PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENERAPKAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Ida Tejawiani Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Nur Sucahyo Sistem Informasi, Institut Teknologi Dan Bisnis Swadharma
  • Usanto Usanto Sistem Informasi, Institut Teknologi Dan Bisnis Swadharma
  • Adi Sopian Sistem Informasi, Institut Teknologi Dan Bisnis Swadharma

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16143

Keywords:

Artificial Intelligence, Integral, Creativity, Photomath, Students.

Abstract

Abstrak: Penggunaan Artificial Intelligence (AI) semakin meluas, termasuk di bidang pendidikan. AI dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan potensi siswa, terutama dalam hal kreativitas. kegiatan PkM yang dilaksanakan di SMA Tunas Harapan Jakarta diikuti oleh 156 siswa. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang berbasis AI. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memahami secara mendalam proses metakognisi siswa SMA dalam memecahkan masalah integral dengan menggunakan aplikasi Photomath melalui E-Learning AI. Aplikasi Photomath berperan sebagai alat bantu untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah integral serta membantu mereka mengembangkan keterampilan yang diperlukan sesuai dengan kurikulum sekolah. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan PkM ini meliputi pengenalan konsep integral, penggunaan aplikasi Photomath, dan pembagian kelompok diskusi. Untuk mengevaluasi keberhasilan kegiatan PkM ini, sebelum PkM dilakukan, semua peserta diberikan kuesioner untuk mengetahui pemahaman awal mereka. Setelah kegiatan selesai, peserta diminta mengisi kuesioner untuk menilai tingkat pemahaman mereka Dari hasil kegiatan PkM ini, diketahui 91.6% siswa mengalami peningkatan pengetahuan dan dianggap relevan dengan kebutuhan siswa sebesar 89.4%. Kepuasan siswa dalam mengikuti kegiatan PkM ini tercermin dalam pencapaian presentasi sebesar 90.9%.

Abstract: The use of artificial intelligence (AI) is also becoming more prevalent in education. With the help of AI, we can improve the quality of learning and foster students' potential, especially in terms of creativity. 156 students participated in his PkM activities at SMA Tuna Harapan Jakarta. One of the approaches used is the AI-based Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5). The purpose of this non-profit activity is to gain a deeper understanding of the metacognitive process of high school students solving integral problems using Photomath applications through e-learning AI. The Photomath application serves as a tool to improve students' metacognitive skills in solving synthetic problems and helps develop skills needed in the school curriculum. Methods used to implement this PkM include the introduction of integral concepts, the use of Photomath applications, and the division of discussion groups. To assess the success of this PkM activity, all participants were given a questionnaire to assess initial comprehension before performing the PkM. After completing the activity, participants were asked to complete a questionnaire to assess their knowledge level. The outcome of this PkM activity was that 91.6% of students improved their knowledge and 89.4% considered it relevant to their needs. . Student satisfaction in participating in this PkM activity is reflected in a presentation grade of 90.9%.

References

Afandi, A. (2016). Profil Penalaran Deduktif Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Perbedaan Gender. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 8–21. https://doi.org/10.31597/ja.v2i1.123.

Craft, A. (2012). Creativity and Education Futures: Learning in a Digital Age. Stoke-on-Trent: Trentham Books.

Dwi Handayani, S., & Solihah, A. (2022). Kapas : Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan Aplikasi PhotoMath dan Aplikasi YHomework pada Pembelajaran Matematika. 1(1), 1–7.

Feng, M. (2018). Artificial intelligence in education: Current achievements and future directions. Journal of Education Technology Development and Exchange (JETDE), 11(1), 19-31.

Fitokimia, U. J. I., Antibakteri, D. A. N., Etanol, E., & Kawista, B. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ( ISBN : 978-602-61265-2-8 ), Juni 2018 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ( ISBN : 978-602-61265-2-8 ), Juni 2018. 2014, 236–241.

Gulamhussein, A. (2013). Teaching the 4Cs with Technology: How do I use 21st-century tools to teach 21st-century skills? Alexandria, VA: ASCD.

Hidayatulloh, F., Faizin, A., & Setiawan, A. (2020). Pengembangan sistem pendukung pengambilan keputusan karir berbasis proyek menggunakan metode model Agile pada SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(4), 616-627.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hartati, S., Bilqis, R. A., & Rinaldi, A. (2020). Mathematical problem-solving abilities and reflective thinking abilities: The impact of the influence of eliciting activities models. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 167–178. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i1.6709

Hidayati T. (2016). Integrating Ict In English Language Teaching And Learning In Indonesiajeels, Volume 3, Number 1, May 2016.

Ihsan, M. H., Prawita, G. A., & Abdullah, A. G. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Interaktif pada Pembelajaran Kimia dengan Model Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 66-78

Kamelia, S., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif-Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 385. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.9454

Listiana, A., Nindiasari, H., Fatah, A., & Listiana Maharani, A. (2020). Penerapan Model Inquiri Terbimbing Berbasis Scaffolding Metakognitif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Berdasarkan Tahapan Perkembangan Kognitif Siswa Sma. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 13(1), 1–20. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4724

Mardhiyana, D., Nasution, N. B., & ‘Adna, S. F. (2018). Tahap Define Dan Design Bahan Ajar Matematika Smp Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Berbasis Budaya Lokal Untuk Menanamkan Nilainilai Budaya Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 15(1), 68–78. https://doi.org/10.54911/litbang.v15i0.79

Mulbar, U., Alimuddin, A., & Mukarramah, S. (2021). Metakognisi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Issues in Mathematics Education (IMED), 5(2), 91. https://doi.org/10.35580/imed23840

Permana Dewi, I. W. D., & Handayani, I. G. A. (2022). Peranan Aplikasi Photomath Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Literasi Digital (Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan, 20(1), 94–101. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v20i1.411

Permatasari, C. R. I., & Yunianta, T. N. H. (2021). E-Learning Artificial Intelligence Sebagai Suplemen Dalam Proses Metacognitive Scaffolding Pemecahan Masalah Integral. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 829. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3490

Prilistama, G. (2021). Pemanfaatan Electronic Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Semadik. https://seminarmat.ump.ac.id/index.php/semadik/article/view/328

Putri, E. F. N., Handayanto, S. K., & Supriana, E. (2021). Mengapa Siswa Memiliki Kesadaran Metakognitif Lebih Tinggi Dalam Flipped Learning Terintegrasi Metacognitive Scaffolding? Kajian Persepsi Siswa di Kelas Online Fisika Selama Pandemi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(8), 1293. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i8.14963

Rahman, M. H. (2019). Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen Di Paud Asuhan Bunda Kabupaten Asahan. Qurroti : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 38–46. https://doi.org/10.36768/qurroti.v1i2.39

Rudyanto, H. E., Ghufron, A., & Hartono. (2019). Use of integrated mobile application with realistic mathematics education: A study to develop elementary students’ creative thinking ability. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(10), 19–27. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i10.11598

Suryaningtyas, S., & Setyaningrum, W. (2020). Analisis kemampuan metakognitif siswa SMA kelas XI program IPA dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 74–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.16049

Yudianto, E. (2015). Profil Antisipasi Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Integral. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 21. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4472

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles