PENDAMPINGAN PRAKTIKUM DAN UJI SERTIFIKASI MANDOR BAGI CALON LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13948Keywords:
construction, foreman, sertification, skilled.Abstract
Abstrak : Untuk mempersiapkan calon lulusan Teknik Bangunan SMKN 2 Wewewa Barat Provinsi NTT, pihak sekolah bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya untuk menyelenggarakan Uji Sertifikasi Mandor tanggal 9 sampai 10 April 2021, seluruh biaya bersumber dari APBN, pihak sekolah mendata peserta, menyiapkan TUK, material, dan peralatan praktikum. Uji sertifikasi ini sekaligus wadah PkM yang dilaksanakan dengan metode briefing diskusi, praktikum, dan uji sertifikasi. Sistem evaluasinya meliputi pretest, evaluasi saat praktikum dan posttest. Tujuan PkM adalah meningkatkan jumlah lulusan bersertifikat kompeten Level II dari nol menjadi 38 orang. Nilai rata-rata pretest sebesar 47,84 < 60 dan nilai rata-rata posttest untuk aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap meningkat menjadi 80,42 > 60, dimana terjadi peningkatan kompetensi 68,10%. Dari uji sertifikasi diperoleh hasil bahwa 38 orang peserta atau asesi dinyatakan Kompeten (K) atau 100% Kompeten dan asesor telah merekomendasikan kepada BNSP melalui Pihak Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya untuk menerbitkan sertifikat kompetensi keterampilan Level II bagi asesi yang telah dinyatakan Kompeten (K).
Abstract: To prepare prospective graduates of Building Engineering SMKN 2 Wewewa Barat NTT Province, the school is working with the Surabaya Region IV Construction Services Center to hold a Foreman Certification Test from 9 to 10 April 2021, all costs are sourced from the APBN, the school records participants, prepares TUK, materials and practicum equipment. This certification test is also a PkM platform which is carried out using the briefing/discussion method, practicum, and certification test. The evaluation system includes pretest, evaluation during practicum and posttest. The pretest average score was 47.84 < 60 and the posttest average score for aspects of knowledge, skills and attitudes increased to 80.42 > 60, an increase in competence of 68.10%. It was found that 38 participants or assessors were declared Competent (K) or 100% Competent and the assessors had recommended to BNSP through the Construction Service Center Region IV Surabaya to issue Level II skill competency certificates for assessors who had been declared Competent (K).
Â
References
Adam, L. (2017). Membangun Daya Saing Tenaga Kerja Indonesia Melalui Peningkatan Produktivitas. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(2), 71. https://doi.org/10.14203/jki.v11i2.205
Adianto, J., & Fedryansyah, M. (2018). Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Dalam Menghadapi Asean Economy Community. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 77. https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18261
Avani, F., AG, T., & Sucipto, T. L. A. (2019). Analisis Supply and Demand Tenaga Kerja Bidang Bangunan Kabupaten Karanganyar. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 5(1), 39. https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i1.34599
BPS. (2021). Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Provinsi, 2020/2021 (www.bps.go.id) didownload tanggal 6 Januari 2023
Dacholfany, M. I. (2017). Inisiasi Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Islami Di Indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasi. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01), 1–13. https:/ /doi.org/10.24127/att.v1i01.330
Damayanti, Y. A., & Sitompul, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa Seksi Binjai-Pangkalan Brandan. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil,4(2), 153-163
Daud, D. R., & Mobonggi, A. (2019). Program Pelatihan Kerja dalam Meningkatkan Kompetensi Pencari Kerja: Studi Evaluatif Kirkpatrick’s Evaluation Model pada Balai Latihan Kerja (BLK) Limboto Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 143–159.
Ditjen BELMAWA Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. 2015. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Dokumen 001. https://img.akademik.ugm.ac.id/dokumen/kkni/kkni_001_dokumen_kkni.pdf
Djunaidi, D., & Alfitri, A. (2022). Dilema industri padat modal dan tuntutan tenaga kerja lokal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 29. https://doi.org/10.29210/020221222
Fachreza, A. N. (2017). Analisis Penyerapan.Tenaga.Kerja Sektor Konstruksi Di Kabupaten/Kota.Provinsi Jawa.Timur Tahun 2011-2015. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 15(2), 157. https://doi.org/10.22219/jep.v15i2.5362
Hidayat, S., & Saleh, M. (2019). Komparasi Kemampuan Kerja Antara Lulusan SMA dan SMK di Industri Permesinan Modern. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 2(1), 45–56.
Husnita, & Suparno. (2020). Pendidikan karakter dan prakerin berpengaruh terhadap kesiapan siswa memasuki dunia kerja. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 428–438.
Indriaturrahmi, I., & Sudiyatno, S. (2016). Peran Dunia Usaha Dan Dunia Industri Dalam Penyelenggaraan Smk Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 162. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i2.6277
Khurniawan, A. W., & Erda, G. (2019). 18 darurat guru kejuruan di SMK. Vocational Educational Policy, White Paper Volume 1 No. 18 Tahun 2019, 1(24), 3-24.
Ngadi, N. (2014). Relevansi Pendidikan Kejuruan Terhadap Pasar Kerja Di Kota Salatiga. Jurnal Kependudukan Indonesia, 9(1), 59–70.
Oktaviastuti, B., Nurmalasari, R., & Damayanti, F. (2021). Urgensi Technical Skill Bagi Tenaga Kerja Konstruksi Dalam Era Industri 4.0. Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, 5(2), 7-10.
Perdana, N. S. (2019). Analisis Permintaan Dan Penawaran Lulusan Smk Dalam Pemenuhan Pasar Tenaga Kerja. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2),171-181. https://doi.org/10.24176/re.v9i2.2948
Pratami, D. (2021). Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan di Kabupaten Karawang Tahun 2020-2024 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Rahmi, J., & Riyanto, R. (2022). Dampak Upah Minimum Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja: Studi Kasus Industri Manufaktur Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.22212/jekp.v13i1.2095
Sinta, M. E. (2019). Analisis Sertifikasi Tenaga Ahli Dan Terampil Di Kalimantan Tengah Tahun 2019. Media Ilmiah Teknik Sipil, 8(1), 51-61.
Ukkas, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Industri Kecil Kota Palopo. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 187 -198. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.440
Widiasanti, I., Fridestu, A., Rochyadi, D., & Anisah. (2018). Faktor Dominan Penghambat Sertifikasi Kompetensi dalam Persepsi Tenaga Terampil di Sektor Konstruksi. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah, Jakarta: 17 Oktober 2018. Hal. 1-5.
Zahari, M., Syukri, M., Budiningtyas, D. P., & Hasibuan, N. V. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Kesehatan terhadap Produktivitas Tenaga Kerja di Provinsi Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 7(2), 1151-1155.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).