STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DAN PENINGKATAN KINERJA DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL PADA UMKM CAFÉ TIRTASARI KOTA PADANG

Authors

  • Emil Salim Universitas Putra Indonesia YPTK Padang http://orcid.org/0000-0002-1825-0097
  • Halifia Hendri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Riska Robianto Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1461

Keywords:

Business development, Performance improvement, Digital era

Abstract

Abstrak: Pengabdian kepada masyarakat ini tujuan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan kinerja karyawan dalam menghadapi era digital saat ini. Strategi yang digunakan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan omzet pada era digital saat ini sangat berbeda dengan era-era sebelumnya. Pada era digital ini lebih banyak memanfaatkan media digital (online) baik itu dari segi promosi, layanan maupun penjualan. Strategi pengembangan usaha yang diberikan adalah dengan cara mendaftarkan Café tersebut ke aplikasi pengantar makanan online seperti Go-Food dan Grab-Food agar konsumen dapat berbelanja secara online. Selain itu, untuk metode promosi lebih baik menggunakan media sosial seperti Facebook (FB) dan Instagram (IG). Metode untuk peningkatan kinerja adalah dengan cara memberikan bonus kepada karayawan yang rajin dan disiplin. Berdasarkan pengamatan tingkat pemahaman mitra rata-rata sebesar 70%. Hasil yang diperoleh oleh mitra setelah 3 bulan menerapkan metode ini adalah meningkatnya omzet penjualan sebesar 40% dari sebelumnya.

Abstract:  Devotion to this community aims to develop business and improve the performance of employees in the face of the current digital era. The strategy used to grow the business and increase the turnover in the current digital period is very different from the previous ages. In this digital era, more utilizing digital media (online), both in terms of promotion, service, and sales. The business development strategy provided is to register the Café to an online food introduction application such as Go-Food and Grab-Food so that consumers can shop online. Besides, for a better method of promotion using social media such as Facebook (FB) and Instagram (IG). The method for performance enhancement is to provide bonuses to diligent and disciplined employees. Based on the average partner's understanding rate of 70%. The results obtained by the partner after three months of implementing this method is an increase in sales turnover of 40% than before.

Author Biographies

Emil Salim, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

 

Halifia Hendri, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Fakultas Ilmu Komputer

Riska Robianto, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Fakultas Ilmu Komputer

References

Alam, P. T., Mitra, D., & Magetan, R. (2018). Analisis Pengaruh Karakteristik Individu Dan Karakteristik Organisasi Terhadap Pengembangan Karier Pegawai Pada Pt. Alam Damai Mitra Raya Magetan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 12(2), 148–158.

Ayuni, R. F. (2019). the Online Shopping Habits and E-Loyalty of Gen Z As Natives in the Digital Era. Journal of Indonesian Economy and Business, 34(2), 168. https://doi.org/10.22146/jieb.39848

Bagus Nyoman Udayana, I., & Farida, N. (2019). the Factors Which Influence the Relationship Between a Network’S Synergizing Capability and the Increase in a Salesperson’S Performance. Journal of Indonesian Economy and Business, 34(2), 131. https://doi.org/10.22146/jieb.29221

Gurmilang, A. (2015). Komunikasi Pemasaran Sebagai Metode Promosi untuk Usaha Kecil Menengah. Widyakala Journal, 2(1), 126. https://doi.org/10.36262/widyakala.v2i1.16

Islami, I. N., & Nahartyo, E. (2019). Do Leadership Styles Moderate the Relationship of Organizational Commitment and Budgetary Slack? an Experimental Approach. Journal of Indonesian Economy and Business, 34(2), 150. https://doi.org/10.22146/jieb.32285

Kurniawati, E., Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2019). Penyuluhan Arti Pentingnya Merk Dagang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(1), 66. https://doi.org/10.31764/jmm.v2i1.1350

Kusasih, Mutmainah, & Dewi. (2018). Analisis Kualitas Dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 12, 159–168.

Mulyana, M. (2010). Manajemen sumber daya manusia (sdm) ritel dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Jurnal Ilmiah Ranggagading, Volume 10(October 2010), 164–170 MANAJEMEN.

Perusahaan, L., & Suseno, Y. D. (2013). 3) 1, 2, 3). 169–183.

Primanto, A. B., & Dharmmesta, B. S. (2019). What Happens After They Laugh: How Humorous Advertisements Have an Effect on Consumers’ Attitudes, Word of Mouth Intentions, and Purchase Intentions, With the Need for Humor Playing a Moderating Role. Journal of Indonesian Economy and Business, 34(2), 117. https://doi.org/10.22146/jieb.23036

Qustolani, A. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja, Keadilan Prosedural Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 4(2), 78–86.

Roring, F., Oroh, S., & Gulla, R. (2015). Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1313–1322.

Sadeli, A. H. (2018). Manajemen Usaha Home Industry Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Dharmakarya, 7(1). https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v7i1.11866

Setyawati, N. W., & Woelandari P.G, D. S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendampingan Program Kerja Berbasis Manajemen Lingkungan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(2), 73. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1080

Susanti, V. D., Nur Hidayati, S. Q., & Putri, A. N. (2018). Pelatihan “Basho Kanel†Baby Shoes Kain Flanel Sebagai Bekal Wirausaha Mandiri Bagi Remaja Putri Panti Asuhan Siti Hajar Madiun. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 203. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1428

Weenas, J. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 607–618.

Wiandari, I. A. A., & Darma, G. S. (2017). Kepemimpinan, Total Quality Management, Perilaku Produktif Karyawan, Kinerja Karyawan dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 14(2), 61–78.

Published

2020-03-01

Issue

Section

Articles