KETERAMPILAN MEMBACA SASTRA MELALUI METODE QUANTUM TEACHING BAGI REMAJA MASJID
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14110Keywords:
reading skills, readability, reading literature, quantum teaching.Abstract
Abstrak: Kurangnya literasi dalam keterampilan membaca sastra pada remaja masjid di Kelurahan Bahagia Babelan, Bekasi menjadi landasan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan secara partisipatif yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca sastra (dongeng) dengan menggunakan metode pembelajaran quantum teaching. Kegiatan lokakarya ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam menjumlahkan data yang didapat dari pre-test dan post-test dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Metode pelatihan yang digunakan dengan beberapa tahapan yaitu: (1) metode ceramah dengan memberikan penjelasan mengenai cerita dongeng; (2) metode tanya jawab, peserta melakukan sesi bertanya mengenai literasi membaca; (3) metode simulasi, peserta mencari dan mempraktikan cara membaca dongeng cerita dengan menarik; and (4) metode mandiri, peserta membuat dan mendiskusikan hasil penulisan. Pre-test diberikan sebanyak 21 soal dalam bentuk pilihan berganda kepada 20 orang peserta remaja masjid di Kelurahan Bahagia Babelan untuk memenuhi desk evaluation yang berlangsung selama 3 jam. Pelatihan ini berupaya menerapkan model quantum teaching dengan memberikan pedoman mengenai tujuan, prosedur, dan aturan bersama dalam pelaksanaan proses pembelajaran membaca sastra. Pada awal pre-test memperoleh nilai rata-rata 53,05%, yang mana belum menunjukan hasil yang diharapkan. Pada post-test siklus I peserta mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan nilai rata-rata 72,41%. Kemudian pada post-test siklus II dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 85, 70%. Dengan demikian, pada akhir kegiatan program pelatihan ini menunjukan peningkatan hasil keterampilan membaca yang memuaskan. Para peserta remaja masjid di Kelurahan Bahagia Babelan dapat membaca dengan baik dan memahami makna yang terandung dalam bacaan cerita dongeng tersebut.
Abstract: The lack of literacy in literary reading skills of mosque teenagers in Bahagia Babelan Village, Bekasi forms the basis for this community service activity carried out in a participatory manner which aims to improve literary reading skills (fairy tales) using the quantum teaching learning method. This workshop activity was carried out using a qualitative and quantitative approach in summing up the data obtained from the pre-test and post-test in two cycles, each cycle was carried out in one meeting. The training method used with several stages, specifically: (1) lecture method by giving an explanation of fairy tales; (2) question and answer method, participants conduct a questioning session about reading literacy; (3) simulation method, participants find and practice how to read fairy tales with interesting stories; and (4) independent method, participants create and discuss the results of writing. The pre-test was given as many as 21 questions in the form of multiple choices to 20 mosque youth participants in Bahagia Babelan Village to fulfill the desk evaluation which lasted for 3 hours. This training attempted to apply the quantum teaching model by providing guidelines regarding the objectives, procedures, and rules together in the implementation of the learning process of reading literature. At the beginning of the pre-test obtained an average score of 53.05%, which had not shown the expected results. In the first cycle post-test, participants experienced an increase after using the quantum teaching learning model with an average value of 72.41%. Then in the post-test cycle II with an average value increased to 85, 70%. Thus, at the end of this training program activity showed an increase in the results of satisfactory reading skills. The mosque youth participants in Bahagia Babelan Village could read well and understand the meaning of the fairy tale reading.
References
Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395
Ansoriyah, S. (2021). Developing weblog design in Indonesian creative writing material. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan …. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/15391%0Ahttps://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/download/15391/9334
Ansoriyah, S., & Irawan, I. N. (2022). Penulisan Karya Ilmiah dalam Jaringan Bagi Guru Bahasa Indonesia. (JMM) Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(1). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6076
Ansoriyah, S., & Rahmat, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Populer Mahasiswa Melalui Pendekatan Whole Language dengan Pembuatan Media Story Board. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.21009/aksis.020103
Cahyaningrum, A. D., AD, Y., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363
Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.Com.
Edi, B. S., & Wardarita, R. (2021). Peran Dongeng dalam Menjaga Perilaku Sehat Ibu dan Anak di Masa Pandemi. Pena Medika Jurnal Kesehatan, 11(1). https://doi.org/10.31941/pmjk.v11i1.1575
Faj, N., Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2).
Fatoni, A. (2020). Menyoal kembali minat baca orang Indonesia. Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik, 0(0).
Ferdika, Suardana, I. M., & Rosyadi, M. I. (2020). Peningkatan Minat Baca Dan Menulis Aksara Jawa Melalui Metode Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Wirotaman Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Dasar, 5.
Iriani, P., Suprianti, Y., Susilawati, & Syafitri K, A. (2020). Pembuatan Taman Bacaan Sebagai Upaya Peningkatan Minat Literasi Anak-Anak dan Remaja Kampung Cisaroni - Desa Cikahuripan Lembang. Jurnal DIFUSI, 2(1). https://doi.org/10.35313/difusi.v2i1.1813
Leiliyanti, E., Irawan, I. N., & Syahputra, Z. (2021). Pelatihan Membaca Kritis / Literasi Kritis Teks Naratif Bagi Guru SMP Pendidik Penggerak Indonesia Jaya. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1).
Mau, M. L. (2021). Meningkatkan Sikap Kebangsaan Peserta Didik Melalui Pendidikan Kristiani dengan Pendekatan Model Quantum Teaching. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 4(1). https://doi.org/10.47167/kharis.v4i1.89
Noerharijanti, D. A., Sodiawati, I., & KS, Y. W. (2016). Program Kreatif Ayo Membaca, Menumbuhkan Minat Baca Melalui Strategi Spiral Habits. Jurnal Akrab, 7(1).
Nur, A. M., Mubarok, Y., Washadi, W., & Risnawati, E. (2020). Pelatihan Penulisan Cerpen Remaja pada Siswa SMP Negeri 8 Kota Tangerang Selatan. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.910
Pratama, F. A. (2018). 2018.pdf. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akutansi), 6.
Puteri, D. A. (2019). Penerapan Metode Quantum Writer untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa SMK Telekomunikasi Darul’ulum. Sarasvati, 1(2). https://doi.org/10.30742/sv.v1i2.744
Sarjoko, S., & Demitra, D. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Handep Berpasangan Berdasarkan Kaidah Quantum Teaching. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(1). https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i1.22710
Susanti, Y. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Melalui Model Quantum Teaching di MAN 3 Padang Panjang. Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics, 1(1). https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v1i1.1525
Tafonao, T. (2018). Penerapan Metode Pengajaran Efektif Menurut Teori Quantum Teaching. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol 3 (1), 2018 ISSN 2541-0261, 3(1).
We Are Social. (2021). Digital 2021 WeAreSocial. Global Digital Insights.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).