PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN NODEMCU MENYONGSONG ERA REVOLUSI MASYARAKAT 5.0 PADA SISWA SMA X DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Ratnadewi Ratnadewi Universitas Kristen Maranatha
  • Yohana Susanthi Universitas Kristen Maranatha
  • Agus Prijono Universitas Kristen Maranatha
  • Tio Dewantho S Universitas Kristen Maranatha
  • Clarence Amadeus Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1609

Keywords:

NodeMCU learning, Participatory action research, Internet of things

Abstract

Abstrak: Menyongsong era revolusi masyarakat 5.0 generasi muda perlu dibekali dengan ilmu pengetahuan yang bermanfaat pada waktu yang akan datang. Hal ini yang menjadi dasar dilakukan pendampingan pembelajaran NodeMCU sebagai salah satu perangkat Internet of Things yang berguna untuk mengendalikan perangkat dari perangkat mobile atau perangkat komputer jarak jauh. Evaluasi hasil pendampingan digunakan dua cara yaitu, metode survey dan participatory action research. Pendampingan diikuti oleh 43 siswa-siswi SMA X di Bandung selama dua hari. Hasil kuesioner pertama dan kedua setelah dibandingkan terdapat peningkatan pemahaman sebelum dan sesudah mentorship sebesar 20%-25% yang diperoleh dari persentasi siswa yang menjawab benar materi kuesioner. Sedangkan hasil kuesioner ketiga diperoleh pencapaian kepuasan siswa rata-rata di atas 3 yang berarti siswa merasa penyampaian materi, fasilitas, dan kualitas kegiatan pendampingan bernilai â€baikâ€.  


Abstract:  Toward the era of revolution in society 5.0 young generations need to be equipped with useful knowledge in the future. This is the basis for NodeMCU learning mentorship as one of the Internet of Things devices that is useful for controlling devices from mobile devices or remote computer peripheral. The evaluation results of the mentorship are used in two ways that are survey methods and participatory action research. The mentorship was attended by 43 students of SMA X in Bandung for two days. The results of the first and second questionnaires after comparison have increased understanding before and after mentorship by 20% - 25% obtained from the percentage of students who answered the questionnaire material correctly (Figure 6). While the results of the third questionnaire obtained an average achievement of student satisfaction above 3, which means students feel the delivery of material, facilities, and the quality of mentoring activities is worth "Good".

Author Biographies

Ratnadewi Ratnadewi, Universitas Kristen Maranatha

Electrical Engineering Department

Yohana Susanthi, Universitas Kristen Maranatha

Electrical Engineering Department

Agus Prijono, Universitas Kristen Maranatha

Electrical Engineering Department

Tio Dewantho S, Universitas Kristen Maranatha

Electrical Engineering Department

Clarence Amadeus, Universitas Kristen Maranatha

Electrical Engineering Department

References

Databoks. (2019). Jumlah Penduduk Indonesia 2019 Mencapai 267 Juta Jiwa.

Forum, W. E. (2018). The Future of Jobs Report.

IDMetafora. (2019). Penerapan IoT dalam Pendidikan With Digital We Empowering You! Our Client’s.

Kompasiana. (2019a). Masuk Era Revolusi Industri 4.0, Butuh 10 Keterampilan Ini.

Kompasiana. (2019b). Menuju Pendidikan Era Revolusi Industri.

Macdonald, C. (2012). Understanding Participatory Action Research : A Qualitative Research Methodology Option. Canadian Journal of Action Research, 13(2), 34–50.

Morales, M. P. E. (2016). Participatory Action Research ( PAR ) cum Action Research ( AR ) in Teacher Professional Development : A Literature Review Participatory Action Research ( PAR ) cum Action Research ( AR ) in Teacher Professional Development: A Literature Review. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 2(1), 156–165.

Prasetyo, A., & Litanianda, Y. (2019). Ibm Asah Kreativitas Anak Dengan Pengenalan Kendali Raspberry PI. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(1), 13. https://doi.org/10.31764/jmm.v2i1.1331

Riyani, Y. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. EKSOS, 8, 19–25.

Saputra, O., & Lisiswanti, R. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Keterampilan Klinik di Institusi Pendidikan Kedokteran Factors Affecting Clinical Skills Learning Successfulness in Medical Education. JUKE Universitas Lampung, 5(9).

Saputro, M., Ardiawan, Y., & Fitriawan, D. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi (Studi Korelasi pada Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak ). Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 233–246.

Sari, N., & Rahman, N. (2017). Usaha Pendidikan Dasar Computer “Diksar Comp†Mahasiswa Di FKIP Muhammadiyah Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 87. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.18

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). The Teaching and Learning of Automotive Electrical. 6(1).

TeknoJurnal. (2015). 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Belajar Membuat Perangkat Internet of Things, https://teknojurnal.com/mengapa-harus-belajar-internet-of-things/

UNPAD. (2019). Hadapi Revolusi Industri 4 . 0 , Apa yang Harus Disiapkan?

Published

2020-03-02

Issue

Section

Articles