledge - A review of the literature. Journal of Computer Assisted Learning, 29(2). 1-13. https://doi.org/10.1111/ j.1365-2729.2012.00487.x

Wahyuni, E. (2018). Teaching English With An Internet-Based Nature Of Google Docs To Improve Students’ Critical Thinking. International Journal of Education, 10(2). 808-812. https:// doi.org/10.17509/ije.v10i2.7895

Waluyo, E., & Nuraini, N. (2021). Pengembangan Desain Instruksional Model Inquiry Learning Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1). 1-11. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.031-01

ŽivkoviĿ, S. (2016). A Model of Critical Thinking as an Important Attribute for Success in the 21st Century. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232. 102-108. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.034

Downloads

Published

2023-04-09

Issue

Section

Articles