PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PREZI BAGI GURU

Authors

  • Nurazmi Nurazmi Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ardiana Ardiana Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ariana Ariana Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14277

Keywords:

Prezi, Interactive Learning Media, Creative Presentation.

Abstract

Abstrak: Penggunaan media pembelajaran yang baik menjadi salah satu pilar yang mendukung keberhasilan pembelajaran. Prezi merupakan salah satu media yang menonjolkan fitur-fitur presentasi yang berbeda dari aplikasi lainnya dengan tujuan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Kegiatan pengabdian ini difokuskan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Prezi. Metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada 16 guru di MTs Muhammadiyah Mandalle secara luring. Tingkat keberhasilan pelatihan dilihat dari kemampuan peserta untuk menghasilkan produk berupa media presentasi interaktif menggunakan aplikasi Prezi, serta persepsi peserta terhadap pelatihan yang diperoleh melalui angket yang dibagikan di akhir pelatihan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 15 dari 16 peserta atau 93.75% guru telah mampu mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan dalam aplikasi Prezi. Selain itu, peserta pelatihan memberikan persepsi yang sangat baik terhadap jalannya pelatihan ini. Pelatihan semacam ini diharapkan lebih banyak dilaksanakan agar guru dapat terus meningkatkan kompetensi mengajarnya dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran di kelas.

Abstract: The use of good learning media is one of the pillars that supports successful learning. Prezi is a media that highlights presentation features that are different from other applications with the aim of making learning more interesting. This community service activity focuses on providing teachers with knowledge and skills in developing Prezi-based learning media according. The method used is workshop and mentoring given to 16 teachers at MTs Muhammadiyah Mandalle offline. The success of the training can be seen from the ability of the participants to produce an interactive presentation product using the Prezi application, as well as the participants' perceptions of the training which is obtained through a questionnaire distributed to the participants at the end of the training. The results show that 15 out of 16 trainees or 93.75% of the teachers have been able to develop interactive learning media by utilizing the features offered in the Prezi application. In addition, the training participants gave a very good perception of the course of this training. It is hoped that more training of this kind will be carried out in the future so that teachers can continue to improve their teaching competence by integrating technology into classroom learning.

References

Akgün, Ö. E., Babur, A., & Albayrak, E. (2016). effects of lectures with powerpoint or prezi presentations on cognitive load, recall, and conceptual learning. International Online Journal of Educational Sciences, 8(3),1–11. https://doi.org/10.15345/iojes.2016.03.001

Anam, K. (2015). Pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Junal Pendidikan Islam, 4(2), 1–16. http://dx.doi.org/10.30651/td.v4i2.984

Atmajaya, Y. T. (2017). Pentingnya media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran, 3(1), 69–72.

Ikram, A. F. Z., Elvia, R., & Handayani, D. (2021). Pengaruh pemanfaatan media presentasi online prezi pada materi konsep mol terhadap hasil belajar siswa (studi eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 9 Bengkulu Utara). Alotrop, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16488

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains. 3(2), 312–325. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1373

Meidina, R., & Rizal (2019). Pengaruh media pembelajaran berbasis prezi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran dasar – dasar konstruksi bangunan di kelas X TGB SMKN 5 Padang. CIVED, 6(3), 1–7. https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106230

Nainggolan, M. F., Lyna Girsang, M., Shalihat, H. M., & Tampubolon, T. (2021). Analisis kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran digital pada masa adaptasi kebiasaan baru di sdn 105377 naga kisar Kec. Pantai Cermin T.A. 2020/2021. 6(1), 144–152. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i2.2303

Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205–221. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nursita, L., Alifa, R. N., & Akmal, A. (2022). Komparasi penggunaan aplikasi prezi vs microsoft power point sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.556

Nuryadin, E., & Tamam, M. Z. B. (2018). Pengaruh media prezi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan pada manusia (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2018/2019). Bio Education, 3(1), 82–89.

DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i1.1079

Pebrianti, F. (2019). Kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (SEMIBA). 93–98

Riduwan. (2017). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rodhi, M. Y., Jurusan Fisika, W., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2014). Pengembangan media pembelajara berbasis prezi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(02), 205-221.

Sari, E. R. N., & Fauzi, R. U. A. (2019). Implementation of prezi media to improve understanding of students in english learning. Al-Lisan, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.30603/al.v4i1.550

Strasser, N. (2014). Using prezi in higher education. journal of college teaching & learning (TLC), 11(2), 95–98. https://doi.org/10.19030/tlc.v11i2.8547

Sukmowati, D., Winarno, & Suryono, H. (2017). Perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran prezi dan power point terhadap minat belajar siswa (studi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017). Jurnal Educitizen, 2(2), 1–14.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61-78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Published

2023-06-03

Issue

Section

Articles