PEMENUHAN KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN SISTEM PEMANTAUAN KOLOM IKAN DI BEBERAPA TITIK BERBASIS IOT

Authors

  • Istiqomah Istiqomah Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
  • Arif Abdul Aziz Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
  • Achmad Rizal Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
  • Muhammad Fahriza Bahrudin Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
  • Soediponegoro Soediponegoro Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
  • Azriansyah Azriansyah Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
  • Achmad Ibnu Abas Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
  • Muhammad Yusuf Salman Program Studi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16318

Keywords:

Fish Pond Monitoring System, Multiple Point Monitoring, IoT, Nature school.

Abstract

Abstrak: Di sekolah alam process pembelajaran mengedepankan interaksi dengan alam. Terkadang sekolah alam memiliki beberapa fasilitas sebagai media pembelajaran yang berhubungan dengan alam seperti kolam. Tidak terkecuali di Sekolah Alam Gaharu sebagai mitra di pengambdian masyarakat ini. Sekolah Alam Gaharu yang memiliki beberapa kolam ikan yang digunakan untuk fasilitas observasi alam. Untuk mempermudah fasilitas tersebut digunakan sebagai media pembelajaran, Sekolah Alam Gaharu membutuhkan satu sistem pemantauan semua kolam dan media belajar. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dikembangkan satu sistem pemantauan kolam ikan dibeberapa titik untuk parameter keasaman dan temperature air kolam yang terintegrasi oleh satu sistem IoT. Sistem yang diterapkan sebagai solusi di Sekolah Alam Gaharu adalah dua sensor node yang digunakan untuk mengakuisisi data PH dan temperatur dan satu sistem gateway sebagai sistem integrasi kedalam satu sistem IoT. Kemudia semua parameter PH dan temperatur kolam dapat dipantau di aplikasi android. Untuk mengetahui apakah sistem berjalan sesuai kebutuhan Sekolah Alam Gaharu, dilakukan survei umpan balik ke guru sekolah tersebut. Dari Umpan balik yang dilakukan ke lima belas guru, didapatkan respon bahwa seluruh guru sangat setuju bahwa semua komponen sistem yang telah diimplementasikan sangat membantu dalam process pembelajaran. Seluruh responden menyatakan sangat setuju 100% bahwa sistem mampu membantu process pembelajaran di Sekolah Alam Gaharu.

 

Abstract: In natural schools, the learning process emphasizes interaction with nature. Sometimes natural schools have several facilities as learning media related to nature, such as ponds. Gaharu Natural School is no exception as a partner in this community service. Gaharu Nature School has several fish ponds used as natural observation facilities. Gaharu Natural School requires a monitoring system for all ponds and learning media to make it easier for these facilities to be used as learning media. Therefore, to meet these needs, a fish pond monitoring system has been developed at several points for the parameters of acidity and pond water temperature, which are integrated by an IoT system. The system implemented as a solution at the Gaharu Natural School is two sensor nodes used to acquire PH and temperature data and a gateway system as an integration system into an IoT system. Then all PH and pool temperature parameters can be monitored in the Android application. A feedback survey was conducted on the school's teachers to determine whether the system is running according to the needs of the Gaharu Natural School. From the feedback provided to the fifteen teachers, the responses were obtained that all teachers strongly agreed that all the components of the system that had been implemented were very helpful in the learning process. All respondents strongly agreed 100% that the system could assist the learning process at Gaharu Natural School.

 

References

Ashoka Indonesia. (2016). Lendo Novo: Pendiri Sekolah Alam, Penggagas Sobat Bumi. https://pembaharublog.wordpress.com/2016/10/28/lendo-novo-pendiri-sekolah-alam-penggagas-sobat-bumi-bagian-i/

Azhra, F. H., & Anam, C. (2021). IoT-based Automatic Fish Pond Control System. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(6), 394. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2020i6.11128

Chen, C.-H., Wu, Y.-C., Zhang, J.-X., & Chen, Y.-H. (2022). IoT-Based Fish Farm Water Quality Monitoring System. Sensors, 22(17), 6700. https://doi.org/10.3390/s22176700

Dimyati A, M., Suwardiyanto, D., Yuliandoko, H., & Arief W, V. (2018). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (On Line) Bagi Guru Dan Siswa Di Smk Nu Rogojampi. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.565

Elba Lintang, Firdaus, & Ida Nurcahyani. (2017). Sistem Monitoring Kualitas Air Pada Kolam Ikan Berbasis Wireless Sensor Network Menggunakan Komunikasi Zigbee. Prosiding Snati F Ke-4 .

Fuadi, A. Z., Istiqomah, I., & Budiman, F. (2022). Implementasi Arduino Untuk Menunjang Pembelajaran Stem di Mgmp Ipa Kabupaten Bandung Barat. Prosiding COSECANT: Community Service and Engagement Seminar, 2(1). https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i1.18419

Gemilang Zulkarnain, G., Aji Pramudita, B., & Istiqomah. (2022). Water Pollution Monitoring Systems Several Point Locations Using the Internet of Things. 2022 IEEE Asia Pacific Conference on Wireless and Mobile (APWiMob), 1–7. https://doi.org/10.1109/APWiMob56856.2022.10014098

Herlina, E., Stai, R., Khalidiyah, A., & Kalimantan, S. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. 2(3), 122–130.

Ifa Khoiria Ningrum, & Yuniarta Ita Purnama. (2019). Sekolah Alam.

Istiqomah, I., Pramudita, B. A., & Rizal, A. (2023). Pelatihan Learning Management Sistem Di Sekolah Alam Gaharu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1964. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13345

Junaidi, A., & Kartiko, C. (2020). Design of Pond Water Quality Monitoring System Based on Internet of Things and Pond Fish Market in Real-Time to Support the Industrial Revolution 4.0. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 771(1), 012034. https://doi.org/10.1088/1757-899X/771/1/012034

Maryati. (2007). Sekolah Alam, Alternatif Pendidikan Sains Yang Membebaskan Dan Menyenangkan.

Prihatiningrum, N., Barri, M. H., Pramudita, B. A., Fuadi, A. Z., Istiqomah, I., & Budiman, F. (2022). Workshop Arduino Untuk Menunjang Pembelajaran Stem Untuk Guru Ipa Smp. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9783

Qari’ah, A., Surtini, D., & Efendi, E. (2021). Pengembangan Sekolah Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pelajaran Ipa. LeNSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 45–50. https://doi.org/10.24929/lensa.v2i2.151

Ramadan, W. (2020). Sekolah Alam di Kalsel; Latar Belakang, Ekspektasi dan Persepsi. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 12(1), 40–51. https://doi.org/10.18860/mad.v12i1.7656

Ronaldi, R., & Supriyoko, S. (2020). Manajemen Pembelajaran Alam Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik. Media Manajemen Pendidikan, 2(3), 389. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i3.6778

Udanor, C. N., Ossai, N. I., Nweke, E. O., Ogbuokiri, B. O., Eneh, A. H., Ugwuishiwu, C. H., Aneke, S. O., Ezuwgu, A. O., Ugwoke, P. O., & Christiana, A. (2022). An internet of things labelled dataset for aquaponics fish pond water quality monitoring system. Data in Brief, 43, 108400. https://doi.org/10.1016/j.dib.2022.108400

Ya’acob, N., Dzulkefli, N. N. S. N., Yusof, A. L., Kassim, M., Naim, N. F., & Aris, S. S. M. (2021). Water Quality Monitoring System for Fisheries using Internet of Things (IoT). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1176(1), 012016. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1176/1/012016

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles