PENINGKATAN EFISIENSI PENGEMASAN MEDIA TANAM UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Authors

  • Berli Paripurna Kamiel Program Studi Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Endah Saptutyningsih Program Studi Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15458

Keywords:

Growing Media, Packaging, Marketing, TOGA, Creative Economy.

Abstract

Abstrak: Permasalahan yang ditemukan di Kelompok MK_Smart Padukuhan Pereng Dawe, Balecatur, Gamping Sleman adalah sampai saat ini pengemasan media tanam yang memanfaatkan potensi local limbah ternak masih dilakukan secara manual sehingga belum optimal. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk melakukan peningkatan kualitas produk media tanam melalui mekanisasi proses pengemasan media tanam agar produksi media tanam lebih efektif dan efisien dan layak untuk diperjualbelikan. Program ini bermitra dengan satu kelompok masyarakat yaitu MK_Smart dengan kegiatan berupa pelatihan pengemasan media tanam serta pelatihan pemasaran media tanam secara online sehingga memberikan manfaat langsung terhadap kehidupan masyarakat di bidang sosial dan ekonomi serta meningkatkan kualitas sumberdaya melalui pemberdayaan kelompok masyarakat MK_Smart di Padukuhan Pereng Dawe, Kabupaten Sleman. Kegiatan program PKM ini telah dilakukan yang meliputi: (1) Sosialisasi kegiatan PKM dan rapat koordinasi dengan anggota kelompok MK_Smart; (2) Pembelian mesin pengemasan media tanam dan serah terima barang kepada; (3) Anggota kelompok MK_Smart melakukan pelatihan cara penggunaan mesin pengemas dan mengakses youtube tentang pemasaran online; dan (4) kuesioner disebarkan ke anggota kelompok masyarakat MK_Smart untuk mengetahui perbedaan kapasitas dan pengetahuan MK_Smart sebagai mitra PKM sebelum dan sesudah ada program PKM ini; Hasil kuesioner menunjukkan adanya peningkatan kapasitas dan pemahaman terkait dengan pembuatan kompos dan bauran pemasaran. Semula sebanyak 33,3% anggota belum mengetahui tentang pengemasan media tanam dan hanya mendengar tetapi belum mengetahui apa yang bisa dimanfaatkan, setelah adanya program ini anggota Kelompok MK_Smart 50% menjadi mengetahui, dan yang sudah memanfaatkannya dalam kegiatan ekonomi sebanyak 46,7%. Dengan adanya program PKM ini diharapkan dapat mendukung pemanfaatan potensi lokal berupa limbah ternak yang dibuat sebagai media tanam dengan melakukan peningkatan kualitas kemasan produk media tanam sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Padukuhan Perengdawe Kabupaten Sleman.

Abstract: The problem found in the MK_Smart Padukuhan Pereng Dawe, Balecatur, Gamping Sleman group is that until now the packaging of planting media that utilizes the local potential of livestock waste is still done manually so it is not optimal. This PKM activity aims to improve the quality of planting media products through mechanization of the planting media packaging process so that the production of planting media is more effective and efficient and feasible to trade. This program partners with one community group, namely MK_Smart with activities in the form of planting media packaging training and online planting media marketing training so that it provides direct benefits to people's lives in the social and economic fields and improves the quality of resources through empowering the MK_Smart community group in Pereng Dawe Padukuhan, District Sleman. The PKM program activities have been carried out which include: (1) Socialization of PKM activities and coordination meetings with members of the MK_Smart group; (2) Purchase of planting media packaging machines and handover of goods to; (3) Members of the MK_Smart group conduct training on how to use packaging machines and access YouTube about online marketing; and (4) questionnaires distributed to members of the MK_Smart community group to find out the differences in capacity and knowledge of MK_Smart as PKM partners before and after this PKM program; The results of the questionnaire show an increase in capacity and understanding related to composting and the marketing mix. Initially, as many as 33.3% of members did not know about planting media packaging and had only heard but did not know what could be used. After this program, 50% of the members of the MK_Smart Group became aware, and 46.7% had used it in economic activities. With the existence of this PKM program, it is hoped that it can support the utilization of local potential in the form of livestock waste which is made as a planting medium by improving the quality of packaging for planting media products so that it can improve the welfare of the people of Padukuhan Perengdawe, Sleman Regency.

References

Aisuwarya, R., Silvia, S., Rianti Helmi, M., Dwi Kartika, A., Amalia, M., & Budiman, W. (2022). Program Berkelanjutan Membantu Mitra Organik Jaya dengan Usaha Media Tanam Organik di Kabupaten Padang Pariaman. Journal of Approriate Technology for Community Services, 3(1), 32–38. https://doi.org/10.20885/jattec.vol3.iss1.art4

Arif, S. (2020). Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Limbah Kotoran Sapi Untuk Meningkatkan Produktifitas Pertanian Warga Di Dusun Genuk Desa Snepo Kec Slahung Kab. Ponorogo. InEJ: Indonesian Engagement Journal, 1(2), 117–127. https://doi.org/10.21154/inej.v1i2.2328

Jamaluddin, P., Syam, H., Lestari, N., & Rizal, M. (2014). Alat Dan Mesin Pertanian. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 5, Issue 2).

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (Alih bahasa Hendra Teguh, Ronny Rusly dan Benyamin Molan). Penerbit Prenhallindo.

Maridi. (2015). Mengangkat Budaya dan Kearifan Lokal dalam Sistem Konservasi Tanah dan Air Using Culture and Local Wisdom in Soil and Water Conservation. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi UNS, 1, 20–39.

Mulyani, I Ifandari, R. N. (2016). Perintisan Usaha Bersama di Bidang Produksi Pupuk Organik bagi Gabungan Kelompok Petani Tani Makmur dan UKM Industri Alkohol Ngombakan. Jurnal Semar, (5) 1, 1–11.

Nurfathiyah, P., Mara, A., Siata, R., & Farida, A. (2011). Pemanfaatan Video sebagai Media Penyebaran Inovasi Pertanian. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 52, 30–36.

Organization, I. L. (n.d.). Pelatihan Keterampilan Pedesaan: Manual Generik Pelatihan untuk Pemberdayaan Ekonomi Pedesaan (TREE). 2017.

Purwono, Joni, D. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Mnenegah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Sebelas Maret, 2 (2), 127.

Rahmat Gunawan, Rini Malfiany, & Hamdan Yosep Pane. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Ukm Rempeyek Nok Uus Dengan Video Cinematic Didukung Motion Grafis. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), 25–36. https://doi.org/10.51903/pixel.v14i1.416

Ratriyanto, A., Widyawati, S. D., P.S. Suprayogi, W., Prastowo, S., & Widyas, N. (2019). Pembuatan Pupuk Organik dari Kotoran Ternak untuk Meningkatkan Produksi Pertanian. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 8(1), 9–13. https://doi.org/10.20961/semar.v8i1.40204

Rifai, I. A. (2018). 5 Langkah Praktis Membuat Media Tanam Organik Untuk Menanam Sayuran Dalam Pot Atau Polybag.

Rusdiyana, M.Cahyadi, A. Pramono, A. W. B. (2020). Partisipasi Petani dalam Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Berbasis Kotoran Sapi di Desa Kaliboto. Jurnal Qardhul Hasan. Media Pengabdian Kepada Masyarakat, (6) 2, 127–133.

Stanton, W. . (1978). Fundamental of Marketing. McGraw Hill Book Company Inc.

Sucipta, I. N., Suriasih, K., & Kenacana, P. K. D. (2017). Pengemasan pangan kajian pengemasan yang aman, nyaman, efektif dan efisien. Udayana University Press, 1–178.

Sucipto, S., Andriyanto, T., Nadliroh, K., Bhima P, A., Indrajaya, D., & Mustofa, M. A. (2019). Pelatihan Pengemasan Dan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Kompos: Desa Pusharang. Jurnal Terapan Abdimas, 4(1), 13. https://doi.org/10.25273/jta.v4i1.3801

Tarigan, D. M., Alqamari, M., & Alridiwirsah. (2017). Budidaya Tanaman Obat & Rempah.

Tulusan, G, M, Fenny. dan Londa, Y, V. (2014). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan Di Desa Lolah Ii Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 1, 92–105.

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles