PELATIHAN PEMBUATAN IKLAN DIGITAL DENGAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN WIRAUSAHA PEMULA MILENIAL
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15806Keywords:
Digital advertising, Canvas, Knowledge.Abstract
Abstrak: Belum optimalnya strategi pemasaran produk, khususnya pemanfaatan aplikasi untuk membuat iklan digital yang bisa mendukung promosi produk wirausaha pemula milenial, mendorong dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Tujuan kegiatan ini memberikan pengetahuan pembuatan iklan digital dengan aplikasi canva untuk mempromosikan produk wirausaha pemula milenial. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari 11 orang wirausaha pemula milenial yang tersebar di beberapa daerah di Provinsi Sumatera Selatan dan memiliki berbagai usaha yang telah berjalan paling lama 5 tahun. Pendampingan pembuatan iklan digital ini dilakukan dengan pelatihan. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan memberikan khalayak sasaran pengetahuan mengenai konsep-konsep dasar pembuatan iklan digital yang kemudian di evaluasi dengan tes. Dari hasil evaluasi yang dilakukan diketahui peningkatan pengetahuan khalayak sasaran terkategori sedang dengan rata-rata peningkatan sebesar 0,67. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pengetahuan wirausaha milenial dalam pembuatan iklan digital dengan Aplikasi canva.
Abstract: The not-yet-optimal product marketing strategy, especially the use of applications to create digital advertisements that can support the promotion of millennial startup entrepreneurial products, has encouraged this community service activity. This activity aims to provide knowledge of creating digital advertisements with the Canva application to promote millennial startup entrepreneurial products. The target audience in this service activity consists of 11 millennial startup entrepreneurs who are spread across several areas in South Sumatra Province and have various businesses that have been running for a maximum of 5 years. Assistance in making digital advertisements is carried out with training. Training activities are carried out by giving the target audience knowledge about the basic concepts of making digital advertisements which are then evaluated by tests. From the results of the evaluation carried out, it is known that the increase in knowledge of the target audience is in the moderate category with an average increase of 0.67. So it can be concluded that this service activity can increase millennial entrepreneurial knowledge in making digital advertisements with the Canva application.
References
Canva. (2023). Canva. (Canva, Producer) Retrieved Juni 2023, from Membuat Iklan: https://www.canva.com/id_id/membuat/iklan/
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro Keci dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76.
Fitriyani, I. (2019, Januari 3). Student Column. Retrieved from Binus University: https://communication.binus.ac.id/2019/01/03/era-globalisasi-menuntut-generasi-milenial-berjiwa-entrepreneur/
Hasan, Amallah, Mada, N. D., & Normanita. (2023, Januari). Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva bagi Pengrajin di Tabalong Mati. Al Khidma: Jurnal Pengabdian masyarakat, 3(1), 14-20.
Hasmidyani, D., Barlian, I., Fatimah, S., Mardetini, E., & Amrina, D. E. (2023). Pendampingan Pembuatan Laporan euangan dan Strategi Branding bagi Wirausaha Pemula Milenial. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 1-16.
Imron, Ong, D., & Andriansah. (2022, Juni). Analisa Pengaruh Iklan dari Aplikasi Design Canva dalam Meningkatkan Penjualan UMKM. RESPATI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 17(2), 1-10.
Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022, Desember). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212-224.
Mardetini, E., Barlian, I., Fatimah, S., & Hasmidyani, D. (2021). Challenges, Opportunities, and Management of Entrepreneurship in the COVID-A9 Pandemic for the Milenial Generation. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM), 5(1), 31-46.
McKagan, S., Sayre, E., & Madsen, A. (2022, Desember). PhysPort (Supporting Physics Teaching with Research-Based Resources). Retrieved Juni 2023, from Normalized Gain: What is it and When and How Should I Use It?: https://www.physport.org/recommendations/Entry.cfm?ID=93334
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2020). Digital Transformation :Generasi Muda Indonesia Menghadapi Transformasi Dunia. Yogyakarta: Andi.
Sanjaya, A., Nursandy, F. L., Lisvia, & Nurlita, Y. S. (2021, Juni). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 3(2), 167-181.
Sulistiyanto. (2022, April). Desain dan Digital Marketing Online menggunakan Canva. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(1), 6-11.
Wibowo, A., Dianta, K., Effendi, M. S., Kuncoro, H., Saptono, A., & Mukthar, S. (2022, Juni). Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran UMKM Berbasis Digital di Desa Cisaat. D'EDUKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 16-25.
Wijayanti, L., Sukwadi, R., Prasetya, W., & Azels, W. (2022, Mei). Pelatihan Membuat Desain Iklan Digital Menggunakan Aplikasi Canva Bagi UMKM Binaan ASPPUK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 107-125.
Wijoyo, H., & Widiyanti. (2020). Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Kahuripan . 1, pp. 10-13. Kediri: Universitas Kahuripan Kediri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).