PENDAMPINGAN SISWA USIA SD DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI TEKNIK PEMODELAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14825Keywords:
write an essay, modeling techniques, elementary school students.Abstract
Abstrak: Rendahnya kemampuan menulis pada siswa sekolah dasar sudah menjadi masalah umum. Salah satunya di Desa Wae RiÃ, Manggarai, NTT yang mana siswa usia sekolah dasar memiliki kemampuan yang rendah dalam menulis karangan. Hal ini terbukti pada hasil penjaringan data awal dari 20 orang siswa usia SD yang menunjukkan bahwa siswa tidak mampu menyampaikan gagasan secara runtut dan penggunaan kalimat yang baik dan benar. Oleh karena itu, tim menawarkan solusi untuk memberikan treatmen berupa penggunaan teknik pemodelan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini yakni (1) tim melakukan penjaringan data awal; (2) tim menentukan solusi; (3) tim menjelaskan cara menulis karangan dengan teknik pemodelan; dan (4) tim melakukan refleksi dan evaluasi. Berdasarkan hasil treatmen yang dilakukan, dapat dikatakan berhasil. Hal ini terlihat pada adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan sebelum siswa menulis menggunakan teknik pemodelan adalah : 57,5 % sedangkan setelah menggunakan teknik pemodelan adalah 75,5%.
Abstract: The lack of writing ability in elementary school students has become a common problem. One of these is in Wae Rià Village, Manggarai, NTT where elementary school-age students cannot write essays. This is evident in the results of the initial data screening from 20 elementary age students which showed that students were not able to convey ideas in sequence and use good and correct sentences. Therefore, the team offers a solution by providing treatment using modeling techniques. It aims to improve students' ability to write essays. The methods used in this PkM activity are (1) the team conducts initial data screening; (2) the team determines the solution; (3) the team explains how to write essays using modeling techniques; dan (4) the team reflects and evaluates. Based on the results, it can be said to be successful. This can be seen from the increase in students' ability to write essays. Before students wrote using modeling techniques, they obtained a presentation of 57.5%, while after using modeling techniques, it was 75.5%.
References
Agusti, R., R, S., & Hakim, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Berbasis Pendekatan Kontruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 930–942. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.820
Agustin, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Novel. Diksatrasia, 1(2), 273–275.
Amanda Oksaventa Aghittara. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Melalui the Improvement Fiction Story Writing Skill Trough the Use of Reading. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 831–837.
Anggraini, A. E., Solihatulmilah, E., Program, D., Pendidikan, S., Indonesia, B., & Setiabudhi, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pemodelan. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 3(2), 70–77. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd
Azizah, I. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Diorama Siswa Kelas V SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(24), 1–30. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/4199
Fitri, R. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi. Jurnal Gramatika, 2(2), 15–25.
Gizella Devita Sari. (2015). Keefektifan Strategi Pemodelan dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek pada Siswa Kelas X SMA (Issue 1).
Hafifa, N. S. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif melalui Strategi Pemodelan. Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 5(2), 60–66.
Handayani, R., & Ratna, E. (2016). Pengaruh Teknik Pemodelan Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(September 2016), 306–312. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/9995/7460
Ihsan Ramadhani, M., & Fuady, R. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas III SDN Sungai Andai 1 Banjarmasin. Anterior Jurnal, 20(1), 34–39. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1649
Musyawir, & Siti Hajar Loilatu. (2020). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), 1–12. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2020&q=Definisi+PBL&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DhVdGS6BRTBkJ
Nurjani. (2018). Literasi pada pembelajaran menulis bagi anak sekolah dasar. 3rd International Conference on Education 2018 Teachers in the Digital Age, Vol 3, 233–242.
Pranata, K., Kartika, Y. W., & Zulherman, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita. Jurnal Basicedu, 5(3), 1271–1276. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/867
Ratnasari, L., & R, S. (2020). Pentingnya Keterampilan Menulis dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Journal of the American Chemical Society, 1(3). https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385
Siti Muhaiminah. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengelola Kelas Melalui Teknik Pemodelan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 84–91. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.116
Tim penyusun kurikulum. (2020). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. In Kaos GL Dergisi (pp. 1–135). https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_67_13.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).