APLIKASI QUESTION ANSWER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13867Keywords:
accounting, Question answer application, learning, vocational high school.Abstract
Abstrak: Perkembangan teknologi informasi menyebabkan penyaluran informasi berkembang pesat, mudah dan juga cepat. Hal ini juga dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Siswa sekolah memerlukan informasi yang akurat mengenai informasi pembelajaran. Informasi yang ditanyakan tidak hanya ditanyakan oleh seorang siswa namun bisa berulang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dapat dibuat sebuat aplikasi question answer yang dapat digunakan sebagai sarana edukasi untuk mendukung proses pembelajaran. Aplikasi ini dirancang untuk melakukan tanya jawab interaktif. Aplikasi ini dapat membantu dan mempermudah guru maupun siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan pengabdian ini adalah membuat sebuah aplikasi question answer sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat memahami serta menggunakan aplikasi tersebut dalam pembelajaran akuntansi. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan beberapa tahapan, dimulai dengan survey dan wawancara, pengambilan data, pembuatan aplikasi, persiapan sosialisasi aplikasi, pelaksanaan dan penyusunan laporan. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini diikuti oleh 28 orang peserta. Hasil pengabdian ini bahwa peserta mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang aplikasi Question Answer dan mampu memanfaatkannya, serta memberikan wawasan baru untuk siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil kuisioner pelaksanaan kegiatan bahwa sebanyak 36% peserta mengatakan setuju dan 61% mengatakan sangat setuju dengan adanya kegiatan PKM yang dilakukan ini. Berdasarkan hasil evaluasi pre test dan post test didapatkan peningkatan pemahaman peserta sebesar 35%.
Abstract: Because of the growth of information technology, information can now be shared quickly, easily, and in large amounts. This is also needed in the learning process. School students need accurate information about learning information. The information asked is not only asked by a student but can be repeated. To solve these problems, it can be made into a question-answer application that can be used as an educational tool to support the learning process. This app is designed for interactively answering questions. This app can help facilitate the learning process for teachers and students. The purpose of this service is to create a question-answer application as an interactive learning medium that can increase student learning interest and allow students to understand and use the application in accounting learning. Dedication activities are carried out in several stages, starting with surveys and interviews, data collection, application creation, application socialization preparation, implementation, and the preparation of reports. The event was attended by 28 participants. The result of this dedication is that participants gain knowledge and understanding of the Question Answer application and can leverage it, as well as provide new insights to students. This can be demonstrated by the questionnaire results of the implementation of the activity, in which as many as 36% of participants said they agreed and 61% said they fully agreed with the existence of this PKM activity. Based on the pre-test and post-test evaluation results, the participants’ understanding increased by 35%.
References
Bin Lukman, K. U. S., Yuliska, Y., & Najwa, N. F. (2021). Chatbot Sebagai Wadah Informasi Perkembangan Covid-19 di Kota Pekanbaru Menggunakan Platform Whatsapp. IT Journal Research and Development, 5(2), 234–245.
Falah, F., & Syamsidar, S. (2021). Pengaruh Penerapan Aplikasi Chatbot Sebagai Media Informasi Online Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Kesehatan Primer Di Masa Pandemik Covid-19. Bina Generasi : Jurnal Kesehatan, 12(2), 18–23.
Fauzi, E., Visar Sinatrya, M., Daru Ramdhani, N., Ramadhan, R., & Muhammad Rasid Safari, Z. (2022). Pengaruh kemajuan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2), 189–197.
Fendya, W. T., & Wibawa, S. C. (2018). Pengembangan Sistem Kuesioner Daring Dengan Metode Weight Product Untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer Pada Lpk Cyber Computer. 03, 9.
Jasmi, R., Baizal, Z. K. A., & Richasdy, D. (2022). Question Answering Chatbot using Ontology for History of the Sumedang Larang Kingdom using Cosine Similarity as Similarity Measure. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(4), 2040.
Khusna, A. N., & Mardhia, M. M. (2019). Perancangan Aplikasi Question Answering System Pada Terjemahan Alquran. Journal of Information System Management (JOISM), 1(1), 8–12.
Klarita, M. L. (2019). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. 4(1), 1–9.
Lenni, M., & Bendi, R. K. J. (2019). Question Answering System Informasi Pariwisata Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Matrik, 21(2), 128–138.
Liantoni, F., Rosetya, S., Rizkiana, R., Farida, F., & Hermanto, L. A. (2018). Peran Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Kemampuan Siswa SMA dan SMK Dalam Menghadapi Perkembangan Era Digital. Publikasi Pendidikan, 8(2).
Pramusinto, N. D., Octoria, D., Sudiyanto, S., & Zonaifi, R. (2020). Penerapan Video Blog Question And Answers (Q&A) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 14(1), 267.
Saldhi, R. F., Baizal, Z. K. A., & Dharayani, R. (2022). Question Answering System at the Kingdom of Sumedang Larang with Naïve Bayes Method. Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 3(4), 322–329.
Wijaya, M. H., Sarosa, M., & Tolle, H. (2018). Rancang Bangun Chatbot Pembelajaran Java pada Google Classroom dan Facebook Messenger. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), 287.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).