OPTIMALISASI PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA DI TURENG, REOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14811Keywords:
Learning Assistance.Abstract
Abstrak: Pandemik Covid-19 memberikan banyak dampak buruk bagi kehidupan masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka langsung antara guru dan murid, berubah menjadi pembelajaran daring. Kegiatan pembelajaran daring ini tentunya hanya memungkinkan bagi daerah-daerah yang keadaan ekonomi dan kemajuan IPTEKnya memadai. Untuk lembaga pendidikan yang berada di daerah yang tidak memungkinkan pelaksanaan pembelajaran secara daring, maka solusi satu-satunya adalah dengan belajar dari rumah tanpa dampingan dari guru dengan harapan orang tua siswa dapat mendampingi anak mereka untuk belajar. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang tua siswa tidak mendampingi anak untuk belajar dikarenakan kurangnya waktu dan kemampuan mereka dalam mendampingi anak dalam belajar. Akibatnya, kemampuan anak dalam memahami materi yang dipelajari secara mandiri dangat rendah sehingga dibutuhkan kegiatan pendampingan belajar agar mereka dapat mempelajari ulang materi tersebut. Kegiatan pendampingan belajar ini dilakukan di SDI Tureng, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai dengan jumlah siswa yang terlibat sebanyak 20 oramg. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, meningkatkan kemampuan pemahaman materi matematika yang mereka pelajari ketika masa pandemik, sehingga dapat membantu permasalahan yang dialami siswa Sekolah Dasar Impres Tureng kelas VI dalam memahami materi matematika. Metode kegiatan dilakukan dengan cara mengajar (mendampingi) secara langsung dan tatap muka. Kegiatan yang dilakukan berupa pemberian penjelasan tentang materi-materi kelas V yang mereka pelajari ketika massa pandemik dan peralihan serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan latihan soal untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami materi. Kegiatan dilakukan di dua tempat yaitu di rumah warga dan di sekolah. Pelaksanaan kegiatan dilakukan sore hari. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa dapat memahami materi matematika kelas V yang sebelumnya tidak dapat mereka pelajari secara optimal di tahun ajaran 2020/2021. Hasil ini diukur dengan menggunakan nilai pretest dan postest. Berdasarkan hasil pretest dan postest ini, rata-rata peningkatkan kemampuan pemahaman siswa sebesar 45,9%.
Abstract: The Covid-19 pandemic has had many negative impacts on people's lives, especially in the field of education. Learning activities that were initially carried out face-to-face between teachers and students, turned into courageous learning. This online learning activity is of course only possible for regions with adequate economic conditions and scientific and technological progress. For educational institutions located in areas where learning is not possible, the only solution is to study from home without the assistance of a teacher in the hope that parents can accompany their children to study. However, it is possible that parents of students do not accompany their children to study due to lack of time and their ability to accompany children in learning. As a result, children's ability to understand material that is studied independently is very low, so learning assistance activities are needed so that they can re-learn the material. This learning assistance activity was carried out at SDI Tureng, West Reok District, Manggarai Regency with a total of 20 students involved. This mentoring activity was carried out with the aim of fostering student learning motivation, increasing their ability to understand the mathematical material they studied during the pandemic, so that it could help with problems that occurred in class VI students of Impres Tureng Elementary School in understanding mathematics material. The activity method is carried out by teaching (accompanying) directly and face to face. The activities carried out were in the form of providing explanations about the class V material they learned during the pandemic and transition period and providing opportunities for students to complete practice questions to improve their ability to understand the material. Activities carried out in two places, namely in residents' homes and at school. The activities are carried out in the afternoon. The result of this activity is that students can understand grade V math material that they previously could not learn optimally in the 2020/2021 school year. These results were measured using pretest and posttest scores. Based on the results of this pretest and posttest, the average increase in students' comprehension ability is 45.9%.
References
Agustina, E., Rohmah, A., & Kuspiyah, H. R. (2019). Pendampingan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Bakti Sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.415
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Handayani, T., Khasanah, H. N., Yosintha, R., Tidar, U., Artikel, H., Tegalarum, D., & Tegalarum, D. (2020). Abdipraja : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19 Peran Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. 1(1), 107–115.
Hidayat, R. (2019). Buku Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya†(1st ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Hidayati, A., Azizah, N., Maimuna, M., Ulumuddin, D. I., & Aisyah, U. N. (2022). Pendampingan Belajar Matematika Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Game Counting Bunny untuk Peserta Bimbel di Rumah Belajar Matematika. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 93–99. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2815
Muslina. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Sd Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 111–117. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.55
Nadziroh, Chairiyah, & Pratomo, W. (2018). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan Di Indonesia. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(3), 400–405.
Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–59. https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635
Prameswati, Laudria Nanda; Nafi’ah, I. M., & Purwono, P. Y. (2021). Program Pendampingan Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 3(1), 18–24.
Sabela, R., Oktaviani, T., & Saryanto, S. (2022). Pendampingan Belajar dan Efektifitas Pendampingan Belajar Siswa di Masa Peralihan. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–39. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.8
Sumarno, S. (2020). Adaptasi Sekolah dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 149–162. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2435
Susanti, V. D., & Maharani, S. (2016). Ibm Membangun “Desa Cermat†Melalui Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Terapan Abdimas, 1,issue? 39. https://doi.org/10.25273/jta.v1i1.341
Wahyuningsih, S., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2020). Implementation of Leadership Value of Rudy Resnawan as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 169. https://doi.org/10.20527/iis.v1i2.2094
Walidaeni, A. N., & Akbar, R. T. M. (2021). Pendampingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kampung Maripari Rt 01 Rw 01 Desa Maripari. 1(68), 1–9.
Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Yuhenita, N. N., Majid, Y. M., Murat, A. R., Muliyani, R., Alfahmi, R. A., & Abdillah, M. Z. (2021). Pendampingan Dalam Menghadapi Pembelajaran Di Masa Pandemi Bagi Warga Dusun Macanan. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 215. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3711
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).