PELATIHAN DAN EDUKASI LITERASI KEUANGAN UNTUK ANAK-ANAK PANTI ASUHAN

Authors

  • Wahdan Arum Inawati Akuntansi, Universitas Telkom
  • Ruri Octari Dinata Akuntansi, Universitas Telkom
  • Hilda Salman Said Akuntansi, Universitas Telkom
  • Hanif Azhar Desain Produk, Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16133

Keywords:

Financial Literacy, Foundation.

Abstract

Abstrak: Yayasan Griya Sodaqo Indonesia merupakan salah satu yayasan yang ada di Provinsi Jawa Barat. Yayasan ini menaungi beberapa panti asuhan, sehingga anak-anak yatim di dalamnya dapat menjadi masyarakat mitra sasar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Istana Yatim Daarul Adzkar Kota Bandung denga mitra sasar sejumlah 23 orang. Belum banyak anak-anak yang memiliki kemampuan dan keyakinan mengenai literasi keuangan sehingga menjadi peluang dalam mengadakan pengabdian masyarakat di bidang ini. Literasi keuangan memiliki tujuan jangka panjang yakni menambah wawasan dan kemampuan literasi anak-anak dan meningkatkan kesadaran mereka mengenai kehadiran lembaga keuangan yang ada di masyarakat. Pelatihan mengenai literasi keuangan diperlukan agar anak-anak yatim memiliki pengetahuan yang memadai mengenai literasi keuangan. Tingkat keberhasilan kegiatan ini diukur dengan mengevaluasi hasil kuesioner, pre dan post test, jika mencapai di atas 50% maka kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan, bahwa jumlah peserta yang menjawab dengan benar pada saat post test semakin sedikit dibandingkan dengan pre test. Selain itu, tingkat kepuasan dari peserta sasar mencapai 90.59%.

Abstract: The Griya Sodaqo Indonesia Foundation is one of the foundations in West Java Province. This foundation houses several orphanages, so that orphans in them can become target partner communities. This community service activity was carried out at the Daarul Adzkar Orphan Palace in Bandung City with 23 target partners. Not many children have the ability and confidence regarding financial literacy so that it becomes an opportunity to hold community service in this field. Financial literacy has a long-term goal, which is to increase children's knowledge and literacy skills and increase their awareness of the presence of financial institutions in society. Training on financial literacy is needed so that orphans have adequate knowledge about financial literacy. The success rate of this activity is measured by evaluating the results of the questionnaire, pre and posttest, if it reaches above 50% then this community service activity can be said to be successful. Based on the results of the community service activities that have been carried out, that the number of participants who answered correctly during the post test was less than the pretest. In addition, the satisfaction level of the target participants reached 90.59%.

References

Alifah, S., Pamungkas, A. D., & Manurung, L. (2020). Pengenalan Literasi Keuangan Pada Yayasan Tahfidzul Qur’an Ar-Rahmani. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 64–69. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.704

Anggraini, T. M., & Wijaya, A. L. (2022). Edukasi Literasi Keuangan dan Motivasi Berwirausaha Pada Anak Panti Asuhan Daarut-Taubah Kota Madiun. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 141–152. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i2.1641

Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175–190. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100

Bappenas. (2020). Sekilas SDGs. https://sdgs.bappenas.go.id/sekilas-sdgs/

KBBI Online. (n.d.).

M. Tufetulov, A., M. Shavaleyeva, C., M. Sabitova, N., & I. Abdreev, T. (2019). Improving Financial Literacy of the Children and Teenagers in the Russian Federation. Gênero & Direito, 8(6), 60–69. https://doi.org/10.22478/ufpb.2179-7137.2019v8n6.49201

OJK. (2013). Literasi Keuangan.

Profil Yayasan Daarul Adzkar Nusantara. (n.d.). https://daaruladzkar.com/

Riwayati, H. E., Noviyah, N. M. R., & Cahaya, Y. F. (2021). Literasi Keuangan Bagi Para Santri Panti Asuhan Thariiqul Jannah Bekasi. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(2), 101–108. https://doi.org/10.56174/jap.v2i2.428

Sadri, M. (2019). Pemberdayaan Siswa Melalui Edukasi Keuangan Sejak Dini Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 290–295.

Siswanti, I., & Suryanto, S. (2021). Literasi Keuangan Syariah Di Panti Asuhan Tahfidzul Qur’an an-Nurriyyah, Tambun - Bekasi. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.56174/jap.v2i1.374

Sodaqo Donation, Charity & Fundraising. (n.d.).

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. (n.d.). https://indonesia.un.org/id/sdgs

Yuneline, M. H., Suryana, U., & Hilman, I. (2021). Perencanaan Keuangan untuk Menumbuhkan Awareness Literasi Keuangan pada Siswa SMA PMB Bandung. Warta LPM, 24(2), 239–248. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.12288

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles