TEKNOLOGI PEMASARAN BERBASIS E-COMMERCE PRODUK JAHE MERAH INSTAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14026Keywords:
e-commerce, instant red ginger, KWT Srikandi.Abstract
Abstrak: KWT Srikandi merupakan salah satu UMKM yang memproduksi jahe merah instan. Pemasaran hasil produksi masih dilakukan secara konvensional. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan penggunaan ecommerce maupun marketplace sebagai media pemasaran produk jahe dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan produk jahe instan. Metode pelaksanaan terdiri dari (1) Identifikasi penggunaan media pemasaran; (2) Pelatihan digital marketing; dan (3) Evaluasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan lancar. Para peserta pelatihan dapat memahami materi dengan baik, dan bertambahnya pengetahuan terkait pemasaran secara online dengan pemanfaatan teknologi ecommerce yang tersedia sebesar 91%. Kegiatan pelatihan menghasilkan terbentuknya toko online di Shoppe, Marketplace Facebook, google bisnis dan titik rumah produksi jahe merah instant KWT Srikandi.
Abstract: KWT Srikandi is one of the MSMEs that produces instant red ginger. Marketing of products is still done conventionally. Training on the use of e-commerce-based marketing technology aims to increase knowledge and create social media accounts, online shops on e-commerce as a medium to improve marketing of instant ginger products. The implementation method consists of (1) Identification of the use of marketing media; (2) Digital marketing training; and (3) Evaluation. Community service activities are running smoothly. The training participants can understand the material well, and gain knowledge related to online marketing by utilizing available e-commerce technology. The training activities resulted in the establishment of an online store at Shoppe, Facebook Marketplace, Google Business and the KWT Srikandi instant red ginger production house on Google maps.
References
Adina Dwijayanti, P. P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/982/772
Hidayat, A., Wahyu, M. F., Andriyanto, L. P., & Samudra, Y. (2021). KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang Pelatihan Digital Marketing Dan E-Commerce Dengan Memanfaatkan Teknologi Internet Untuk Menambah Ide KOMMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 3(1), 13–19.
Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729
Istiatin, & Sudarwati. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Bisnis. Paradigma, 12, 2–3.
Kurniawan, F. P. (2018). Analisis Dampak Modal Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sektor Industri Pengolahan (Studi Pada UMKM di Kabupaten Sidoarjo. Jim Feb Ub, 7(1).
Mubarok, A., Hamzah, Y. S., Lestari, U. P., Malik, A., Negara, P., Wachid, A., Aziz, N., Putra, D. P., Tradisional, J., Bambu, U., Desa, D. I., Probolinggo, K., Rachmawati, D. A., Shije, P. R., & Fatwa, K. S. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sumberbendo , Kecamatan. Jurnal Bina Desa, 1(2017), 234–241. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jurnalbinadesa/article/view/31806
Nadya, M., Soewarno, Y., & Nirawati, L. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Umkm Griya Manik Di Desa Plumbon Jombang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 21–30.
Ngatirah, Nurjanah, D., & D, N. D. (2023a). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Pati Jahe Merah Sebagai Filler dalam Pembuatan Permen Jahe di KWT Srikandi. Surya Abdimas, 7(1), 43–52.
Ngatirah, Nurjanah, D., & D, N. D. (2023b). Pelatihan Teknologi Pengemasan Jahe Merah Instan Di Kelompok Wanita Tani Srikandi. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 732–740.
Oktaviani, L., Suaidah, Aldino, A. A., & Lestari, Y. T. (2022). Penerapan Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Marning. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 379–385.
Pelipa, E. D., & Marganingsih, A. (2020). Pelatihan E-Commerce Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Sintang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(2), 94–105. https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i2.900
Sari, R., Sayadi, H., & Komariah, S. (2021). Sosoalisasi Tantangan Usaha Kecil Di Era Digital Pada Pelaku Usaha Kecil Di Kelurahan Kenten Palembang. Suluh Abdi, 3(2), 89–93. https://jurnal.um-palembang.ac.id/suluh_abdi
Sumadi, S., & Fitria, T. N. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Berbasis Manajemen Organisasi Di Karang Anom Klaten. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 153–157. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1441
Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Equilibiria, 1(1), 95–108.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).