COACHING CLINIC SKRIPSI HACK BAGI MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14069Keywords:
Choacing Clinic, Thesis, Business Administration, Students.Abstract
Abstrak:Coaching Clinic merupakan layanan konsultasi dan pendampingan yang sangat penting bagi mahasiswa dalam memahami lebih lanjut tentang skripsi, mengonsultasikan judul skripsi, serta memahami beberapa proses dan kendala dalam pembuatan skripsi. Sebagai syarat kelulusan kuliah yang dikerjakan berdasarkan penelitian, skripsi menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan sosialisasi Coaching Clinic yang diadakan oleh Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, mahasiswa dapat memperoleh pandangan kedepan dalam penyusunan skripsi. Kegiatan sosialisasi ini diadakan dalam dua sesi pada tanggal 25 Februari 2023 dan 26 Februari 2023 di gedung Serbaguna FISIP Universitas Mulawarman. Dengan demikian, kegiatan Coaching Clinic menjadi sangat penting bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir mereka dengan baik dan memperoleh gelar sarjana yang diinginkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengalaman dalam penelitian. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah keterampilan diskusi, dan kemampuan berbicara di depan umum. Dalam hal ini, yang menjadi mitra dari kegiatan yaitu seluruh mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman dari angkatan 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021, dengan total keseluruhan peserta yang hadir yakni 177 mahasiswa Administrasi Bisnis. Metode pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan dengan cara penyampaian materi dan sharing mengenai skripsi dengan menggunakan metode ceramah dan berdiskusi secara berkelompok. Kegiatan ini mampu meningkatkan sebesar 84,2% pemahaman dan pandangan dalam pembuatan skripsi pada mahasiswa Administrasi Bisnis. Kegiatan ini juga mampu mendorong motivasi mahasiswa dalam pembuatan skripsi.
Abstract: The Coaching Clinic is an important consultation and mentoring service for students to gain a better understanding of their thesis, consult on their thesis title, and understand the processes and challenges of thesis writing. As a requirement for graduation based on research, the thesis presents a unique challenge for students. Therefore, with the socialization activities of the Coaching Clinic held by the Department of Business Administration, Faculty of Social and Political Sciences, Mulawarman University, students can gain a future perspective in the preparation of their thesis. This socialization activity was held in two sessions on February 25th and 26th, 2023, at the FISIP Mulawarman University Multipurpose Building. Thus, the Coaching Clinic becomes very important for students to complete their final assignments well and obtain the desired bachelor's degree. The aim of this activity is to improve understanding and experience in research. In addition, this activity also aims to provide opportunities for students to hone their discussion skills and public speaking abilities. In this case, the partner of the activity is all Business Administration students of Mulawarman University from the classes of 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 and 2021, with a total of 177 attending students. The method of implementing this socialization was done by delivering material and sharing about the thesis using lecture and group discussion methods. This activity was able to increase the understanding and perspective in thesis writing among Business Administration students by 84.2%. This activity also helps to boost students' motivation in completing their thesis.
References
Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 8(1), 75–85.
Andiwijaya, D., & Liauw, F. (2019). Pusat pengembangan kepercayaan diri. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 1695–1704.
Cahyani, Y. E., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan spiritualitas terhadap resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(1), 32–41.
Ermi, N. (2015). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Sorot, 10(2), 155–168.
Febrini, D. (2020). Editor: Samsudin, Bimbingan dan Konseling. Brimedia Global.
Helsa, Y., & Arlis, S. (2020). Seminar Ke SD-An (Dalam Pendidikan Tinggi Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis). Deepublish.
Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202.
Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prnsip Dasar Penelitian Ilmiah. Research Report.
Mania, S. (2008). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233.
Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.
Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Negara, E. S., Gurning, K., Situmorang, R. F. R., Tasnim, T., Sipayung, P. D., Sesilia, A. P., Rahayu, P. P., & Purba, B. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah. Yayasan Kita Menulis.
Purwanto, A., Fahmi, K., & Cahyono, Y. (2023). Coaching Clinic in Writing Scientific Articles for High Impact Journals–Part 1. Journal of Community Service and Engagement, 3(1), 27–32.
Shoffa, S. (2016). Penerapan Strategi Meaningful Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UM Surabaya pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), 137–143.
SITI, M. F. (2022). Strategi Komunikasi Dakwah Dai Kamtibmas Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Di Radio Rbk 104, 3 Fm Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Sutanto, F. A., & Pratisti, W. D. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kecemasan dalam Menyelesaikan Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), 105–113.
Wurara, C. N. C., Kimbal, A., & Kumayas, N. (2020). Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Kota Manado (Studi di Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Manado). Jurnal Eksekutif, 2(5).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).