PENDAMPINGAN PENYUSUSUNAN KURIKULUM PESANTREN BERBASIS DAKWAH DAN KADERISASI DI LKSA PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN PONOROGO

Authors

  • Nurul Abidin Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Riyanto Riyanto Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Asih Asih Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Alif Dian Safitri Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Safitri Windi Handayan Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ella Rodia Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Astiti Amalia Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16140

Keywords:

Muhammadiyah Children Center, Curriculum, Da'wah and Cadreization.

Abstract

Abstrak: Muhammadiyah Children Center (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak-LKSA) di kabupaten Ponorogo sampai dengan tahun 2022 jumlahnya 16 lembaga dengan sekitar 788 anak asuh yang tersebar di 9 Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) di Kabupaten Ponorogo. Dalam pelaksanaannya setiap lembaga dalam menerapkan manajemen pendidikannya masih berjalan sendiri-sendiri, belum ada kurikulum yang seragam yang diterapkan. Maka, tujuan dari kegiatan ini adalah menyusun kurikulum LKSA berbasis pesantren yang dapat digunakan secara seragam oleh semua LKSA panti asuhan Muhammadiyah di Ponorogo. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan terhadap 16 pimpinan LKSA Muhammadiyah se Ponorogo secara luring. Tim penyususn pertama kali membuat draf kurikulum, kemudian draft ini dibawa ke forum workshop untuk digodok, dan menampung semua saran dan masukan dari seluruh pimpinan LKSA agar kurikulum sesuai dengan kebutuhan pemakai. Langkah terakhir, kurikulum ini dirapatkan kembali oleh tim penyusun untuk disempurnakan, dan selanjutnya disahkan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ponorogo. Hasil dari kegiatan ini tersusunnya berupa sebuah kurikulum pesantren berbasis dakwah dan kaderisasi di LKSA panti asuhan Muhammadiyah di kabupaten Ponorogo, yang telah disahkan oleh PDM, dan telah dilounching pada Musyawarah Daerah ke 11 Muhammadiyah dan Aisyiyah Ponorogo.

Abstract: Muhammadiyah Children Center (Child Social Welfare Institution-LKSA) in Ponorogo district until 2022 there are 16 institutions with around 788 foster children spread over 9 Muhammadiyah Branch Leaders (PCM) in Ponorogo Regency. In practice, each institution in implementing its educational management is still running separately, there is no uniform curriculum that has been implemented. So, the purpose of this activity is to develop a pesantren-based LKSA curriculum that can be used uniformly by all LKSAs of Muhammadiyah orphanages in Ponorogo. The method used in this service is offline assistance to all LKSA Muhammadiyah leaders in Ponorogo. The drafting team first made a draft of the curriculum, then this draft was brought to the workshop forum to be discussed, and accommodated all suggestions and input from all LKSA leaders so that the curriculum was in accordance with user needs. The last step, this curriculum was brought together again by the drafting team to be perfected, and then ratified by the Muhammadiyah Ponorogo Regional Leadership. The results of this activity are in the form of a pesantren curriculum based on da'wah and regeneration at the LKSA Muhammadiyah orphanage in Ponorogo district, which has been approved by PDM, and has been launched at the 11th Regional Conference of Muhammadiyah and Aisyiyah Ponorogo.

References

Abdullah, A. F. A., Azizah, S., Rahman, M. H., Tianah, I., Khairi, A. I., Romadhon, S., … Oktafiana, S. (2022). Pendampingan kewirausahaan melalui branding sandal jepit di Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 4(1), 18–28.

Abidin, N., Arifin, S., & Syakarna, N. F. R. (2022). Manajemen penerapan pembelajaran bilingual di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo Jawa Timur. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(1), 1–14.

Abidin, N., Prastyaningsih, E., Sugianto, A., & Syukroni, A. (2022). Pelatihan Jurnalisme: Bijak Bermedsos, Training Motivasi dan Digital Marketing di Muhammadiyah Singosaren Ponorogo. JPN (Jurnal Padamu Negeri), 1(2), 39–45.

Arifin, Z. (2018). Manajemen pengembangan kurikulum pendidikan Islam: Teori dan praktik. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ….

Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 162–183.

Asry, N. (2019). Model Gerakan Dakwah di Indonesia. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 4(1).

Faishal, G. (2018). Peran Yayasan LKSA Yatim Piatu Al-Ikhlas Ponorogo Dalam Membentuk Karakter Anak Asuh Yang Mandiri, Disiplin dan Bertanggung Jawab. Ponorogo: IAIN PONOROGO.

Fitri, A. N., Riana, A. W., & Fedryansyah, M. (2015). Perlindungan Hak-Hak Anak Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 26.

Kartowagiran, B. (2010). Evaluasi kurikulum. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 1–9.

Lathifah, Z. (2020). Gerakan Gerakan Islam Indonesia KOntemporer (M. Wildan, Ed.). Yogyakarta: Diterbitkan oleh Adab Pres Fakultas Adab dan Ilmu Budaya.

Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 125–134.

Mubhar, M. Z., & Fahmi, Z. (2023). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Filantropi; Pemaknaan Surah Al Maun. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 8(1), 78–85.

Muhammadiyah, P. P. (2012). Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor: 01/PED/I. 0/B/2017 Tentang LAZISMU.

Nadzifah, Y. (2021). Kota Layak Anak (KLA): Pola Pembangunan Kesejahteraan Anak. In Pernik Pembangunan Dalam Perspektif Sosiologi Pembangunan. Yogyakarta: Bildung.

Riyanto, R., Laksana, S. D., & Ariyanto, A. (2021). The Role of Islamic Development and Kemuhammadiyahan in Increasing Employee Values of Muhammadiyah University of Ponorogo. ICOIR, 3(1), 25.

Sofyan, M. (2019). Bimbingan Agama Pada Anak Untuk Membentuk Karakter Religius Di Panti Asuhan Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sudin, A. (2014). Kurikulum dan pembelajaran. UPI Press.

Sugianto, A., Riyanto, R., & Tajab, M. (2022). Pelatihan Menulis Seni Kaligrafi Bagi Guru Taman Pendidikan Al Qur’an. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3551.

Sujino, S. (2019). Manajemen Strategi Pelaksanaan Kurikulum dalam Mewujudkan Madrasah Unggul (Studi atas MA Muhammadiyah Kota Metro). At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(02), 206.

Sutrisno, E. (2015). Model Pendidikan Life Skill Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Al-Maa’uun Balong Ponorogo. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Wahyuni, S., Nuraini, N., & Abidin, N. (2019). Strategi Pendidikan Unggul Berbasis Organisasi di Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 97–110.

Yuhasnil, Y. (2020). Manajemen kurikulum dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 214–221.

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles