PROGRAM KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SD

Authors

  • Febblina Daryanes Pendidikan Biologi, Universitas Riau
  • Annisa Suandy Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Riau
  • Asih Amelya Kebidanan, Universitas Hang Tuah
  • Deci Ririen Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri
  • Irda Sayuti Pendidikan Biologi, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15903

Keywords:

Campus Teaching Program, Increase, Numeral Ability.

Abstract

Abstrak: Analisis situasi pada sekolah mitra yaitu SD Islam Plus Ekatama Kota Pekanbaru Provinsi Riau menunjukkan para siswa masih memiliki kemampuan numerasi yang rendah. Masih banyak siswa yang belum mahir dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa Sekolah Dasar melalui pelaksanaan program kampus mengajar. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di sekolah mitra yaitu SD Islam Plus Ekatama Kota Pekanbaru Provinsi Riau, yang terdiri dari 74 orang siswa. Kegiatan terdiri dari (1) Persiapan; (2) Pelaksanaan kegiatan melalui pendampingan belajar siswa; dan (3) Evaluasi. Untuk mengukur ketercapaian tujuan kegiatan yang dilakukan digunakan instrumen soal pre-test dan post-test (Assesmen Kompetensi Minimum) AKM Kelas. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa terjadi peningkatan nilai rerata pre-test yang awalnya 26,25 meningkat menjadi 42,81. Seluruh peserta (100%) memperoleh peningkatan skor nilai pretest-posstest. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan kampus mengajar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam kemampuan numerasi.

Abstract: Situation analysis at partner schools, namely SD Islam Plus Ekatama, Pekanbaru City, Riau Province, shows that students still have low numeracy skills. There are still many students who are not proficient in addition, subtraction, multiplication and division. This service activity aims to improve the numeracy skills of elementary school students through the implementation of a teaching campus program. This service activity was carried out at partner school in SD Islam Plus Ekatama Pekanbaru City, Riau Province, which consisted of 74 students and 11 teachers. Activities consist of (1) Preparation, (2) Implementation of activities through student learning assistance; and (3) Evaluation. To measure the achievement of the objectives of the activities carried out, the pretest and posttest (Minimum Competency Assessment) AKM Class instruments were used. Based on the results obtained, there was an increase in the pretest mean value, which was initially 26.25, increased to 42.81. All participants (100%) obtained an increase in pretest-posttest scores. It can be concluded that teaching campus activities can improve students' abilities and skills in numeracy skills.

References

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi COVID-19 ( Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara ). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47. https://doi.org/10.54783/jin.v3i3.458.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V Sd Kota Singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 269–283.

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4),halaman? e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., & Octafianti, M. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnalbasicedu, 5(6), 5249–5257.

Fani, M., & Tranggono, D. (2023). Eksistensi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SDN Karang Nangkah 1. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 115–124. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.127

Khoiriah, K. (2022). Assessment for Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skills untuk Menstimulus Kecakapan Literasi Numerasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 127–144. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.740.

Mowata, Y. A., Molina, J. I., & Loban, J. M. (2023). Pendampingan Belajar Untuk Peningkatan Numerasi di SMP Kristen 03 Kalabahi dalam Masa Penugasan Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan IV. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 83–89. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1681

Oktiningrum, W., & Wardhani, D. A. P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Soal Higher Order Thinking Skills. MaPan, 7(2), 281–290. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a8

Pratiwi, A. E., & Tranggono, D. (2023). Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Sebagai Usaha Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi SDN Batonaong 1, Arosbaya. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 164–170. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.138

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M),1(3),161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687–1699. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125

Wulan, E. P. S., & Samosir, S. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV Di SMP Swasta Darma Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12085–12090. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10377

Yuherman, Y., Nugroho, W., & Sunarsi, D. (2021). Dampak Kebijakan MBKM Pada Kesiapan Sumber Daya Manusia dan Fasilitas Fakultas Hukum Usahid Jakarta. MORALITY : Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 222. https://doi.org/10.52947/morality.v7i2.235

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles