PELATIHAN MICROSOFT EXCEL BERBASIS METODE NUMERIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA

Authors

  • Viviana Murni Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Patrisius Valdoni Sandi Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Kasmir Gon Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Vitalianus Aldo Marianto Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Ardianus Bagur Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Aurel Jekson Kunang Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16431

Keywords:

training, microsoft excel, mathematics

Abstract

Abstrak: Penerapan matematika terjadi di setiap bidang, termasuk dalam bidang teknik sipil. Persoalan matematika yang rumit diselesaikan dengan menggunakan metode numerik. Namun, proses penyelesaian menggunakan metode numerik cukup menyita waktu sehingga membutuhkan microsoft excel. Dengan demikian, tim PKM melaksanakan pelatihan microsoft excel berbasis metode numerik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Kegiatan ini melibatkan 26 mahasiswa program studi teknik sipil Unika Santu Paulus Ruteng. Kegiatan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan mahasiswa dan melalui tahapan-tahapan, yaitu presentasi materi, diskusi, dan pemberian tugas. Sebagai bentuk monitoring dan evaluasi, kegiatan ini memberikan pre-test dan post-test dengan menggunakan soal uraia sebanyak 5 (lima) nomor untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Kegiatan ini juga melakukan penyebaran angket melalui 15 (lima belas) pernyataan untuk mengetahui kualitas pelaksanaan pelatihan. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test mahasiswa yaitu kategori sangat kurang (37,12) dan hasil post-test mendapat kategori baik (83,27). Kualitas pelaksanaan kegiatan juga sangat baik karena memiliki rata-rata 4,764.

Abstract: The application of mathematics occurs in every field, including in civil engineering. Complex math problems are solved using numerical methods. However, the completion process using the numerical method is quite time-consuming, so it requires Microsoft Excel. Thus, the PKM team carried out Microsoft Excel training based on numerical methods to improve students' mathematical problem solving skills. This activity involved 26 students of the civil engineering study program at the Catholic University of Santu Paulus Ruteng. Activities are carried out based on student needs and through stages, namely presentation of material, discussion, and giving assignments. As a form of monitoring and evaluation, this activity provides pre-tests and post-tests using 5 (five) numbered descriptive questions to measure mathematical problem-solving abilities. This activity also distributed a questionnaire through 15 (fifteen) statements to determine the quality of the training implementation. Based on the test results and filling out the questionnaire, it was concluded that this activity can help improve students' mathematical problem solving abilities. This can be seen from the results of the student pre-test, which is in the very poor category (37.12) and the post-test results get in the good category (83.27). The quality of activity implementation is also very good because it has an average of 4,764.

Author Biography

Viviana Murni, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Civil Engineering

References

Agustinawati, S., & Nugroho, G. K. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Microsoft Excel Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tawangmangu. Jurnal Speed, 5(4), 7–12. http://ejurnal.net/portal/index.php/speed/article/view/799/730

Alpadery, M., Astriyani, A., & Wathoni, M. (2020). Analisis Kemampuan Numerik Siswa SMP Ditinjau Dari Cara Mengajar Guru. vol? issue?1–7. https://doi.org/10.36709/japend.v2i3.19562

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Developing the Students’ Ability in Understanding Mathematics and Self-confidence with VBA for Excel. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 45–56. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i1.6349

Boeykens, S., Falcó, C. A., Ruiz Vázquez, M. M., & Tortorelli, M. D. C. (2015). Evaluation of an organic waste composting device to household treatment. Journal of Sustainable Development of Energy, Water and Environment Systems, 3(3), 245–255. https://doi.org/10.13044/j.sdewes.2015.03.0019

Chaerani, D., Dewanto, S. P., & Lesmana, E. (2015). Pemanfaatan Software Aplikasi Excel , Maple dan MATLAB untuk Pengajaran Matakuliah Optimisasi dengan Studi Kasus Penyelesaian Masalah Pemrograman Linear Integer pada Bidang Industri. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015, 2015(Snips), 293–296.

Intaros, P., Inprasitha, M., & Srisawadi, N. (2014). Students’ Problem Solving Strategies in Problem Solving-mathematics Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(February), 4119–4123. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.901

Kemendikbud. (2013). e-learning (11.90%),. II(1), 112–136.

Kuswandi. (2021). Mengenal Dan Menggunakan Microsoft Excel Dalam Pengelolaan Data ( Dasar ). 1, issue?37–40.

Mara Doli Nasution, Elfrianto Nasution, F. H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik Dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan Matlab. Mosharafa, 6,issue? 69–80.

Panjaitan, M. (2017). Pemahaman Metode Numerik Menggunakan Pemprogrman Matlab (Studi Kasus : Metode Secant). Jurnal Teknologi Informasi, 1(1), 89. https://doi.org/10.36294/jurti.v1i1.108

Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 330–334.

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 139–148. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2649

Sandi, P. V., Bright, C. C. L., Antonius, W., Teja, Aldo, M. V., Paulus, R. R., & Jekson, K. A. (2023). Pelatihan Microsoft Excel Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pengolahan Data Dalam Perencanaan Konstruksi Bagi Mahasiswa Teknik Sipil. 7(1), 1–2.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Yanti, G., Z, Z., & Megasari, S. W. (2019). Pelatihan Penjadwalan Dengan Ms Project Bagi Penyedia Jasa Konstruksi Di Kota Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (2019), 125- 134.Https://Doi.Org/10.31849/Dinamisia.V3i2.2824

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles