SOCIALISATION OF INTERNET USE AND UTILIZATION ETHICS TO WOMEN OF FAMILY WELFARE DEVELOPMENT

Authors

  • Indra Kurniawan Informatics Engineering, Universitas Indraprasta PGRI
  • Andri Rahadyan Informatics Engineering, Universitas Indraprasta PGRI
  • Halimatussa'diah Halimatussa'diah Informatics Engineering, Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14933

Keywords:

socialisation, use, utilization, internet, ethics.

Abstract

Abstrak: Tim melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan tema etika menggunakan dan memanfaatkan internet dalam penjualan berbasis online. Masyarakat kini semakin senang menggunakan teknologi informasi (internet) dan berdampak positif dalam penggunaan internet sebagai sarana pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kelompok ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Cipayung tentang etika penggunaan dan pemanfaatan internet. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui beberapa tahapan seperti pengkajian, perencanaan dan pengembangan, pelaksanaan (sosialisasi), dan evaluasi. Jumlah peserta sekitar 20 orang ibu-ibu PKK Rukun Tetangga 04 Cipayung. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh informasi bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan kebutuhan peserta. Kegiatan ini menambah pengetahuan dan keterampilan tentang etika menggunakan dan memanfaatkan internet. Jika dibuat dalam bentuk persentase naik dari kemampuan awal 30%, setelah sosialisasi, yang paham menjadi lebih dari 60%.

Abstract: People are now increasingly happy to use information technology (internet) and have a positive impact on using the Internet as a learning facility. This community service activity aims to increase the understanding of the women's group of Family Welfare Development of Cipayung regarding the ethics of using and utilising the Internet. The team was carrying out community service programs with the theme of ethics of using and utilising the internet in online-based sales. The implementation of community service is carried out through several stages such as assessment, planning and development, implementation (socialisation), and evaluation. The number of participants were around 20 women in the Family Welfare Development of the Neighbourhoods Association 04 Cipayung. Based on the results, information was obtained that this activity was very relevant to the needs of the participants. It increases knowledge and skills regarding the ethics of using and utilising the internet. If made in a percentage, it rises from the initial ability of 30%, after socialisation, the number who understands becomes more than 60%.

References

Alinurdin, A. (2019). Etika Penggunaan Internet (Digital Etiquette) di Lingkungan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 123–142. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p123-142

Dedes, K., Wibawa, A. P., Laksana, P., Harianti, L. R., & Ningrum, V. S. (2022). Peran Etika dalam Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi Teknik Dan Edukasi Teknologi, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.17977/um068v2i12022p11-19

Djunu, A. (2016). Pemanfaatan Fitur Internet pada Smartphone oleh Masyarakat (Studi Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur). Acta Diurna, 5(5), 1–15.

Fatmawati, E., Sulistiyarini, D., & Bibi, S. (2017). Etika Penggunaan Internet untuk Siswa Sekolah Kristen Kanaan. GERVASI, 1(1), 87–94.

Hafsah, H., Zulafwan, Z., & Willyansah, W. (2021). Pemanfaatan Internet pada Smartphone dalam Mendukung Kegiatan Bisnis Online di Lingkungan Arisan RT. Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 79–87.

Hamid, R. S., Anwar, S. M., Rahmatia, R., & Ikbal, M. (2018). Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK melalui Socialpreneur sebagai Upaya dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Pettalandung. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 2(1), 23–29.

Healty, A. (2018). Strategi Membentengi Pola Komunikasi Pengguna Sosial Media terhadap Pelanggaran UU ITE. Jurnal Network Media, 1(2), 2569–6446.

Hermawati, M., & Sholihaningtias, D. N. (2021). Pemanfaatan E-Commerce Tokopedia sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Warga Ibu-Ibu PKK. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(6), 602–609.

Ihsani, A. F. A., & Febriyanti, N. (2021). Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual dalam Perilaku Bermedia Masyarakat di Era Digital. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 2(1), 24–35.

Kurniadi, D., & Mulyani, A. (2017). Pengaruh Teknologi Mesin Pencari Google Terhadap Perkembangan Budaya dan Etika Mahasiswa. Jurnal Algoritma, 14(1), 19–25.

Merdekawati, A., Dhiana, A. S., Kumalasari, J. T., Sugeng, I. S., & Lestari, S. W. (2021). Pelatihan Parenting Melalui Pemanfaatan Internet Sehat Sebagai Upaya Mengurangi Kecanduan Internet (Media Sosial) Pada Yayasan Nurul Islam Sabillurrosyad. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 1(3), 233–239. https://jurnal.radisi.or.id/index.php/PKMRADISI

Primawati, A. (2016). Etika IT di Indonesia Studi Kasus: Cybersquatting pada Domain PT. Mustika Ratu. Jurnal SIMETRIS, 7(1), 421–426.

Purwaningsih, M. (2016). Standar Etika bagi Perusahaan yang Menggunakan Media Sosial sebagai Enterprise’s Official Presence. Jurnal Sistem Dan Informatika, 11(1), 95–104.

Puspita, P. A., Ramadhani, P., Anggraini, R., Parwati, T., & Ramadani, N. (2022). Pemanfaatan Marketplace Facebook dan Shopee Sebagai Media Pemasaran Pada Masa Covid 19 dan Omicron (studi kasus : Ibu-Ibu PKK di Desa Langau Seprang). Prosiding Seminar Nasional Sosial, Humaniora, Dan Teknologi, 824–831. https://journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/senashtek

Rachmawaty, A., & Siagawati, M. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Membuka Peluang Bisnis bagi Warga di Desa Sindangsari. TEMATIK: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(1), 184–196.

Rofadhilah, R., Opik, A. T., & Hakim, L. (2018). Dampak Penggunaan Teknologi Internet terhadap Etika dan Akhlaq Anak dalam Keluarga di Jakarta Utara. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting, and Research, 2(1), 25–46.

Runtuwene, J. P. A. (2018). IbM pada Ibu-Ibu Tim Penggerak PKK Kota Manado melalui Pelatihan Pengelolaan Internet sebagai Sumber Informasi untuk Keluarga dan Peluang Wirausaha. Jurnal ABDIMAS, 11(2), 95–102.

Zainurrafiqi, Z., & Rachmawati, R. (2019). Pengaruh Etika Bisnis, Faktor Kontingensi, dan Tingkat Penggunaan Internet terhadap Daya Saing. EKUITAS: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 2(4), 550–571. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i4.426

Published

2023-06-03

Issue

Section

Articles