PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MANAJEMEN STRES: LATIHAN OTOT PROGRESIF DAN AUTOGENIK PADA SISWA EKSTRAKURIKULER USAHA KESEHATAN SEKOLAH

Authors

  • Rasmawati Rasmawati Program Studi Keperawatan dan Ners, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Syisnawati Syisnawati Program Studi Keperawatan dan Ners, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rasdiyanah Rasdiyanah Program Studi Keperawatan dan Ners, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Azwar Azwar Program Magister Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia
  • Andi Sistawati Program Studi Keperawatan dan Ners, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Abdul Bagas Program Studi Keperawatan dan Ners, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14932

Keywords:

stress management, progressive muscle relaxation, autogenic exercise, student.

Abstract

Abstrak: Remaja menjadi salah satu kelompok berisiko terjadinya stress, hal ini disebabkan karena merupakan kelompok usia yang rentan mengalami perubahan kondisi psikologis yang negatif, dapat berupa depresi, kecemasan dan stress. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar siswa dapat mengetahui dan memiliki kemampuan melakukan teknik manajemen stress pada siswa kelompok ektrakurikuler Usaha Kesehatan Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gowa. Tingkat stress diukur menggunakan kuesioner Perseived Stress Scale (PSS-10). Pelatihan manajemen stress berupa latihan otot progresif dan latihan autogenik dilakukan pada siswa. Terdapat 12 siswa yang mengikut kegiatan ini hingga selesai. Hasil menunjukkan bahwa siswa mampu melaksanakan terapi relaksasi otot progresif dan latihan authogenik secara mandiri. Total rerata tingkat stress sebelum terapi yakni 20,75 menurun menjadi 16,00 setelah dierikan terapi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi penurunan skor stres yang diukur menggunakan PSS 10 setelah diberikan terapi.

Abstract: Adolescents are a group that is at risk for stress due to their susceptibility to negative psychological conditions such as depression, anxiety, and stress. The aim of this commusahay service is to assess the stress levels and the effectiveness of stress management techniques, namely Progressive Muscle Relaxation and Autogenic exercises, for adolescent students in the extracurricular group of the School Health Usaha at Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gowa. The perceived stress levels of the participants were measured using the Perceived Stress Scale (PSS-10) questionnaire. The stress management training, which involved progressive muscle relaxation and autogenic exercises, was conducted for 12 students. The results indicated that the students were able to perform the relaxation techniques independently, and their average total stress level decreased from 20.75 to 16.00 after the therapy. Therefore, it can be concluded that stress scores, as measured by the PSS-10, decreased after the students received the stress management therapy.

Author Biographies

Rasmawati Rasmawati, Program Studi Keperawatan dan Ners, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Departemen Keperawatan Jiwa

Syisnawati Syisnawati, Program Studi Keperawatan dan Ners, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Departemen Keperawatan Jiwa

Rasdiyanah Rasdiyanah, Program Studi Keperawatan dan Ners, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Departemen Keperawatan Komunitas dan Keluarga

Azwar Azwar, Program Magister Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia

Mahasiswa Program Magister Keperawatan

Andi Sistawati, Program Studi Keperawatan dan Ners, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Mahasiswa Program Studi Keperawatan

Muhammad Abdul Bagas, Program Studi Keperawatan dan Ners, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Mahasiswa Program Studi Keperawatan

References

Anuar, A. Bin, Anas, M., & Samad, S. (2019). Effects of Progressive Muscle Relaxation on Academic Stress in Students. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 5(2), 134. https://doi.org/10.26858/jppk.v5i2.9147

Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying Pada Remaja Awal. Nursing News, 4(1), 54–66.

Fitriani, Y. (2017). Pengaruh Relaksasi Autogenik Terhadap Peningkatan Regulasi Emosi Pada Siswa Smp. Universitas Gadjah Mada.

Hapsah, H., AS, A. N. A., Rasmawati, R., & Wahyuni, W. (2022). The Psychosocial Impact on Nurses in The First Three Months of Covid-19 Outbreak. Indonesian Contemporary Nursing Journal, 6(2), 47–52. https://journal.unhas.ac.id/index.php/icon/article/view/12776

Kemenkes, R. I. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kementeri. Kesehat. RI, 28.

Kumorowulan, S., Sukowati, F., Sumarni, S., & Fina Nurul Azizah. (2021). The Effectiveness of Progressive Muscle Relaxation and Mozart Music Therapy on Premenstrual Syndrome Stress Scores. Jurnal Kebidanan, 11(1), 10–14.

Lim, S. J., & Kim, C. (2014). Effects of autogenic training on stress response and heart rate variability in nursing students. Asian Nursing Research, 8(4), 286–292. https://doi.org/10.1016/j.anr.2014.06.003

Mental Health Foundation. (2021). Stress. Mental Health Foundation.

Nair, P. P., & Meera, K. . (2014). Effectiveness of Progressive Muscle Relaxation in Reducing Academic Stress of Secondary Schools Students of Kerala. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(8), 29–32. https://doi.org/10.9790/0837-19812932

Pertiwi, S. T., Moeliono, M. F., & Kendhawati, L. (2021). Depresi, Kecemasan, dan Stres Remaja selama Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 6(2), 72–77.

Rasdiyanah, R., Sahar, J., & Nursasi, A. Y. (2018). Penerapan edukasi kelompok dan relaksasi autogenik dalam meningkatkan manajemen hipertensi kelompok dewasa di kel. Curug-cimanggis kota depok. Universitas Indonesia.

RI, K. (2020). Kemenkes RI.

Setiawan, A., & Alizamar, A. (2019). Relationship Between Self Control And Bullying Behavior Trends in Students of SMP N 15 Padang. Jurnal Neokonseling, 1(4), 1–7.

Toussaint, L., Nguyen, Q. A., Roettger, C., Dixon, K., Offenbächer, M., Kohls, N., Hirsch, J., & Sirois, F. (2021). Effectiveness of Progressive Muscle Relaxation, Deep Breathing, and Guided Imagery in Promoting Psychological and Physiological States of Relaxation. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/5924040

World Health Organization. (2020). Novel Coronavirus (‎ 2019-nCoV)‎: situation report, 3.

Published

2023-06-03

Issue

Section

Articles