PEMBERDAYAAN LIFESKILL REMAJA DENGAN ORANG TUA TKI MELALUI PROGRAM SUPPORT SYSTEM

Authors

  • Suharni Suharni Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun.
  • Beny Dwi Pratama Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun.
  • Tyas Martika Anggriana Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun.
  • Asroful Kadafi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun.

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16272

Keywords:

Life Skills, Teenager, TKI, Program Support System.

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Bina Keluarga Remaja (BKR) Putra Harapan. Permasalahan di BKR ini terkait Pola pengasuhan yang kurang terkontrol, karena orang tua jauh menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) membuat perkembangan remaja menjadi tidak maksimal. Pembentukan BKR di harapkan mampu memfasilitasi kebutuhan remaja, agar mereka memiliki keterampilan lifeskill, namun faktanya permasalahan masih muncul, seperti belum dimilikinya keterampilan atau lifeskill oleh remaja. Dari permasalahan ini, tim pengabdi memberikan solusi dengan program suport system. Program Support System (PSS) diharapkan dapat memfasilitasi remaja untuk menyampaikan berbagai masalah dan saling memberikan edukasi antar remaja anggota BKR melalui pelatihan pendidik dan konselor sebaya. Setelah program ini berjalan diharapkan dapat menciptakan iklim yang kondusif dan saling mensuport antar sebaya dan dapat memfasilitasi remaja memiliki lifeskill untuk mampu produktif. Sasaran kegiatan ini terdiri dari: 5 kader BKR, 50 orang tua, dan 50 remaja. Metode pengabdian dilaksanakan dengan metode pelatihan dan pendampingan kepada mitra. PSS diawali dengan melaksanakan pelatihan pendidik sebaya dan konselor sebaya. Tahap berikutnya dilakukan pendampingan layanan untuk memastikan PSS berjalan dengan baik. Hasil program PKM ini mampu menghasilkan luaran: (1) Peningkatan keterampilan kader BKR dalam membangun suport system di BKR sebesar 100%; (2) Peningkatan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam menjadi pendidik dan konselor sebaya sebanyak 90%; dan (3) Peningkatan pengetahuan orangtua terkait strategi pengasuhan yang sesuai bagi anak sebanyak 80%. Luaran ini dilihat dari hasil evaluasi yang mengadobsi dari model evaluai CIPP.

Abstract: This service activity was carried out at the Putra Harapan Youth Family Development (BKR). The problem at BKR is related to parenting patterns that are less controlled, because parents are far away from being Indonesian Migrant Workers (TKI) which makes adolescent development not optimal. The formation of BKR is expected to be able to facilitate the needs of youth, so that they have life skills, but in fact problems still arise, such as the lack of skills or life skills by adolescents. From this problem, the service team provides a solution with a support system program. The Support System (PSS) program is expected to be able to facilitate youth to convey various problems and provide mutual education among BKR youth members through training of peer educators and counselors. After this program is running, it is hoped that it will be able to create a climate that is conducive and mutually supportive among peers and can facilitate youth to have life skills to be productive. The target of this activity consisted of: 5 BKR cadres, 50 parents, and 50 youth. The service method is carried out using training and mentoring methods for partners. PSS begins with training for peer educators and peer counselors. The next stage is service assistance to ensure PSS runs well. The results of this PKM program were able to produce outputs: 1) Increasing the skills of BKR cadres in building a support system at BKR by 100%. 2) Increased knowledge and skills of adolescents in becoming peer educators and counselors by 90%, 3) Increased parental knowledge regarding appropriate parenting strategies for children by 80%. This output is seen from the evaluation results that adopt the CIPP evaluation model.

 

References

Alfaiz, A., Andre, J., Fahriza, I., Rachmaniar, A., Dartina, V., & Kadafi, A. (2023). Pembelajaran yang menyenangkan: implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 96–101. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/13990

Alfaiz, Kadafi, A., Yuzarion, Aulia, R., Suarja, S., Mulyani, R., Chandra, Y., & Adison, J. (2020). Memahami perilaku kemandirian belajar siswa melalui perspektifHuman Agency: Sintesis perspektif Human Agency. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 135–146. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.6761.

Amalia, N., & Kurniawati, F. (2021). Studi Literatur: Peran Guru Pendidikan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 361–371. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3730

Anggriana, T. M., Kadafi, A., & Trisnani, R. P. (2017). Peran konselor dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa difabel. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, 146–151. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/390

Asri, D. N., Dewi, N. K., Trisnani, R. P., & Kadafi, A. (2023). Implementasi Lesson Study For Learning Community (LSLC) pada Layanan Bimbingan untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 117–127. https://www.jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/321

Dahniar, D., Ibrahim, J., & Rahmawati, R. (2023). Pelatihan Kader Community-Based Palliative Care. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2183–2193. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/14117

Kadafi, A., Asri, D. N., Ardi, P., Afifah, D. R., & Andria, A. (2022). Optimalisasi Learning Management System Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3237–3247. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/9547

Kadafi, A., Pratama, B. D., & Suharni, S. (2022). Pelatihan Menjadi Pendidik Sebaya Sebagai Upaya Preventif Pernikahan Dini. Ganesha: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 69–74. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/ganesha/article/view/1966

Kadafi, A., Suharni, & Christiana, R. (2021). Inovasi Produk Olahan Kedele pada UMKM Kedele Cryspy Erte. Ganesha: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 62–68. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/ganesha/article/view/1463/520521221

Kasmawati, K., Rasmaniar, R., Nurlaela, E., Koro, S., & Nurbaya, N. (2023). Pelatihan Kader Posyandu Remaja Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Kader Remaja. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2156–2165. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/14292

Khairunnisa, M. F., & Apsari, N. C. (2021). Sistem Dukungan Sosial Bagi Korban Eksploitasi Seksual Komersial Anak (ESKA). Share: Social Work Journal, 10(2), 119–126. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.30734

Pratama, B. D., Kadafi, A., & Suharni, S. (2018). Peran Konselor dalam identifikasi masalah dan kebutuhan siswa underachiever. 452–456. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/522

Rahmaningrum, A., & Fauziah, P. (2021). Peran Guru pada Pengasuhan Anak dari Keluarga Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia DiniJurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1282–1292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.796

Santoso, L., & Abror, D. (2020). Pola Pemenuhan Hak Asuh Anak Pada Keluarga Buruh Migran Indonesia: An Maqashid Shariah Perspective. Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies, 2(1), 56–73. https://doi.org/10.21154/syakhsiyyah.v2i1.2160

Suharni, S., Kadafi, A., & Pratama, B. D. (2023). Kolaborasi Membangun Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah dan Orang Tua di SLBN Sambirejo. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 161–167. https://journal.literasisains.id/index.php/abdikan/article/view/1740

Surya Gani, D., & Budi Lestari, S. (2018). Komunikasi dan Pola Asuh Anak dalam Membangun Keharmonisan pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia (Kasus pada Tenaga Kerja Indonesia di Sojomerto, Kendal). Interaksi Online, 6(4), 306–410. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/21692

Widowati, E., & Cahyati, W. H. (2019). Kejadian Kekerasan Terhadap Anak Tenaga Kerja Indonesia Di Kabupaten Kendal. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 12(1), 65–98. https://doi.org/10.21043/palastren.v12i1.3149

Zahroni, P. K. D., Andriani, I., Helmastuti, F., & Kadafi, A. (2019). Optimalisasi peran Lansia dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui pelatihan pembuatan getuk beton. Prosiding SNBK: Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 78–83. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/876

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles