IMPLEMENTASI TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNTUK MENUNJANG DALAM KESIAPAN PERBAIKAN HASIL AKREDITASI SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Arum Fatayan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA
  • Abd Rahman A Ghani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA
  • Safrul Safrul Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14360

Keywords:

Evaluation, School accreditation, Strategy.

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penguatan mengenai penting nya peningkatan akreditasi dan bagaimana menjngkatkan kualitas sekolah kepada MTs dan MA Aziziyyah Ciledug, Kelurahan Sudimara Selatan, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Banten. Terkait Implementasi Tenaga Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Untuk Menunjang Dalam Kesiapan Perbaikan Hasil Akreditasi Sekolah pengabdian masyarakat berlangsung dengan memberikan kesempatan kepada setiap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan akreditasi sekolah dengan melakukan metode pelatihan kepada peseta para dewan guru yang berjumlah 45 orang agar dalam menghadapi akreditasi Sekolah kelak sudah siap dalam setiap standar akreditasi yang ada. Penting nya kegiatan ini dilaksanakan karena kita perlu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para guru dan pihak sekolah akan penting nya peningkatan akreditasi dan meningkatkan kualitas sekolah melalui kegiatan seminar ini.

Abstract: This community service activity aims to provide reinforcement regarding the importance of increasing accreditation and how to improve school quality for MTs and MA Aziziyyah Ciledug, Sudimara Selatan Village, Ciledug District, Tangerang City, Banten. Regarding the Implementation of Educators and Education Personnel to Support the Readiness to Improve School Accreditation Results, community service takes place by providing an opportunity for every teaching staff and education staff to improve school accreditation by conducting training methods for 45 teacher council members so that they can face school accreditation later it will be ready in every existing accreditation standard. The importance of this activity is carried out because we need to increase the awareness and knowledge of teachers and the school about the importance of increasing accreditation and improving the quality of schools through this seminar.

References

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Azizah, L., & Witri, S. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Total Quality Management dalam Program Akreditasi Sekolah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 69–78. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.263

Daniel L. Stufflebeam. (2003). Institutionalizing Evaluation in Schools. Kluwer Academic Publishers.

Dinihari, Y., Suseno, M., & Setiadi, S. (2021). Evaluasi Hasil Akreditasi Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah Dki Jakarta. Jurnal Holistika, 85–96. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/11306%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/11306/6478

Ghani, A. R. A., Fatayan, A., Azhar, N. C., & Ayu, S. (2022). Evaluation of technology-based learning in an Islamic school. 20(3), 190–195.

Hasyim Asy’ari, Zahrotul Munawwaroh, & Ulul Azmi. (2021). Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 143–162. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.124

Karyanto, U. G., Rahman, A., & Darwin, D. (2015). Implikasi Akreditasi Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Tata Kelola Smk Negeri 1 Oku. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 7(2), 43–57.

Lestari, E, T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan (G. D. Ayu (ed.)). Budi Utama.

Marjuki, M., Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2018). Pengembangan model akreditasi sekolah menengah atas /madrasah aliyah (SMA/MA). Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 105. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.9860

Nakaya, A. (2018). Overcoming Ethnic Conflict through Multicultural Education: The Case of West Kalimantan, Indonesia social identity Multicultural Education, Transformative Citizenship Education, and Social Identity Methods Multiculturalism in Indonesia’s Education System . International Journal of Multicultural Education, 20(1), 118–137.

Octaviani, P. A., Yuciana Wilandari, & Ispriyanti, D. (2014). Penerapan Metode Klasifikasi Support Vector Machine (SVM) pada Data Akreditasi Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Magelang. Jurnal Gaussian, 3(8), 811–820. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=286497&val=4706&title=PENERAPAN METODE KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) PADA DATA AKREDITASI SEKOLAH DASAR (SD) DI KABUPATEN MAGELANG

Retnasari, L., Setyaningrum, D., & Prasetyo, D. (2022). Culture of the School Literacy Movement (GLS) for Students in Elementary Schools to Realize the 2045 Golden Generation. 8(1), 179–189.

Widodo, H. (2019). Penguatan pendidikan karakter di sd muhammadiyah macanan sleman yogyakarta. 22(1), 40–51.

Published

2023-06-03

Issue

Section

Articles