PELATIHAN PENULISAN PKM PADA MAHASISWA AKUNTANSI GUNA MENDUKUNG PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Authors

  • Lesi Hertati Fakultas Ekonomi Akuntansi Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Lilis Puspitawati Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Program Studi Akuntansi Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14158

Keywords:

Training, Community Service Writing, Accounting Student, Independent Campus Learning Program, Educate Students.

Abstract

Abstrak: Pentingnya kegiatan ini dilaksanakan guna mendorong mahasiwa mengembangkan keterampilan, sikap untuk masa depan dilingkungan masyarakat agar dapat berinteraksi dengan masyarakat dari latar belakang yang berbeda serta dapat menginspirasi mereka untuk menjadi agen perubahan yang positif di masyarakat. Kegiatan ini mendukung program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang ditetapkan Kemenristek dikti berdasarkan publikasi masing-masing perguruan tinggi dan cara mensosialisasikan inovasi riset dalam pengabdian kepada masyarakat. Tujuan pelatihan ini mevaluasi kompetensi mitra secara menyeluruh untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Secara umum mitra belum memenuhi persyaratan hard skill yang dibutuhkan dalam pekerjaannya seperti pengembangan produk digital marketing, aliran kas, laporan keuangan online sangat penting guna mengenal hasil industri kreatif dan berinteraksi dengan pelanggan secara luas. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini konteks lokal dan solusi yang relevan pada masalah yang dihadapi masyarakat guna peningkatan skill, seperti dukungan Perguruan Tinggi dan lingkungan kerja yang harmonis. Peserta pelatihan terdiri dari 150 mahasiswa program studi akuntansi angkatan 2020-2021 Universitas Indo Global Mandiri. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket pre-test dan post-test, dan dokumentasi. Pelatihan pengembangan kapasitas mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Indo Global Mandiri terselenggara dengan lancar. Materi pelatihan modul gambaran dalam menyiapkan ide, rancangan, draft, dan praktik menulis pengabdian masyarakat dalam menggambarkan kegiatan yang dipilih.

Abstract: The importance of this activity is to encourage students to develop skills and attitudes for the future in the community so that they can interact with people from different backgrounds and can inspire them to become agents of positive change in society. This activity supports the government program Merdeka Learning Kampus Merdeka which was established by the Ministry of Research, Technology and Higher Education based on the publications of each tertiary institution and how to socialize research innovations in community service. The aim of this training is to evaluate partner competencies as a whole to identify areas that need improvement. In general, partners have not met the hard skill requirements needed in their work such as digital marketing product development, cash flow, online financial reports which are very important for getting to know the results of the creative industry and interacting with customers broadly. The methods used in this training are local contexts and relevant solutions to problems faced by the community in order to improve skills, such as university support and a harmonious work environment. The training participants consisted of 150 students of the accounting study program batch 2020-2021 at Indo Global Mandiri University. Data collection uses observation, pre-test and post-test questionnaires, and documentation. The capacity building training for students of the Indo Global Mandiri University Accounting Study Program was held smoothly. Outline module training material in preparing ideas, designs, drafts, and practice writing community service in describing selected activities.

Author Biography

Lesi Hertati, Fakultas Ekonomi Akuntansi Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Lecture akuntansing

References

Arifin, A. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin diperguruan tinggi. EDUTECH ilmu pendidikan dan ilmu sosial, 3 No 1(1), 117–132.

Astutik, D., Yuhastina, Y., Ghufronudin, G., & Parahita, B. N. (2022). Guru Dan Proses Pendidikan Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 46–54. https://doi.org/ 10.24246/j.js.2022.v12.i1.p46-54

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/591

Berliana, E., Nurhalizah, N., Wahyuni, N., & Hertati, L. (2022). Peran Dunia Digital Sistem Informasi Manajemen Pembelanjaan Online Dan Offline Yang Bekerja Melayani Konsumen. Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 44–55. https://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/glow/indexhttps://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/glow/index%7C44

Bourgonjon, J., De Grove, F., De Smet, C., Van Looy, J., Soetaert, R., & Valcke, M. (2013). Acceptance of game-based learning by secondary school teachers. Computers and Education, 67, 21–35. https://doi.org/ 10.1016/ j.compedu. 2013.02.010

Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Indikator Kinerja Utama perguruan Tinggi Negeri. Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, 1–42.

Fatimah, D., Isfiaty, T., Dharmawan, C., Derwentyana, R., & Maharlika, F. (2022). Penguatan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Program Studi Desain Interior-Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Pendidikan, 10(2), 189–198. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/1883%0Ahttps://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/download/1883/1063

Hertati, L., Mustopa, I. M., Widiyanti, M., & Safkaur, O. (2021). Pengujian Empiris Bagaimana Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi di Era Revolusi Industri 4.0 Dipengaruhi oleh Struktur Organisasi (Survei pada Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia). Kajian Akuntansi, 22(2), 2013–2015.

Hertati, L., & Syafitri, L. (2022). Implementing Management Accounting Information Systems using Software Applications and its Implications on Individual Performance. 104–116.

Hertati, L., Syafitri, L., & Tripermata, L. (2023). Digitalisasi Industri Kreatif Bisnis Plan Limbah Alam Era Pademi Covid-19 7(1), 1–2.

Hertati, L., Zarkasyih, W., Suharman, H., & Umar, H. (2019). the Effect of Human Resource Ethics on Financial Reporting Implications for Good Government Governance (Survey of Related Sub-Units in State-Owned Enterprises in Sumsel). International Journal of Economics and Financial Issues, 9(4), 367–376. https://doi.org/10.32479/ijefi.8466

Hinampas, R. T., Murillo, C. R., Tan, D. A., & Layosa, R. U. (2018). Blended learning approach: Effect on students’ academic achievement and practical skills in science laboratories. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(11), 63–69.

Hunaepi, H., Firdaus, L., Samsuri, T., Susantini, E., & Raharjo, R. (2020). Efektifitas Perangat Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 269–281. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p269-281

Industri, R. (2020). Fitrah: Journal of Islamic Education Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Article History. 1(1), 141–157. http:// jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah

Kemdikbud. (2020). Strategi Implementasi BKP Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi. 1–61. https://webinar.darmajaya.ac.id/go/wp-content/uploads/2020/11/Strategi-BKP-MBKM-dalam-KPT.pdf

Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., & Kartakusuma, B. (2022). Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu. 6(1), 738–748.

Lathif, N., Garnasih, Y., Milono, Y. K., Siswajanthy, F., Handoyo, S., & Wijaya, M. M. (2022). Implementasi Program Kebijakan Mbkm Untuk Menciptakan Karakter Mahasiswa Fakultas Hukum Yang Profesional. Palar | Pakuan Law Review, 8(1), 277–293. https://doi.org/10.33751/palar.v8i1.4805

Lichy, J., & Khvatova, T. (2019). Rethinking solutions for re-balancing the education–job mismatch. Journal of Management Development, 38(9), 733–754. https://doi.org/10.1108/JMD-03-2018-0070

Mulyana, M., Wahyudin, Y., Lesmana, D., Muarif, M., Mumpuni, F. S., & Farastuti, E. R. (2022). Evaluasi Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Bidang Studi Akuakultur. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1551–1564. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2182

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar†Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Nagro, S. A., Fraser, D. W., & Hooks, S. D. (2019). Lesson Planning With Engagement in Mind: Proactive Classroom Management Strategies for Curriculum Instruction. Intervention in School and Clinic, 54(3), 131–140. https://doi.org/ 10.1177/ 1053451218767905

Nanggala, A., & Suryadi, K. (2021). Analisis Konsep Kampus Merdeka Dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme Dan Perenialisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 14–26.

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundation, Principles and Issues, Seventh Edition. In Pearson Education.

Priatmoko, S., & Dzakiyyah, N. I. (2020). Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0 Dalam Perspektif Experiential Learning Theory. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1. https:// doi.org/10.30736/atl.v4i1.120

Purnamasari, E., & Hartati, L. (2023). yang sudah ada secara kreatif serta inovatif yang mana dapat mampu pelaksanaan pelatihan didesa ulak paceh jaya tersebut . tingginya tingkat para persaingan di dalam dunia perbisnisan yang. 7(2), 1198–1205.

Puspitawati, L., Cahyani, N., & Hertati, L. (2022). Peningkatan tata kelola keuangan agrowisata desa cimande melalui digitalisasi bisnis. 6(3), 171–179.

Rabiah, S., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2022). Pengaruh Basis Pemberdayaan Masyarakat Desa Terhadap Kreativitas Kelompok Masyarakat Desa Guna Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Desa Era Covid-19. Indonesia Berdaya, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.47679/ib.2022171

Riset, P., Inovasi, D. A. N., & Masyarakat, P. (2022). Mahasiswa Indo Global Mandiri Mendaping Para Tunawisma Bertahan Hidup Pada Perkumpulan Sikh. 2(1), 40–51.

Riya Widayanti, & Alvian Thedy. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Program Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul. Jurnal Abdimas, 8(2), 124.

Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Jurnal Nasional Hukum, 7(2), 425–434.

Sabatini, S. N., Novianri, P. P., & Amijaya, S. Y. (2022). Strategi Adaptasi Penerapan Program MBKM yang Kolaboratif dan Partisipatif. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 182–192. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p182-192

Safkaur, O., & Hertati, L. (2020). Perubahan Struktur Modal Menyebabkan Perubahan Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu Keuangan dan Perbankan (JIKA), 9(2), 93–106. https://doi.org/10.34010/jika.v9i2.2713

Satiti, A. D. R., & Falikhatun, F. (2022). Accounting Curriculum Evaluation in Implementation Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 11(1), 21. https://doi.org/10.25273/jap.v11i1.9880

Shasrini, T., Zaini, M., & Riau, U. I. (2023). UU ITE Counseling No . 19 of 2016 " Wisely Using Social Media Among MTs YLPI Rohul Students " Penyuluhan UU ITE No . 19 Tahun 2016 “ Bijak Menggunakan Media Sosial Dikalangan Siswa-Siswi MTs YLPI Rohul .†7(1), 42–47.

Shobaruddin, M., & Hendrawan, M. R. (2022). Optimalisasi website badan usaha milik desa dilingkup kabupaten berbasis literasi digital Info Artikel Abstrak Program pengembangan literasi yang secara khusus dalam ranah literasi digital pada saat ini menjadi bentuk dari pelaksanaan program pendukung pe. 5(36), 511–522. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.16249

Smp, U. G., & Karawang, S. T. (2023). Guidance and Counseling on Learning Media Innovations For Middle School Teachers at the Telukjambe Karawang Commissariat Bimbingan dan Penyuluhan Inovasi Media Pembelajaran. 7(1), 62–67.

Solihin, R., & Yuneline, M. H. (2023). Saing Umkm Pertanian Yang Terdampak Pandemi. 7(1), 6–11.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Syabitha, F. N., Tsabita, P., Hertati, L., & Heryati, A. (2022). Indo Global Mandiri Kegiatan Pidal Kayu ( Pinus Design Limbah Kayu ) Pkm Kewirausahaan. 2(2), 56–67.

Syafitri, L., Asmawati, Hendarmin, R., & Hartati, L. (2021). Metode Belajar Online Terhadap Tingkat Kecerdasan Anak Sd Era Pademi Covid-19. Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 57–68. https:// doi.org/ 10.55047/ prima.v1i1.31

Yasri, D., Arya, E. H., & Mais, H. (2023). Assistance in Making Interactive Learning Using Online Media for Teachers of SDN 24 Pinggir Pendampingan Pembuatan Pembelajaran Interaktif Dengan Pemanfaatan Media Online Bagi Guru SDN 24 Pinggir. 7(1), 27–34.

Published

2023-06-03

Issue

Section

Articles