PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PREZI BAGI GURU
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14277Keywords:
Prezi, Interactive Learning Media, Creative Presentation.Abstract
Abstrak: Penggunaan media pembelajaran yang baik menjadi salah satu pilar yang mendukung keberhasilan pembelajaran. Prezi merupakan salah satu media yang menonjolkan fitur-fitur presentasi yang berbeda dari aplikasi lainnya dengan tujuan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Kegiatan pengabdian ini difokuskan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Prezi. Metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada 16 guru di MTs Muhammadiyah Mandalle secara luring. Tingkat keberhasilan pelatihan dilihat dari kemampuan peserta untuk menghasilkan produk berupa media presentasi interaktif menggunakan aplikasi Prezi, serta persepsi peserta terhadap pelatihan yang diperoleh melalui angket yang dibagikan di akhir pelatihan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 15 dari 16 peserta atau 93.75% guru telah mampu mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan dalam aplikasi Prezi. Selain itu, peserta pelatihan memberikan persepsi yang sangat baik terhadap jalannya pelatihan ini. Pelatihan semacam ini diharapkan lebih banyak dilaksanakan agar guru dapat terus meningkatkan kompetensi mengajarnya dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran di kelas.
Abstract: The use of good learning media is one of the pillars that supports successful learning. Prezi is a media that highlights presentation features that are different from other applications with the aim of making learning more interesting. This community service activity focuses on providing teachers with knowledge and skills in developing Prezi-based learning media according. The method used is workshop and mentoring given to 16 teachers at MTs Muhammadiyah Mandalle offline. The success of the training can be seen from the ability of the participants to produce an interactive presentation product using the Prezi application, as well as the participants' perceptions of the training which is obtained through a questionnaire distributed to the participants at the end of the training. The results show that 15 out of 16 trainees or 93.75% of the teachers have been able to develop interactive learning media by utilizing the features offered in the Prezi application. In addition, the training participants gave a very good perception of the course of this training. It is hoped that more training of this kind will be carried out in the future so that teachers can continue to improve their teaching competence by integrating technology into classroom learning.
References
Akgün, Ö. E., Babur, A., & Albayrak, E. (2016). effects of lectures with powerpoint or prezi presentations on cognitive load, recall, and conceptual learning. International Online Journal of Educational Sciences, 8(3),1–11. https://doi.org/10.15345/iojes.2016.03.001
Anam, K. (2015). Pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Junal Pendidikan Islam, 4(2), 1–16. http://dx.doi.org/10.30651/td.v4i2.984
Atmajaya, Y. T. (2017). Pentingnya media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran, 3(1), 69–72.
Ikram, A. F. Z., Elvia, R., & Handayani, D. (2021). Pengaruh pemanfaatan media presentasi online prezi pada materi konsep mol terhadap hasil belajar siswa (studi eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 9 Bengkulu Utara). Alotrop, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16488
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains. 3(2), 312–325. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1373
Meidina, R., & Rizal (2019). Pengaruh media pembelajaran berbasis prezi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran dasar – dasar konstruksi bangunan di kelas X TGB SMKN 5 Padang. CIVED, 6(3), 1–7. https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106230
Nainggolan, M. F., Lyna Girsang, M., Shalihat, H. M., & Tampubolon, T. (2021). Analisis kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran digital pada masa adaptasi kebiasaan baru di sdn 105377 naga kisar Kec. Pantai Cermin T.A. 2020/2021. 6(1), 144–152. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i2.2303
Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205–221. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Nursita, L., Alifa, R. N., & Akmal, A. (2022). Komparasi penggunaan aplikasi prezi vs microsoft power point sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.556
Nuryadin, E., & Tamam, M. Z. B. (2018). Pengaruh media prezi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan pada manusia (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2018/2019). Bio Education, 3(1), 82–89.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i1.1079
Pebrianti, F. (2019). Kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (SEMIBA). 93–98
Riduwan. (2017). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rodhi, M. Y., Jurusan Fisika, W., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2014). Pengembangan media pembelajara berbasis prezi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(02), 205-221.
Sari, E. R. N., & Fauzi, R. U. A. (2019). Implementation of prezi media to improve understanding of students in english learning. Al-Lisan, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.30603/al.v4i1.550
Strasser, N. (2014). Using prezi in higher education. journal of college teaching & learning (TLC), 11(2), 95–98. https://doi.org/10.19030/tlc.v11i2.8547
Sukmowati, D., Winarno, & Suryono, H. (2017). Perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran prezi dan power point terhadap minat belajar siswa (studi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017). Jurnal Educitizen, 2(2), 1–14.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61-78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).