PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI, INTERNET SEHAT DAN MULTIMEDIA BAGI SISWA-SISWI SMA

Authors

  • Hendra Kurniawan Sistem Informasi, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Neni Purwati Sistem Informasi, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Sri Karnila Sistem Informasi, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13902

Keywords:

IT Training, Information Technology, Healthy Internet, Multimedia.

Abstract

Abstrak : Tekologi informasi saat ini semakin berkembang dan menjadi kebutuhan, untuk itu penting adanya pelatihan pemanfaatan teknologi pada usia remaja seperti siswa -siswi SMA agar tidak salah pengunaan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa/siswi SMA IT An Qordhova tentang penggunaan teknologi informasi, internet sehat serta multimedia untuk meningkatkan kemampuan siswa/i, sehingga kemampuan dan pengetahuan siswa tersebut meningkat. Menerapkan tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, pelaporan. Persiapan dilakukan dengan melakukan survei pendahuluan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan sekolah dalam kegiatan pengajaran. Pelaksanaan pelatihan menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi, dilanjutkan dengan praktik langsung, disertai dengan tanya jawab para peserta pelatihan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA IT An Qordhova yang dihadiri 17 siswa/i Pada tahap pelaporan dibuat setelah selesainya kegiatan pengabdian ini. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari pada tanggal 22 November 2019 mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan, para siswa/i bertambah pengetahuannya tentang penggunaan teknologi informasi, internet sehat serta multimedia dibuktikan dengan hasil kuesioner yang telah didistribusikan kepada seluruh peserta pelatihan, dengan peningkatan softskill (Pengenalan TI dan Internet Sehat) sebesar 80% dan hardskill (Multimedia) sebesar 60%.

Abstract: This training aims to provide knowledge to students of SMA IT An Qordhova about the use of information technology, a healthy internet, and multimedia to improve students' abilities so that their abilities and knowledge increase. Implementing three stages of activity, namely preparation, implementation, and reporting, is carried out by conducting a preliminary survey to find out what the school needs in teaching activities. The implementation of the training uses the lecture method, namely presentation techniques, followed by hands-on practice, accompanied by questions and answers from the training participants. This activity was carried out at SMA IT An Qordhova and was attended by 17 students. At the reporting stage, it is made after the completion of this service activity. This activity was carried out for 1 day on November 22, 2019 starting at 08.00 a.m. to 16.00 pm. Based on the results of the activities that have been carried out, the students have increased their knowledge about the use of information technology, healthy internet, and multimedia, as evidenced by the results of the questionnaires that have been distributed to all training participants, with an increase in soft skills (introduction to IT and healthy internet) of 80% and hard skills (multimedia) of 60%.

References

Adhi I.S. (2020) ‘Ini Pentingnya Orangtua Perlu Batasi Penggunaan Media Sosial Anak’, Kompas (Online). Available at: https://health.kompas.com/read/2020/01/21/090%0A000868/ini-pentingnya-orangtua-perlu-batasipenggunaan-media-sosial-anak?page=all.

Bili, L. D. and Lengo, M. D. (2019) ‘Efektivitas Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa’, Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), pp. 68–78. Available at: https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/38/23.

Desmin, T., Christian, K. and Alfrianus, P. (2021) ‘Pemberdayaan Pemuda Gereja Sebagai Tim Multimedia Dan Teknologi Informasi’, Jurnal Ilmiah Tatengkorang, 5(1), pp. 39–43.

Edwin Alexander and Kristianto, R. P. (2021) ‘Penyuluhan Cyber Space: Cyber Bullying dan Etika Bermedsos untuk Meningkatkan Wawasan Internet Sehat Beserta Pengukuran Tingkat Kepuasannya’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Available at: http://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/jpmd/article/view/673.

Khadijah, K. et al. (2020) ‘Edukasi Internet Sehat dan Aman (INSAN) di SMA Islam Hidayatullah Semarang’, Seminar Nasional, pp. 481–485. Available at: http://proceedings.undip.ac.id/index.php/semnasppm2019/article/viewFile/376/237.

Montanesa, D. and Karneli, Y. (2021) ‘Pemahaman Remaja Tentang Internet Sehat di Era Globalisasi’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), pp. 1059–1066.

Ritonga, R., Saepudin, A. and Wahyudin, U. (2019) ‘Penerapan Model Evaluasi Kirkpatrick Empat Level Dalam Mengevaluasi Program Diklat Di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang’, Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), pp. 12–21. Available at: http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/8187/3882.

Salsabila, U. H. et al. (2020) ‘Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19’, Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), pp. 188–198. doi: 10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

Secsio, W., Putri, R., Nurwati, R.N. and S, M.B. (2016) ‘Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja’, in ProsidingKS: Riset dan PKM, pp. 47–51.

Silalahi, D., Siahaan, B. N. and Simbolon, M. H. (2021) ‘Internet Sehat Dan Motivasi Manajemen Waktu Bagi Generasi Milenial’, 1(1), pp. 88–92.

Simarmata, J. et al. (2021) Pengantar Teknologi Informasi. 1st edn. Edited by Ronal Watriantho. Yayasan Kita Menulis.

Sunardi, D., Sahputra, E. and Hidayah, A. K. (2021) ‘Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan, 1(1), pp. 29–34. Available at: https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jpmtt/article/view/340.

Sutami et al. (2022) ‘Peningkatan Literasi Digital Multimedia Video Editing Bagi Siswa-Siswi SMAN 1 Kahayan Tengah’, Jurnal Abdi Mas Gorontalo, 5(2), pp. 1–5.

Sutja, A., Sekonda, F. A. and Yaksa, R. A. (2022) ‘Pelatihan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Keterampilan Guru’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), pp. 6388–6391. Available at: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7710/5788.

Suwarta T.H. (2018) ‘97% Anak Terpapar Konten Pornografi’, Media Indonesia (Online). Available at: https://mediaindonesia.com/read/detail/14425197-anak-terpapar-konten-pornografi.html.

Syarifuddin, S. et al. (2021) ‘Peningkatan Kualitas Penelitian Dosen, Guru, dan Mahasiswa melalui Webinar Metodologi Penelitian Pendidikan’, Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 1–6. doi: 10.53299/bajpm.v1i2.44.

Downloads

Published

2023-04-09

Issue

Section

Articles