PENGENALAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMASARKAN PRODUK INOVASI SAMBAL TOMAT
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.15108Keywords:
Introduction to Digital Marketing Social Media, Product Marketing, Tomato Sauce.Abstract
Abstrak: Digital marketing adalah kegiatan mempromosikan dan memasarkan produk secara online melalui platform media sosial. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para siswa SMK Restorasi Timung Wae Ri’i terkait dengan market digital supaya dapat memberikan bekal di dunia pekerjaan atau di jenjang perguruan tinggi. Metode yang digunakan yaitu penyuluhan dan pelatihan dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Pelaksana kegiatan pengabdian diawali dengan prakegiatan, kegiatan, evaluasi dan monitoring. Materi yang disampaikan adalah digital marketing dengan memanfaatkan sosial media facebook, instagram, whatsapp, tik tok dan youtube sebagai media pemasarannya. Hasil pelaksanaan menunjukan bahwa para siswa sangat partisipasi untuk mengikuti kegiatan PkM ini karena market digital merupakan salah satu tekologi yang belum banyak dipahami oleh siswa SMK di era teknologi saat ini. Pada saat melakukan demonstrasi siswa SMK Restorasi begitu antusias untuk mendengarkan penjelasan. Berdasarkan hasil presentase kemampuan siswa rata-rata untuk pretest 61 % dan posttest 95 % di ketahui bahwa metode yang digunakan sangat efektif sehingga sesuai dengan tingkat kepuasan siswa SMK sangat baik.
Abstract: Digital marketing is the activity of promoting and marketing products online through social media platforms This PkM activity aims to provide training to students of SMK Restorasi Timung Wae Ri'I related to the digital market so that they can provide provisions in the world of work or at the university level. The method used is counseling and training with a total of 32 students. The implementation of service activities begins with pre-activities, activities, evaluation and monitoring. The material presented is digital marketing by utilizing social media Facebook, Instagram, WhatsApp, Tik Tok and YouTube as marketing media. The results of the implementation showed that the students were very participating in this PkM activity because the digital market is one of the technologies that is not widely understood by SMK students in the current technological era. During the demonstration, the students of SMK Restorasi were so enthusiastic to listen to the explanation. Based on the results of the average student ability percentage for pretest 61% and posttest 95%, it is known that the method used is very effective so that it suits the level of satisfaction of SMK students very well.
References
Alfina, A., Khoirina, M. M., & Nastiti, T. A. (2020). Pelatihan Digital Marketing bagi Entrepreneur Di Kota Gresik. Jurnal Abdidas, 1(6), 797–8
Febriyantoro, Mohamad Trio, and Debby Arisandi. 2018. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.†Jurnal Manajemen Dewantara 1(2):61–76
Furqany, Syahril. 2021. “Upgrading Digital Marketing Skills Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Uin Ar-Ranniry Dalam Upaya Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja.†Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah 11(3): 218–32. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/komunida/index.
Gumilang, Risa Ratna. 2019. “Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri.†Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen 10(2):9–14.
Kaplan, Andreas M., and Michael Haenlein. 2010. “Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media.†Business Horizons 53(1): 59–68.
Kewirausahaan, Pelatihan et al. 2020. “Pelita Masyarakat.†2(September): 17–26.
Marina, Ida. 2016. “Upaya Pengembangan Agribisnis Dan Pemasaran Tomat Pada Kawasan Agropolitan.†Jurnal Agribisnis Terpadu 9(2): 1-10 .
Mamuaja, C. F., & Helvriana, L. (2017). Karakteristik Pasta Tomat dengan Penambahan Asam Sitrat Selama Penyimpanan. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan, 5(1), 17–23.
Nur Ahmas, Ahmad Almaududi, Tris Sutrisno, and Ina Ratnasari. 2022. “Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang.†SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(1): 124.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol 1 (1),18-26.
Quality, Dampak E-service, Terhadap Kepuasan, and Pelanggan Pada. 2023. “Proyeksi Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia.†3(1): 1–11.
Septiana, Laila, Sapitri Sapitri, and Septiani Mursidatul Muhlida. 2021. “Pelatihan Digital Marketing Dan Pembuatan Sabun Pada Siswa – Siswi SMP Yayasan Perguruan Islam As Sa’adah.†TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) 5(1): 22–31.
Thalib, Muthahhara. 2019. “Pengaruh Penambahan Bahan Tambahan Pangan Dalam Pengolahan Sayur-Sayuran Menjadi Produk Saus Tomat.†Jurnal Penelitian dan Pengembahan Agrokompleks: 78–85.
Wasan, Guruh Herman, and Anita Sariningsih. 2021. “Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital Di Kecamatan Citeureup.†Jurnal Pengabdian Bina Mandiri 1(1): 31–36.
Wijiastuti, Sri, Kurniawati Darmaningrum, and Zandra Dwanita Widodo. 2021. “Pengenalan Digital Marketing, Pelatihan Sosial Media Dan E-Commerce Dan Merancang Konten Pemasaran Yang Baik Bagi Pelaku Usaha Umkm Di Yayasan Amal Bakti Sudjono Taruno Baki Sukoharjo.†Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat 1(4): 1–3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).