PELATIHAN BERBICARA MONOLOG BAHASA INGGRIS DAN PENGENALAN KEWIRAUSAHAAN DI TINGKAT SMA

Authors

  • Paskalina Widiastuti Ratnaningsih Kewirausahaan, Universitas Dinamika Bangsa
  • Johni Paul Karolus Pasaribu Kewirausahaan, Universitas Dinamika Bangsa
  • Herry Mulyono Pascasarjana Sistem Informasi, Universitas Dinamika Bangsa
  • Effiyaldi Effiyaldi Manajemen, Universitas Dinamika Bangsa
  • Eddy Suratno Manajemen, Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.16570

Keywords:

English, Entrepreneurship, Monologue, Community Service, Senior High School.

Abstract

Abstrak: Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris dalam bentuk berbicara monolog bahasa Inggris dan pelatihan pengenalan kewirausahaan. Pelatihan ini penting dilaksanakan sehingga siswa/i memiliki keterampilan bahasa Inggris dan pengetahuan kewirausahaan sebagai persiapan ke perguruan tinggi atau bekerja. Metode pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan pelatihan. Mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah SMA PGRI 2 Kota Jambi. Peserta pelatihan adalah 83 siswa/i kelas XI SMA. Evaluasi pelatihan dilaksanakan dengan memberikan kuesioner tertutup baik untuk pelatihan bahasa Inggris maupun pelatihan kewirausahaan. Hasil dari pelatihan ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan berbicara monolog bahasa Inggris dengan rata-rata 3,50 dari skala 5. Selain itu, terdapat pula peningkatan pengetahuan dan pemahaman akan aspek-aspek berwirausaha dengan rata-rata 4,05 dari skala 5..

Abstract: The aim of this community service is to deliver English training in the form of speaking English monologue and training of entrepreneurship. This training is important to be conducted so the students have English skill and entrepreneurship knowledge as the preparation to university or for working. The method of this community is training. This community service was conducted in SMA PGRI 2 Kota Jambi. The participants were 83 students of grade XI senior high school. Training evaluation was conducted by distributing closed-ended questionnaire for both English training and entrepreneurship training. The results of this training were the improvement of knowledge and English monologue speaking skill with an average of 3,50 out of 5 scale.. Furthermore, there was also improvement of knowledge and understanding of entrepreneurship aspects with an average of 4,05 out of 5 scale.

References

Amanda, G., & Oktapiani, R. (2019). Rhythm in Monologue Video By Charlie Chaplin. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(6), 806. https://doi.org/10.22460/project.v2i6.p806-810

Daoed, T. S., Nasution, M. A., & Firah, A. (2020). Pengembangan Peran Sekolah dan Kepercayaan Diri Siswa dalam Meningkatkan Karakter Kewirausahaan Berbasis Kurikulum 2013 pada Siswa/i SMKS TIK Darussalam Medan. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 56–64.

Darwis, R. S., Saffana, S. R., Miranti, Y. S., & Yuandina, S. (2022). Kewirausahaan Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(2), 135. https://doi.org/10.24198/focus.v4i2.37495

Indriani, L. (2012). The cohesive devices in monolog discussion texts. English Education Journal, 2(2), 120–124. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eej/article/view/671

Karpovich, I., Sheredekina, O., Krepkaia, T., & Voronova, L. (2021). The use of monologue speaking tasks to improve first-year students’ english-speaking skills. Education Sciences, 11(6), 1–16. https://doi.org/10.3390/educsci11060298

Krisdiana, B. P. (2020). The Effectiveness of Monologue Integrated with Word Cards on Speaking Skill. Journal of English for Academic and Specific Purposes, 3(2), 92–103.

Lumanauw, M. K. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bumi Kencana Jaya. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 49–57. https://doi.org/10.35130/jrimk.v6i1.182

Permata, N. ., & Hadiani, D. (2018). Pelatihan bahasa Inggris dasar dalam upaya peningkatan kemampuan mahasiswa mahasiswa Bidikmisi Polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 1–5. https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19781

Ratnaningsih, P. W. (2019). The Use of Google Classroom Application for Writing and Speaking in English Education Class. Indonesian EFL Journal: Journal of ELT, Linguistics, and Literature, 5(1), 93–110.

Santosa, R. B. (2018). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 87. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3089

Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318

Sumarno, Gimin, Haryana, G., & Saryono. (2018). Desain Pendidikan Kewirausahaan Mahasiswa Berbasis Technopreneurship. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 171–186. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n1.p171-186

Supratman, D. (2015). Dialog Dan Monolog Sebagai Unsur Persuasi Dalam Iklan. Jurnal Seni Rupa, 3(1), 19–26.

Vernia, D. M., Suprapto, H. A., & Supandi, A. (2018). Penyuluhan Pentingnya Minat Kewirausahaan Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa SMK Insan Mulia dan SMP Azzuhriyah Kota Bekasi. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 54. https://doi.org/10.31100/matappa.v1i2.103

Warni, S., & Apoko, T. W. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Masyarakat Kawasan Wisata Berbasis Alam dan Budaya Betawi di PBB Setu Babakan Jakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(1), 22. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i1.4940

Wulandari, S., Sada, C., & Arifin, Z. (2016). The Effectiveness of Dst To Develop Speaking Ability for English Club Students. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3), 1–11. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/14162/12673

Published

2023-09-21

Issue

Section

Articles