PELATIHAN OPTIMALISASI SOSIAL MEDIA DAN GOOGLE BUSINESS SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DI SEKTOR PETERNAKAN TELUR BEBEK

Authors

  • Aris Kusumawati Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Alifiansyah Arrizqy Hidayat Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Tita Ayu Rospricilia Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Yuni Qoriah Verdiana Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Rheynansya Tabriz Tajj Hauravin Al Kanza Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Farid Duta Hadyanto Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16370

Keywords:

KMSME, Duck Egg Farm, Social Media, Online Marketing.

Abstract

Abstrak: UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam mendorong perekonomian Indonesia. Namun, UMKM saat ini memiliki beragam kekurangan salah satunya adalah kurangnya keahlian manajerial serta kurangnya kepekaan UMKM terhadap perubahan yang terjadi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan soft skillpenggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam menunjang kegiatan pemasaran online di UMKM peternakan telur bebek yang berlokasi di Sidoarjo. Pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan terkait social media dan google business kepada satu pemilik dan dua karyawanmitra UMKM. Dilakukan monitoring dan evaluasi pengayaan soft skill terkait social media dan google business yang dikembangkan oleh mitra UMKM pasca pelatihan. Hasilnya berupa peningkatan pemahaman peserta terhadap materi pelatihan yang diberikan sebesar 66%. Evaluasi akhir kegiatan menyimpulkan bahwa UMKM berhasil mengembangkan suatu social media yang meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan. Selain itu google business yang dikembangkan juga diketahui meningkatkan interaksi yang signifikan antara calon pelanggan dan mitra UMKM.

 

Abstract: MSMEs have a very big role in driving the Indonesian economy. However, MSMEs currently have various deficiencies, including a lack of managerial expertise and a lack of sensitivity of MSMEs to changes that occur. This community service aims to improve soft skills in using and utilizing information technology in supporting online marketing activities at MSME duck egg farms located in Sidoarjo. Community service is carried out by providing training related to social media and Google business to one owner and two MSME partner employees. Monitoring and evaluating soft skill enrichment related to social media and Google business developed by MSME partners after training. The result is an increase in participants' understanding of the training material provided by 66%. The final evaluation of the activity concluded that MSMEs had succeeded in developing a social media that increased interaction with potential customers. In addition, the Google business that has been developed is also known to increase significant interaction between potential customers and MSME partners.

 

References

Alkhowaiter, W. (2016). The Power of Instagram in Building Small Businesses (pp. 59–64). https://doi.org/10.1007/978-3-319-45234-0_6

Artanti, A., & Adinugraha, H. H. (2020). STRATEGI PEMASARAN WORD OF MOUTH PADA MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Pada Produk Home Industri Mie Eblek Desa Kasepuhan). Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 3(2), 224–236.

Castillo, A. E., Pacheco, G. V., Manotas, E. N., & Guzmán, J. E. (2022). Interaction between dimensions of innovation on micro, small, and medium-sized export enterprises. Procedia Computer Science, 198, 584–589. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.290

Febriyantoro, M. T., Harris, I., Sundiman, D., Pradana, M. R., & Lestari, E. (2019). Pelatihan Kewirausahaan dan Peningkatan Kualitas Manajemen dan Tata Kelola Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Lingkungan PKK Tiban Global Batam. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 271–279. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5981

Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. (2022). PENTINGNYA DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM DI ERA 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154. https://doi.org/10.17977/um078v4i22022p154-162

Mashadi, M. (2021). Peningkatan Strategi Marketing Bagi Pelaku UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 191–200. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i2.523

NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Perekonomian, K. K. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekenomian Nasional terus Mendapat Dukungan Pemerintah. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Prawirasasra, K., & Maulani, T. S. (2020). PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PERENCANAAN STRATEGI PEMASARANPADA UMKM CLOTHING – UNSCARRED. Dharma Bhakti Ekuitas, 4(2), 399–403. https://doi.org/10.52250/p3m.v4i2.102

Purbasari, A., Maryono, G. P., Mulyanto, F. M., & Gusdya, W. (2020). Utilization of Google My Business as a Tourism Promotion Media Using Local Search Engine Optimization. IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), 2(2), 169–178. https://doi.org/10.34306/itsdi.v2i2.417

Rina Fariana, Bisma Arianto, Tony Susilo Wibowo, Sugijanto, & R. Bambang D.W. (2022). Peningkatan Kompetensi UMKM Dalam Pengembangan Usaha Berbasis Business Plan Bagi UMKM Desa Morowudi Kecamatan Cerme Gresik. Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.3.2.6693

Saleh, B., & Hadiyat, Y. D. (2016). Use of Information Technology among Performers Micro Small Medium Enterprises in the Border Area (Study in Belu, East Nusa Tenggara). Journal Pekommas, 1(2), 141. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010204

Wijandari, A., & Sumilah, N. (2021). Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 61–64. https://doi.org/10.51805/jpbm.v1i1.12

Wulansari, N. A., Ranihusna, D., & Maftukhah, I. (2015). Strategi Perencanaan SDM untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Batik Semarang. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call For Papers UNISBANK , 1.

Zide, O., & Jokonya, O. (2022). Factors affecting the adoption of Data Management as a Service (DMaaS) in Small and Medium Enterprises (SMEs). Procedia Computer Science, 196, 340–347. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.022

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles