EFEKTIVITAS TABEL PRIORITAS DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN WAKTU BERORGANISASI
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14829Keywords:
Organizational Effectiveness, Time Management, Training.Abstract
Abstrak: Efektivitas organisasi sangat penting dalam memberikan gambaran mengenai keberhasilan suatu kegiatan organisasi untuk mencapai tujuannya, dan salah satu yang memengaruhi efektivitas organisasi adalah manajemen waktu. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan manajemen waktu melalui tabel prioritas Eisenhower Decision Matrix. Pelatihan ini diadakan pada kepada Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dan diikuti oleh 20 peserta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimental dan meliputi tahapan Training Need Analysis (TNA), modul pelatihan, evaluasi pembelajaran, evaluasi pemaparan materi, uji pre-test dan uji post-test. Hasil pengumpulan data melalui pre-test dan post-tes ditemukan peningkatan sebesar 28%. Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar peserta mengenai manajemen waktu, serta pada hasil evaluasi reaksi yang diisi oleh peserta sebagian besar setuju bahwa pelatihan berjalan optimal dan materi yang disampaikan oleh trainer menarik. Disimpulkan bahwa penggunaan tabel prioritas Eisenhower Decision Matrix mengalami peningkatan terhadap manajemen waktu dalam organisasi.
Abstract: Organizational effectiveness is very important in providing an overview of the success of an organization's activities in achieving its goals, and one that influences organizational effectiveness is time management. Aim of this training is to increase time management insight and skills through the Eisenhower Decision Matrix priority table. This training was held at the Student Executive Council of the Faculty of Sharia, State Islamic University of Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda and was attended by 20 participants. The research method used is an experimental approach and includes the stages of Training Need Analysis (TNA), training modules, learning evaluation, evaluation of material exposure, pre-test and post-test. The results of data collection through the pre-test and post-test found an increase of 28%. There was an enhancement in the average learning outcomes of the participants regarding time management, as well as in the evaluation results of the reactions filled in by the participants, most of them agreed that the training ran optimally and the material presented by the trainers was interesting. It was concluded that the use of the Eisenhower Decision Matrix priority table has increased the time management in the organization.
References
Ali, F. A., Jehadus, E., & Jedi, S. (2019). Pengembangan metode diskusi bermuatan presentasi sistem rotasi pada mata kuliah trigonometri. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 293–305.
Astutik, W., & Sulhan, M. (2022). Pelatihan kerja, soft skill dan hard skill mendorong peningkatan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(2), 9–21.
Halim, M. R., Mattalatta, S., & Junaidin, J. (2019). Pengaruh penerapan manajemen waktu terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Pangkep. Seiko: Journal of Management, 2(2), 182–188.
Hayati, F., Nisa, K., & Situmorang, M. S. (2023). Pengaruh kepemimpinan, motivasi dan pelatihan terhadap kinerja pegawai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4058–4061.
Hermawati, N., & Sayroji, A. (2023). Konsep-konsep kepemimpinan dalam organisasi. Jurnal Syntax Admiration, 4(1), 109–116.
Kojongian, F. A., & Ayub, M. (2021). Manajemen risiko divisi sistem informasi perguruan tinggi dengan framework cobit 5. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 7(1), 274–286.
Latif, A. (2019). Pengaruh sistem informasi manajemen, lingkungan kerja, semangat kerja, dan manajemen waktu terhadap efektivitas kerja karyawan di BPRS Bangun Drajat warga Provinsi Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rachmat, Z., Santoso, A., Sari, M. N., Nugraha, J. P., Waluyo, B. P., Wicaksono, T., Rizky, P. N., Afandi, A., Yunaz, H., Sarjana, S., Suseno, D. A. N., Mareta, Z., Kahar, A., Diawati, P., & Farlina, W. (2022). Administrasi Bisnis. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Rahmawati, N. V., Utomo, D. T. P., & Ahsanah, F. (2020). Fun handwashing sebagai upaya pencegahan covid-19 pada anak usia dini. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 217–224. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v4i2.19
Ritonga, R., Saepudin, A., & Wahyudin, U. (2019). Penerapan model evaluasi Kirkpatrick empat level dalam mengevaluasi program Diklat di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 12–21.
Septianingsih, R., Busyro, W., Fuad, E., & Risnaldiansyah. (2023). Pelatihan digital marketing menuju SMK Pusat Keunggulan. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 196–201. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i1.13370
Sianturi, E. (2019). Efektivitas pelatihan manajemen waktu untuk menurunkan prokrastinasi pada karyawan pengawas lapangan PT. X. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Sormin, R. K. (2023). Pengaruh kepemimpinan terhadap efektivitas kerja pegawai di BTPN kantor cabang Manado. Jurnal Administrasi Publik, 9(127), 73–79.
Sumarsih, T., & Wirdati, W. (2022). Enam alasan guru menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran PAI. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 123–132.
Syelviani, M. (2020). Pentingnya manajemen waktu dalam mencapai efektivitas bagi mahasiswa (studi kasus mahasiswa Program Studi Manajemen UNISI). Jurnal Analisis Manajemen, 6(1), 66–75.
Taqiuddin, H. U., Mulianah, B., & Solatiyah, B. (2023). Organisasi kemahasiswaan sebagai wadah pembelajaran nilai-nilai demokrasi pancasila. Jurnal Intervensi Pendidikan (JRIP), 5(1), 37–43.
Tinambunan, A. P. (2023). “Time management†bagaimana menggunakan waktu dengan baik. Kaizen: Jurnal Pengabdian MasyarakatRachmat, Z., Santoso, A., Sari, M. N., Nugraha, J. P., Waluyo, B. P., Wicaksono, T., Rizky, P. N., Afandi, A., Yunaz, H., Sarjana, S., Suseno, D. A. N., Mareta, Z., Kahar, A., Diawati, P., & Farlina, W. (2023). Administ, 1(2), 29–35.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).