PELATIHAN GAMBAR TEKNIK STANDAR ISO MENGGUNAKAN SOLIDWORKS BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15387Keywords:
Teachnical drawing, CAD Training, SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara, Solidworks, ISO Standard.Abstract
Abstrak: Gambar teknik merupakan salah satu kompetensi yang penting dimiliki oleh lulusan sekolah kejuruan, khususnya SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Sekolah kejuruan tersebut memiliki lima program keahlian, salah satunya adalah teknik permesinan; di mana, kompetensi gambar teknik standar ISO sangat diperlukan agar desain yang digambar dapat diterjemahkan dengan benar dalam proses manufaktur sehingga tidak terjadi kesalahan baik dalam bentuk, dimensi, toleransi, maupun proses permesinannya pada benda kerjanya. Selain itu, kompetensi penggunaan Solidworks sebagai software CAD yang banyak digunakan di industri juga tidak kalah penting dalam desain. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi gambar teknik standar ISO menggunakan Soliworks pada guru-guru SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Kegiatan ini melibatkan 12 guru yang dilakukan dengan pelatihan selama tiga hari. Untuk mengevaluasi dampak kegiatan, dilakukan pretest dan post test sehingga hasil dari pelatihan tersebut dapat diukur. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa kompetensi gambar teknik standar ISO dengan Solidworks guru-guru SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara meningkat sebesar 67,1%.
Abstract: Technical drawing is an essential skill possessed by graduates of vocational institutions, particularly SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. The vocational school offers five expertise programs, one of which is mechanical engineering, which requires proficiency with ISO standard technical drawings so that the designs drawn can be translated accurately in the manufacturing process, preventing errors in the workpiece's shape, dimensions, tolerances, or machining process. In addition, the ability to use the CAD software Solidworks, which is extensively used in industry, is of equal importance in design. The objective of this activity is to enhance the technical drawing skills of SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara teachers using Soliworks. This activity involved twelve educators who received three days of training. To evaluate the impact of the activity, a pre- and post-test were administered so that the training's effects could be measured. The results of this training indicated a 67.1% increase in the competence of instructors at SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara in producing ISO-standard technical drawings using Solidworks.
References
Abdi, M. Z. (2018). Solidworks untuk Desain Manufaktur. Modula.
Abryandoko, E. W. (2020). Menggambar Teknik. Widina Bhakti Persada.
Afnison, W., & Alwi, E. (2020). Program Pelatihan CAD “SOLIDWORKS†Bagi Guru SMK N 2 Payakumbuh Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi dan Daya Saing SMK Daerah di Tingkat Nasional. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(1), 10–20. https://doi.org/10.2403/sb.0380
Arendra, A. (2020). Dasar Perancangan dan Desain Engineering. Media Nusa Creative.
Budiprasojo, A., & Awaluddin, A. R. (2017). Pelatihan SolidWorks 3D Design untuk Siswa SMK Al Imam Kalisat Jember. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 68–72.
Casban, Marfuah, U., Dewi, A. P., & Sunardi, D. (2021). Evaluasi Pelatihan Membaca Gambar Teknik Lanjutan Untuk Tim Sales Pada PT. ISTW Jakarta. Prosiding PKM-CSR, 4, 1075–1085. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1307
Chandra, A. A. (2017). Banyak Lulusan SMK Jadi Pengangguran, Ini Penyebabnya. Detik.Com. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3508298/banyak-lulusan-smk-jadi-pengangguran-ini-penyebabnya
Dewi, A. P., Casban, Marfuah, U., & Sunardi, D. (2021). Pelatihan Membaca Gambar Teknik Untuk Tim Sales dan Produksi pada PT. ISTW Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(5), 249–257. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.44
Drastiawati, N. S., Susanti, N. A., Ningsih, T. H., Wulandari, D., & Ganda, A. N. F. (2020). Pelatihan Solidwork Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Teknik Menggambar Bagi Siswa SMKN. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 439–448. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1470
Jamaldi, A., Supriyanto, A., Andriyansyah, D., Wicaksono, M. T., Savidaprima, A. Y., & Riyadi, T. W. B. (2021). Peningkatan Kompetensi Desain Bagi Guru SMK Menggunakan Software Solidworks. AbMa (Jurnal Abdi Masya), 1(2), 66–71. https://doi.org/10.52561/abma.v1i2.131
Juhana, O., & Suratman, M. (2012). Menggambar Teknik Mesin dengan Standar ISO. Pustaka Grafika.
Pradana, B. C., & Ekawati, F. D. (2022). Pelatihan Solidworks 3D CAD bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Desa Ciantra. Jurnal An-NizÄm: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 1(3), 8–16. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v1i3.3619
Saputra, J., Indrwan, S., Nugraha, N. B., & Sirlyana. (2021). Pelatihan Menggambar Teknik dengan Solidwork Guna Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 3 Dumai. Communnity Development Journal, 2(3), 785–790. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2595
Sato, G. T., & Hartanto, N. S. (2013). Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Balai Pustaka.
Yasa, M. C., Budiman, R., & Prihartini, S. (2022). Pelatihan Desain Solidworks 2d & 3d Kepada Siswa Menengah Kejuruan di Desa Segaran. Jurnal An-NizÄm: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 1(3), 93–99. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v1i3.5406
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).