PENDAMPINGAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI PERGURUAN TINGGI NEGERI PADA SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15724Keywords:
Study Program, Accompaniment, College Admission Selection.Abstract
Abstrak: Pemilihan program studi yang tepat merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung kelulusan siswa pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Oleh karena itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dapat menunjang kelulusan siswa. Tujuan pengabdian ini adalah untuk melakukan pendampingan pemilihan program studi perguruan tinggi negeri (PTN) pada 130 orang siswa kelas XII SMAN 2 Kefamenanu. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pendampingan. Tahapan kegiatan ini antara lain melakukan koordinasi dengan pihak sekolah, mengurus administrasi kegiatan seperti surat izin dan surat tugas, melaksanakan kegiatan, dan terakhir melakukan pelaporan. Berdasarkan hasil analisis angket pengetahuan awal dan akhir diperoleh bahwa terdapat peningkatan pengetahuan para siswa terkait kegiatan pengabdian ini, yaitu sebesar 21.34% dan juga terdapat perubahan dalam pemilihan program studi sebesar 4.61%. Kesimpulannya, setelah kegiatan pengabdian dilakukan sebagian besar peserta kegiatan telah memahami dengan baik mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan program studi pada PTN di Indonesia.
Abstract: The selection of the right study program is one of factors that can support student success in the Joint Selection for State Higher Education Entrance (SBMPTN) and the National Selection for State University Entrance (SNMPTN) which are a series of college entrance tests. Therefore, we need an activity that can support student success. The objectives of this community service activity is to assist in the selection of state university study programs for 130 students of grade 12th of SMAN 2 Kefamenanu. The method used in this service is to provide assistance. The stages of this service activity include coordinating with the school, taking care of the administration of activities such as permit and assignment letters, carrying out service activity, and finally reporting. Based on the analysis of initial and final knowledge questionnare, it was found that there was an increase in students’ knowledge regarding this service activity, which was 21.34% and there was also a change in the selection of study programs by 4.61%. In conclusion, after the community service activity was carried out, most of the participants who were the students of grade 12th of SMAN 2 Kefamenanu had a good understanding of the things that needed to be considered in the selection of study programs at State University in Indonesia.
References
Azanella, L. A. (2021). Pengumuman LTMPT: 184.942 Peserta Lolos SBMPTN 2021, Ini Rinciannya. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/14/124000665/pengumuman-ltmpt--184.942-peserta-lolos-sbmptn-2021-ini-rinciannya?page=all
Banda, Y. M. (2016). Keterkaitan Jenis, Jenjang Pendidikan Dan Masa Kerja Terhadap Kemamapuan Mengajar Guru Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA/MA Di Kota Ende. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 119–130.
Data Pokok SMAN 2 KEFAMENANU - Pauddikdasmen. (n.d.). Retrieved February 10, 2022, from https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/DF4531178029FA63EB55
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Eliyanto, E., & Wibowo, U. B. (2013). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Sma Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2321
Faradiba, S. S., Rahmawati, B., Nabilla, I. A., & ... (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Pendampingan Berbasis Literasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 3547–3556.
Jana, P., & Rahmawan, A. D. (2019). Computer Based National Exam Guidance for the Students of Muhammadiyah 3 Senior High School. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 84–89.
Kasih, A. P. (2021). 110.459 Calon Mahasiswa Dinyatakan Lolos SNMPTN 2021. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/22/111819071/110459-calon-mahasiswa-dinyatakan-lolos-snmptn-2021
Komalasari, M. D., Wibowo, A., & Anggraeni, D. (2018). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1)halaman?. https://doi.org/10.30737/jaim.v2i1.236
Lando, A. T., Arifin, A. N., Selintung, M., Sari, K., Djamaluddin, I., Caronge, M. A., Asiyanthi, K. :, & Lando, T. (2019). Sosialisasi dan Pendampingan Sistem Pengelolaan Sampah Menjadi Kompos Skala Sekolah di SD Inpres Kantisang, Tamalanrea Socialisation and Accompaniment of The Waste Management System in Making School Scale Compost in SD Inpres Kantisang, Tamalanrea. Jurnal Panrita Abdi, 3(2), 113–124.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Rizal, D. (2019). Pendampingan Peningkatan Mutu Madrasah melalui Pembelajaran Aktif dan Manajemen Sekolah. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 327. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3037
Rosidah, I., Maruf, M., & Machfud, M. (2021). Pendampingan Pembelajaran Serta Upaya Peningkatan Fasilitas Di Desa Kraton Masa Pandemi Covid-19. Al-Khidmat, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9585
Sasmita, K., Yatimah, D., Irvansyah, A., & ... (2020). Guru Homeschooling Talenta Jakarta Timur Dalam Pembelajaran Daring Interaktif, Bermakna Dan Menyenangkan Dimasa Pandemi. Prosiding Seminar, 2020, vol? issue? 338–349.
Setyaningsih, N. D., & Asnawi, N. (2021). Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Koperasi Syariah: Pendekatan Participatory Action Research. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 124–143. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v2i1.199
Shohib, M., Firmanto, A., Kusuma, W. A., & Martasari, G. I. (2016). Pendampingan Kelompok Konselor Sebaya di Kota Batu. Jurnal Dedikasi, 13, issue?34–38.
Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.
Sucipto, L., & Syaharuddin, S. (2018). Konstruksi Forecasting System Multi-Model untuk pemodelan matematika pada peramalan Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 114. https://doi.org/10.26594/register.v4i2.1263
Supendi, P. (2016). Variasi (format) sistem pendidikan di Indonesia. Almufida, 1(1), 159–181.
Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).