PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI SAK EMKM DAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.16705Keywords:
Accounting Standards, Micro Small and Medium Enterprises, Digital Marketing.Abstract
Abstrak: Pengabdian ini merupakan kelanjutan dari pengabdian sebelumnya. Mitra belum dapat menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM karena bukan berlatar belakang ekonomi. Mitra hanya membuat laporan belanja bahan dan penjualan yang berasal dari aplikasi marketplace. Pemasarannya masih kurang aktif, hanya mengandalkan event di marketplace. Tujuan dari kegiatan pengabdian kali ini adalah mendampingi mitra dalam penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM kemudian tim pengabdian juga membuat video pemasaran yang menarik. Mitra merupakan UMKM kelompok mikro yang terdiri dari 2 orang pegawai saja. Usahanya bergerak dalam bidang manufaktur. Pada pengabdian ini kami melakukan metode pelatihan sebelumnya dan melakukan pendampingan untuk menyusun laporan keuangan. Begitu juga dalam membuat video pemasaran, tim melakukan wawancara, penyuluhan dan kemudian praktik pembuatan video. Hasil pengabdian ini berupa laporan keuangan yang telah disusun sesuai dengan SAK EMKM dan video pemasaran yang sudah diupload pada marketplace serta media sosial. Mitra juga membuat video pemasaran sendiri yang sudah diupload ke marketplace.
Abstract: This community service is a continuation of the previous program. The partner has been unable to prepare financial statements following the Accounting Standards for Micro, Small, and Medium Enterprises due to a non-economic background. The partner only generates expense and sales reports derived from a marketplace application. The marketing efforts are still limited, relying solely on marketplace events. The objective is to assist the partner in preparing financial statements following standards, and the team also creates an engaging marketing video. The partner comprising only 2 employees, operates in the manufacturing. In this stages, we implemented previous training methods and provided guidance in financial statement preparation. Similarly, in creating the marketing video, the team conducted interviews, provided counseling, and then engaged in practical video production. The outcomes are financial statements that have been prepared following standards and marketing videos that have been uploaded to marketplaces and social media. The partner has also created their own marketing video, which has been uploaded to the marketplace.
References
Ariza, R. A., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Digital di Kota Medan. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 188–194. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.834
Grafiti, A. S. (2016). Minat Pelaku UMKM untuk Menyusun Laporan Keuangan: Aplikasi Theory of Planned Behavior (Studi pada UMKM di Wilayah Bandungan). 1–43.
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41. http://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive%7C32
Istanti, L. N., Agustina, Y., Wijijayanti, T., & Dharma, B. A. (2020). Pentingnya Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Bagi Para Pengusaha Bakery, Cake and Pastry (Bcp) Di Kota Blitar. Jurnal Graha Pengabdian, 2(2), 163–171. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/13350
Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432
Kementerian Keuangan. (2022). Ini Upaya Pemerintah Jaga Peran UMKM sebagai Tulang Punggung Perekonomian. In Kemenkeu.Go.Id. https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/Ini-Upaya-Pemerintah-Jaga-Peran-UMKM
Rahadi, D. R., & Wardiman, C. (2022). Strategi Pemasaran Umkm di Masa Pandemi Covid-19. In Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/10.24014/ekl.v5i1.14713
Rahmayani, M. W., Hernita, N., Gumilang, A., & Riyadi, W. (2023). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan Desa Cibodas. Coopetition , 14(1), 2023–2131. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.1428
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultasi Ekonomi.
Syahrenny, N., Kusmaeni, E., & Qonitah, I. (2021). Bimbingan Teknis Pencatatan Transaksi Keuangan Dalam Meningkatkan Daya Saing UKM Kabupaten Bojonegoro di Era Industri 4.0. Society, 1(2), 93–101. https://doi.org/10.37802/society.v1i2.131
Syahrenny, N., Kusmaeni, E., Widiarma, I., & Tegowati, T. (2022). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Dan Penyusunan Laporan. Krean, 2(3), 87–91.
Syahrenny, N., Widiarma, I., & Fitria, A. (2022). Penyusunan Sistem Akuntansi Persediaan Dan Teknik Perencanaan Strategi Bisnis Untuk Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3798–3808. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10255
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Triyaningsih, S. L. (2012). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Dan Menengah Sri Lestari Triyaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12, 37–46.
Widyaningrum, N. (2020). UMKM Indonesia Tahan Banting Pada Krisis 1998 dan 2008, Tapi Tidak Saat Pandemi. In The Converstion (pp. 1–27). https://theconversation.com/umkm-indonesia-tahan-banting-pada-krisis-1998-dan-2008-tapi-tidak-saat-pandemi-141136
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).