PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING KELOMPOK WANITA PENGRAJIN BATIK
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.15116Keywords:
Batik, Digital Marketing, Profit, Gender, UMKM.Abstract
Abstrak: Dampak positif teknologi seperti perubahan tren pemasaran dari konvensional menjadi digital, menyebabkan pelaku usaha UMKM harus mampu memanfaatkan digital marketing dengan bantuan media sosial (Facebook, Instagram) sebagai sarana promosinya. Kelompok wanita pengrajin batik desa Purwo Bakti juga memiliki harapan mampu memanfaatkan secara optimal digital marketing dengan mengusung budaya dan menampilkan ciri khas Purwo Bakti (motif pisang). Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan, dan pelatihan pengembangan digital marketing yang dapat diterapkan oleh mitra dalam mengembangkan dan memasarkan batik desa Purwo Bakti secara digital sehingga mitra mampu meningkatkan penjualan, pendapatan keluarga dan perekonomian desa Purwo Bakti nantinya. Pelatihan ini diikuti 10 orang pengrajin batik selaku mitra Setelah diobservasi dan diwawancarai mitra, pelatihan ini berhasil memberikan pengetahuan yang dapat diterapkan oleh mitra, peningkatan penjualan atau pendapatan setelah pelatihan ini sebesar 10%-20%. Diharapkan pelatihan ini menjadi agenda rutin bagi dinas terkait, sehingga peningkatan penjualan dan pendapatan mitra semakin meningkat.
Abstract: The positive impact of technology changes marketing trends from conventional to digital, so MSMEs must utilize digital marketing with the help of social media (Facebook, Instagram) as a means of promotion. The group of batik craftswomen in Purwo Bakti village also have hopes of to make optimal use of digital marketing by carrying culture and displaying Purwo Bakti's characteristics (banana motif). The purpose of this service is to provide knowledge and digital marketing development training by partners in developing and marketing Purwo Bakti village batik digitally so that partners can increase sales, family income, and the economy of Purwo Bakti village later. This training was attended by 10 people as partners. After being observed and interviewed, this training succeeded in providing knowledge by partners, increasing sales or income after this training by 10% -20%. Hopefully that this training will become a routine agenda for the relevant agencies so that partners' sales and income will increase.
References
Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., … Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Pertama; M. . Riyanto Wujarso, S.E., Ak., ed.). Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Dakdakur, P., Mu’ammar, M., Thania, M. N., Kencana, W. H., Meisyanti, M., & Sari, Y. (2022). Pendampingan dan pelatihan Komunikasi Pemasaran Digital pada Kelompok Wanita Tani D’Shafa Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(3), 64–71. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v5i3.2177
Effendi, N. I., Suliska, G., Marthika, L. D., Ferdian, T., & Wineh, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk UMKM Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Digital Marketing dengan Graphic Designer Software Canva. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(1), 643–653. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6574
Effendi, N. I., Supriyati, & Herawati. (2021). Peningkatan Pemasaran Produk Melalui Pelatihan Disain Kemasan dan Promosi Multimedia Keripik Tempe Desa Kuamang Gading Kota Jambi. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), 1856–1865. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5062
Elvin, Kalista, E., Putri, I. P., Jason, Barahama, J. M., Ng, R., … Kelana, Z. (2019). Penggunaan Digital Marketing Sosial Media pada Batik SR Batam. The First National Conference for Community Service Project (1 St NaCosPro 2019): “Empowering Society, Driving Change: Social Innovation,†1–6.
Hidayat, R., & Alliyah, S. (2016). Upaya Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pengembangan Usaha Pada Kelompok Pengrajin Batik Tuis Kampoeng Batik Desa Karaskepoh Kabupaten Rembang. Journal of Dedicators Community, 1(1).
Insana, D. R. M. (2020). Penerapan Model Canvas, Marketing Mix Dan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan (Pengabdian kepada Masyarakat untuk UMKM di Wilayah Cirebon). Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 168–173. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7586
Istifadhoh, N., Wardah, I., & Stikoma, T. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Batik Ecoprint. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 147–152. https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.3480
Khalifaturofi’ah, S. O., Wulandari, D. A., & Inayah, Z. (2023). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 214–220. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i2.344
Khomariah, N. E., & Primandari, P. N. (2021). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pelaku Usaha Toko Ikan " Sub Aquatic " Sebagai Strategi Digital Marketing. 2(3), 795–801. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1393
Normawati, R. A., Wardani, S. I., Widayani, A., Komunitas, A., Putra, N., & Fajar, S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Sarana Komersialisasi Produk Kampung Batik Kembang Turi Blitar. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 253–261. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4157
Nugroho, E. R. D., Ayu, M., Azizah, N., Ciptaningsih, M., & Devi, H. P. (2022). Optimalisasi UMKM “ Batik Karang Wungu †di Desa Cileng , Poncol , Magetan Melalui Digital Marketing dan Legalitas Batik Masa Pandemi. WIRYAKARYA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(2), 20–24. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i02.13198
Oktavian, M. L., & Widodo. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Membatik Dalam Menunjang Pendapatan Keluarga Di Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(4), 92–101. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/11512
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Sasongko, D., Yuliawati, P. M., Nurhidayah, R., Utomo, R. G., Setyawan, A., & Suciati, K. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 7(1), 68–73. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/view/3943
Setiawan, T., & Putro, F. H. (2021). Pemanfaatan Graphics Designer Software Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Promosi Produk UMKM di Cepogo Boyolali. Intelektiva:Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(12), 53–56. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/530
Suyati, H., Firmansyah, H., Effendi, N. I., Nurhmahadi, Rachmawati, E., Febrianto, H. G. C., … Jatmiko, U. (2021). Teori dan Konsep Kewirausahaan (1st ed.; Mansur & Srikalimah, eds.). Cirebon: Insania. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=Z4ZZEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PR1&dq=penerbit+insania&hl=en&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=penerbit insania&f=false
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. IPTEKS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148. https://doi.org/10.43528/jpmi.v7i1.3943
Wibisono, A. (2019). Peningkatan Kinerja Usaha Melalui Kemampuan Manajemen Serta Inovasi. Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi), 7(1), 43–50.
Wibowo, T., & Yudi. (2021). Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik-Tok Sebagai Media Pemasaran Digital: Studi Kasus Kota Batam. Conference on Business, Social Technology 662–669. Sciences. Retrieved from https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech
Yoerani, A., Yana, A. A., Siregar, J., & Syafianto, S. (2021). Pelatihan Desain Produk Dalam Pemasaran Digital Pada Pemuda Karang Taruna Desa Cikaregeman Selama Covid-19. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3, 31–34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).