PEMANFAATAN TEKNOLOGI QR-CODE UNTUK PRESENSI SISWA DI ERA DISRUPSI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13863Keywords:
Community empowerment, QR-Code Technology, Presence Application.Abstract
Abstrak: Di era disrupsi digital peran teknologi sangat berpengaruh pada interaksi manusia dengan teknologi itu sendiri. Hal ini terjadi di berbagai aspek kehidupan, tanpa terkecuali di dunia pendidikan. Salah satu teknologi yang saat ini paling banyak memeberikan kontribusi bagi dunia bisnis, pemerintahan, maupun dunia pendidikan adalah teknologi Barcode/QR-Code. Teknologi tersebut sangat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbagai operasional maupun pelayanan di suatu organisasi. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan knowledge dan skills pada peserta pengabdian dalam menggunakan dan mengimplmentasikan teknologi QR-Code. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pengenalan dan pemanfaatan teknologi barcode/qr-code pada aplikasi presensi siswa di SMK AN NUR Slawi menggunakan metode ceramah, pelatihan dan pendampingan berbasis cooperative learning dengan peserta sejumlah 33 peserta yang terdiri dari 30 siswa dan 3 Guru. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta mengalami peningkatan dari sisi knowledge atau pengetahuan tentang teknologi QR-Code sebesar 90% dan peningkatan dari sisi skills atau kemampuan sebesar 86.7%. Selain itu, implementasi aplikasi presensi berbasis qr-code pada kegiatan ini juga mendapatkan respon yang sangat positif dari kepala sekolah karna dirasa sangat membantu pihak sekolah dalam melakukan evaluasi presensi siswa secara real-time.
Abstract: In the era of digital disruption, the role of technology is very influential in human interaction with technology itself. This happens in various aspects of life, without exception in the field of education. One of the technologies that currently contributes the most to the field of business, government, and the field of education is Barcode/QR-Code technology. This technology greatly improves efficiency and effectiveness in various operations and services in an organization. The purpose of this community empowerment activity is to increase the knowledge and skills of service participants in using and implementing QR-Code technology. In this community empowerment activity, the introduction and use of barcode/qr-code technology was carried out in the student presence application at SMK AN NUR Slawi Tegal Central Java using lecture methods, training and mentoring based on cooperative learning with 33 participants consisting of 30 students and 3 teachers. The results of this community empowerment activity show that most of the participants experienced an increase in terms of knowledge about the QR-Code technology by 90% and an increase in terms of skills or abilities by 86.7%. In addition, the implementation of the qr-code based attendance application in this activity also received a very positive response from the The school principal because it was felt to be very helpful for the school in evaluating student attendance in real-time.
Â
References
David T. Bourgeois. (2014). Information Systems for Business and Beyond. Lulu Press, Inc.
Fahrozi, W., & Rustam, M. T. (2021). Penerapan Aplikasi Absensi Guru Berbasis Sms Gateway Pada Sekolah SMP IT Al Jabar. PUBLIDIMAS (Publikasi Pengabdian Masyarakat), 1(1), 1–7.
Fahrozil, W., Rustam, M. T., & Ikorasaki, F. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Whatsapp Gateway Sebagai Media Presensi Siswa Pada Smk Kesehatan Imelda Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkarya, 1(1), 51–57.
Fajarianto, O., Lestari, A. D., & Erawati, D. (2021). Pemanfaatan Qr Code Sebagai Media Promosi Dan Informasi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Jurnal Signal, 9(1), 101–108.
Güneşin Tam İçinde. (2022). QR CODE. Süleyman Sönmez.
Kompri, M. Pd. I. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah (1st ed.). Kencana.
Menuk Resti Apridawati. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Penerbit P4I.
Muhammad Rifa’i, Rusydi Ananda, & Muhammad Fadhli. (2019). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran). Cv. Pusdikra Mitra Jaya.
Nurfaizah Nurfaizah, Yuli Purwati, Nandang Hermanto, & Sarmini Sarmini. (2020). Penerapan Teknologi QR Code untuk Memantau Proses Ronda di Desa Ciberem Sumbang. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat, 2(1), 29–34.
Parlika, R., Hanafi, A., & Pribadi, D. U. (2017). Implementasi Aplikasi Rekap Absensi Siswa Dalam Abmas Risma 2017 Di Smp Katolik Santo Yusup Tropodo Waru Sidoarjo. SCAN, 12(2), 25–32.
Poppy Rahayu, Fadhil Ghufran Anwari Rachman, Muhamad Zulfikar Arafat, & Tegar Rifqiaulian4. (2021). Pemanfaatan QR Code Sebagai Media Pembuatan Instrumen Evaluasi Bahasa Jepang. Inovasi Teknologi Tepat Guna Dan Model Peningkatan Kapasitas Masyarakat Era Covid-19, 411–417.
Priyambodo, A., Usman2, K., & Novamizanti, L. (2020). Implementasi QR Code Berbasis Android Pada Sistem Presensi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(5), 1011–1020.
Rafila, A. J., Darmanto, T., & Kurniawan, R. (2020). Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis QR Code di STMIK “Amikbandung.†JOINT (Journal of Information Technology), 2(1), 31–38.
Saleh, N., Saud, S., & Asnur, M. N. A. (2018). Pemanfaatan QR-Code sebagai media pembelajaran Bahasa Asing pada Perguruan Tinggi di Indonesia. Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57.
SMK An Nur. (2023). SMK An Nur.
Supendi, Y., Supriadi, I., & Isto3, A. A. W. (2019). Pemanfaatan Teknologi QR-Code Pada Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Mobile. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK) 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).